Research’s Detail

Judul Penelitian :
Menerapkan Guided Writing Pada Teks Narasi Untuk Meningkatkan Writing Skill Mahasiswa Politeknik Negeri Balikpapan
Abstrak (Abstracts)

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah teknik penulisan terpandu dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa, (2) untuk mengetahui gambaran mengenai situasi saat teknik menulis terpandu diterapkan dalam kelas menulis. Dalam penelitian ini, peneliti mengajarkan menulis dengan menggunakan teknik penulisan terpandu. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi, wawancara, analisis uji, dan foto. Data kualitatif didukung oleh data kuantitatif yang merupakan skor rata-rata tes tertulis dari pre test dan post test. Prosedur penulisan terpandu terdiri dari model paragraf, pertanyaan pemahaman, latihan berbasis bahasa, komposisi lisan, dan komposisi tertulis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) mengajar menulis dengan menggunakan teknik penulisan terpandu dapat meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. (2) situasi proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan sebagian besar mahasiswa terlibat dalamnya. Peneliti menemukan bahwa mahasiswa menunjukkan peningkatan seperti mampu membuat kalimat dengan benar. Dalam hal ini, kalimat-kalimat yang disusun berdasarkan pada contoh dan penjelasan yang telah disampaikan oleh peneliti nahasiswn dan mahasiswa dapat menggunakan beragam kosa kata dalam tulisan. Kata kunci : Mengajar, Menulis, Metode Guided Writing

The objectives of this research are (1) to find out whether or not guided writing technique improve students’ writing skill; (2) to find out the description about the situation when guided writing technique is implemented in writing class. The research design used in this study is action research which is conducted in two cycles of action. In collecting the data, the researcher uses qualitative and quantitave technique. The qualitative data are obtained from observation, interview, test analysis, and photograph. The qualitative data are supported by quantitative data that are the mean score of students’ pre test and post test on writing. The procedure of guided writing which is implemented in classroom taken from Reid that consists of model paragraph, comprehension questions, language based exercises, oral composition, and written composition. Based on the results of this research, it can be concluded that (1) teaching writing by using guided writing technique can improve students’ writing skill; (2) the situation of the teaching and learning process becomes more enjoyable and most of the students are involved in the teaching and learning process. During the action, the researcher finds that the students have shown their improvement such as they are able to construct sentences correctly Key word: Teaching, Writing, Guided Writing Method

Keyword : Kata kunci : Mengajar, Menulis, Metode Guided Writing

Nilai Properti

: Elisabeth Milaningrum, S.Pd., M.Pd.

: Elisabeth Milaningrum, S.Pd., M.Pd.

: Lilik Damayanti, S.S., M.Hum.

: Politeknik Negeri Balikpapan

: Teknik Sipil

: 2017

: Indonesia


 

Download Full Text