Research’s Detail

Judul Penelitian :
Evaluasi Kinerja Simpang Empat Bersinyal Dengan Metode MKJI dan Sidra Intersection
Abstrak (Abstracts)

Pada lima tahun terakhir pertumbuhan pembangunan di sepanjang ruas jalan MT. Haryono mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, mulai dari pembangunan property (perumahan dan ruko), pusat perbelanjaan, hingga menjamurnya usaha kuliner di sepanjang sisi ruas jalan, hal ini menyebabkan tingginya tarikan kendaraan menuju daerah tersebut. Adanya alih fungsi tata guna lahan di beberapa lokasi di Balikpapan menyebabkan tingginya bangkitan dan tarikan kendaraan pada daerah tersebut. Pada ruas jalan MT. Haryono terdapat banyak simpang, namun antrian panjang paling sering terjadi pada simpangan MT. Haryono – Ruhui Rahayu, kendaraan yang mengantri di traffic light rata-rata harus melewati 2 hingga 3 kali cycle time untuk dapat melewati persimpangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja simpang pada kondisi eksisting menggunakan metode MKJI dan Program SIDRA Intersection, mengetahui perbedaan kinerja dari kedua metode tersebut, hingga ke rekomendasi upaya perbaikan simpang. Hasil evaluasi kinerja simpang dengan metode MKJI diperoleh nilai LoS D pada lengan pendekat utara dengan nilai tundaan sebesar 39.4 det/smp, nilai LoS F pada lengan pendekat selatan dan barat dengan nilai tundaan masing 99.2 det/smp dan 152.9 det/smp, dan untuk pendekat timur nilai Los E dengan waktu tundaaan sebesar 57.7 det/smp. Sedangkan pada analisis Sidra Intersection diperoleh nilai LoS F pada semua lengan pendekat dengan waktu tundaan rata-rata pada semua simpang sebesar 122 det/kend. Untuk nilai DS pada metode MKJI dan Sidra Intersection terdapat perbedaan, dimana nilai DS MKJI pada lengan pendekat utara sebesar 1.36, pendekat selatan 1.21, pendekat barat 0.91, dan pendekat timur 0.80 sedangkan nilai DS berdasarkan Sidra Intersectioan adalah sebesar 1.2.

In the last five years development growth along Jalan MT. Haryono experienced very rapid growth, ranging from property development (housing and shophouses), shopping centers, to mushrooming culinary businesses along the side of the road, this caused a high pull of vehicles to the area. The transfer of land use functions in several locations in Balikpapan caused the high rise and pull of vehicles in the area. On mt. Haryono has many intersections, but long queues most often occur at Intersection MT Haryono – Ruhui Rahayu, vehicles that queue in traffic light on average must pass 2 to 3 cycle time to be able to pass through the intersection. This research aims to expand the performance of intersections in existing conditions using MKJI method and SIDRA Intersection program, knowing the difference in performance of the two methods, to the recommendations of deviated improvement efforts. The results of the evaluation of the performance of the intersection with mkji method obtained a Value of LoS D on the northern short arm with a delay value of 39.4 sec/smp, a LoS F value on the south and west short arm with a delay value of 99.2 sec/smp and 152.9 sec/junior high, and for the eastern shorts of the Los E value with a delay of 57.7 sec/smp. While in the analysis Sidra Intersection obtained a LoS F value on all short sleeves with an average delay time at all intersections of 122 sec/kend. For the DS value in the MKJI and Sidra Intersection methods there is a difference, where the value of DS MKJI on the northern short arm is 1.36, the southern shorts are 1.21, the western shorts are 0.91, and the eastern shorts are 0.80 while the DS value based on sidra intersectioan is 1.2.

Keyword : Performance, Intersection, Congestion, SIDRA

Nilai Properti

: Fatmawati, S.T., M.T.

: Fatmawati, S.T., M.T.

: Mohamad Isram M. Ain, S.T., M.Sc.

: Politeknik Negeri Balikpapan

: Teknik Sipil

: 2020

: Indonesia


 

Download Full Text