Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
ANALISA KERUSAKAN JALAN BERDASARKAN METODE PAVEMANT CONDITION INDEX ( Studi Kasus: Ruas Jalan Sultan Hasanuddin Balikpapan, Kalimantan Timur)
Abstrak (Abstracts)
Damage to road infrastructure which is burdened by high and repeated traffic volumes will cause a decrease in road quality. Jalan Sultan Hasanuddin is the main road to the port of Kariangau which connects the city of Balikpapan with Penajam regency. This strategic position makes the Projakal road always pass by light vehicles and heavy vehicles, therefore it is necessary to evaluate these roads so that the road conditions remain in good condition. In the method PCI (Pavement Condition Index), the severity of pavement damage is a function of 3 main factors, namely: the type / type of damage, the degree of damage, measuring the dimensions of the damage which includes the length, width, and the extent of the damage. This PCI is a numerical index whose value ranges from 0 to 100. to evaluate the performance of the equipment and determine maintenance and repair efforts. The results showed the value of pavement condition (PCI) on average roads Sultan Hasanuddin Balikpapan, is 64.71% which is included in both categories(good),but in fact there are some segments that can not be said to be excellent. There are several segments that have unfavorable conditions, namely at STA 0 + 000 to 0 + 100, the value of PCI 37, and 0 + 200 to 0 + 300, the value of PCI 34 which is classified as fail /poor. Recommendations for repairs to some of the defects used are: Repair Method P2 (Local Asphalt Rubbing) Repair 4 (Crack Filling) and P5 (Hole filling). Kerusakan prasarana jalan yang terbebani oleh volume lalu lintas yang tinggi dan berulang-ulang akan menyebabkan terjadi penurunan kualitas jalan. Ruas Jalan Sultan Hasanuddin merupakan jalan utama untuk menuju ke pelabuhan Kariangau yang menghubungkan kota Balikpapan dengan kabupaten Penajam. Posisi strategis ini menjadikan ruas jalan Projakal selalu dilewati kendaraan ringan maupun kendaraan berat, untuk itu perlu dilakukan evaluasi terhadap ruas jalan tersebut agar kondisi jalan tetap dalam keadaan baik. Dalam metode PCI (Pavement Condition Index), tingkat keparahan kerusakan perkerasan merupakan fungsi dari 3 faktor utama, yaitu : tipe/jenis kerusakan, tingkat kerusakan, mengukur dimensi kerusakan yang meliputi panjang, lebar, dan dalam kerusakan yang terjadi. PCI ini merupakan indeks numerik yang nilainya berkisar diantara 0 sampai 100. untuk mengevaluasi kinerja perkerasaan serta menentukan upaya pemeliharaan dan perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai kondisi perkerasan (PCI) rata-rata ruas jalan Sultan Hasanuddin Balikpapan, adalah 64,71% yang termasuk dalam kategori baik (good), namun pada kenyataannya ada beberapa segmen yang tidak bisa dikatakan sangat baik. Terdapat beberapa segmen yang memiliki kondisi kurang baik yaitu pada STA 0+000 s.d 0+100 nilai PCI 37, dan 0+200 s.d 0+300 nilai PCI 34 dengan klasifikasi gagal/buruk (poor). Rekomendasi perbaikan pada beberapa kerusakan yang digunakan adalah : Metode Perbaikan P2 (Laburan spal setempat) Perbaikan 4 (Pengisian Retak) dan P5 (Penambalan lubang).

Keyword : Damage to Roads, Road Pavement Condition, Pavement Condition Index.

Nilai Properti
: ALDIS PRADITYA, : 922017055, : Politeknik Negeri Balikpapan, : TEKNIK SIPIL, : 2020, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Mohamad Isram M. Ain, S.T., M.Sc.

E-mail :

www.poltekba.ac.id
Totok Sulistyo, S.T., M.T.

E-mail :totok.sulistyo@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://vclass.unila.ac.id/blog/sdana/https://sipolahta.dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/fontawesome-free/-/slot186/https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/public/storage/-/https://simawa.upnvj.ac.id/uploads/temp/smaxwin/https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/rahasia/https://www.elementbike.id/product/slot186/https://bpiw.pu.go.id/image/scatter/http://lms.sipil.ft.unand.ac.id/layouts/https://e-learning.universitasbumigora.ac.id/local/maxclub/