Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
PEMBUATAN GAME EDUKASI SEGALA USIA (GESU) BERBASIS ANDROID
Abstrak (Abstracts)
According to Apriani Safitri, factors that influence learning interest in the community include economic conditions that are less able, incomplete learning facilities and the community environment. Meanwhile, the current Indonesian communitys environment cannot be separated from the name of the gadget itself. A survey conducted by APJII (Indonesian Internet Service Providers Association), in 2017 alone, found that internet users in Indonesia increased to 143.26 million people or 54.68 percent of the 262 million population. This indicates that the current Indonesian community environment cannot be separated from the so-called gadget. Currently, android online games are loved by many people, both children, adolescents and adults. However, behind the fun on android online games, there are positive and negative impacts. In fact, games can be used for good purposes among them, namely to increase interest in learning. In this educational game design for all ages based on Android, the research method used is a black box by testing the game, whether the game is running well or not. And then the test results are stored in a table. And after testing, the game created does not experience any problems and runs well. The purpose of making this Android-based educational game for all ages is to add insight and memory. Menurut Apriani Safitri, faktor yang mempengaruhi minat belajar di masyarakat di antaranya adalah Kondisi ekonomi yang kurang mampu, sarana pembelajaran yang tidak lengkap dan lingkungan masyarakat. Sementara itu, lingkungan masyarakat Indonesia saat ini tidak bisa lepas dari yang namanya gadget itu sendiri. Survei yang dilakukan oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), di tahun 2017 saja, ditemukan bahwa pengguna internet di Indonesia meningkat menjadi 143,26 juta jiwa atau 54,68 persen dari 262 juta jiwa penduduk. Hal itu menandakan jika lingkungan masyarakat Indonesia saat ini tidak bisa lepas dari yang namanya gadget. Saat ini, game online android disenangi banyak orang baik anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Namun, dibalik kesenangan pada game online android, terdapat dampak positif dan negatif. Padahal, game bisa dimanfaatkan untuk tujuan yang baik diantarnya yaitu meningkatkan minat belajar. Pada rancang bangun game edukasi untuk segala usia berbasis android ini, metode penelitian yang digunakan adalah black box dengan melakukan pengujian pada game, apakah game tersebut berjalan dengan baik atau tidak. Dan selanjutnya hasil pengujian disimpan kedalam sebuah tabel. Dan setelah dilakukan pengujian, game yang dibuat tidak mengalami masalah apapun dan berjalan dengan baik. Tujuan dari pembuatan game edukasi untuk segala usia berbasis android ini untuk menambah wawasan dan daya ingat.

Keyword : Game, Education, Android

Nilai Properti
: RIZKI NUR RIFANI, : 932017008, : Politeknik Negeri Balikpapan, : TEKNIK ELEKTRONIKA, : 2020, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Erick Sorongan, S.T., M.Eng.

E-mail :erick.sorongan@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
Drs. Armin, M.T.

E-mail :armin@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://vclass.unila.ac.id/blog/sdana/https://sipolahta.dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/fontawesome-free/-/slot186/https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/public/storage/-/https://simawa.upnvj.ac.id/uploads/temp/smaxwin/https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/rahasia/https://www.elementbike.id/product/slot186/https://bpiw.pu.go.id/image/scatter/http://lms.sipil.ft.unand.ac.id/layouts/https://e-learning.universitasbumigora.ac.id/local/maxclub/