Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
ANALISIS KERUSAKAN JALAN KARINGAU BALIKPAPAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX
Abstrak (Abstracts)
The Karingau Balikpapan road section is a very important road because this road is the main connecting road between Balikpapann city and Penajam city and South Kalimantan province. Based on the results of observations that have been made on these roads, quite a lot of road damage has occurred from the type and amount of road damage that has occurred on these roads, it is necessary to conduct research in the form of assessments to determine the level of road damage. The Pavement Condition Index (PCI) method is a method that can be used to calculate the level of road damage by dividing the road into several segments, where each segment has a length of 100 m and has a road width of 8m. Then for each road segment, a cisual observation will be made and measurements will be made and identify the level of road damage. The results showed that the index value of pavement conditions (PCI) on the Karingau Balikpapan road on average was 32.9 which was in the poor category, on this road there were 9 types of damage with a total of 113 damage with a percentage of 61% hole type damage, Crocodile skin cracks 12%, 10% checkered cracks, 7% patches, 3% edge cracks, 3% aggregate wear, 2% joint cracks, 1% longitudinal cracks and 1% collapse and the recommended damage repair recommendation is the Overlay method, namely by paving the road beforehand and strengthening the construction Ruas jalan Karingau Balikpapan merupakan jalan yang sangat penting karena ruas jalan ini adalah ruas jalan utama penghubung antara kota Balikpapann dengan kota Penajam dan provinsi Kalimantan Selatan. Bedasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan di ruas jalan tersebut, cukup banyak kerusakan jalan yang terjadi dari jenis dan banyaknya kerusakan jalan yang terjadi di ruas jalan tersebut maka perlu dilakukan penelitian berupa penilaian untuk mengetahui tingkat kerusakan jalan. Metode Pavement Condition Index (PCI) merupaka salah satu metode yang dapat digunakan untuk menghitung tingkat kerusakan jalan dengan membagi ruas jalan kedalam beberapa segmen, dimana setiap segmen memiliki panjang 100 m ddan mempunyai lebar jalan 8m. Kemudian pada setiap segmen jalan akan dilakukan penamatan secara cisual dan dilakukan pengukuran dan mengidentifikasi tingkat kerusakan jalan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai indeks kondisi perkerasan (PCI) rata-rata ruas jalan Karingau Balikpapan adalah 32.9 yang termasuk dalam kategori buruk (poor), pada ruas jalan ini terdapat 9 jenis kerusakan dengan total kerusalan 113 kerusakan dengan persentase Jenis kerusakan lubang 61%, retak kulit buaya 12%, retak kotak-kotak 10%, tambalan 7%, retak pinggir 3%, pengausan agregat 3%, retak sambungan 2%, retak memanjang 1% dan amblas 1% dan rekomendasi perbaikan kerusakan yang direkomdasikan adalah metode Overlay yaitu dengan melapisi jalan sebelumnya dan memperkuat kontruksinya.

Keyword : Keywords: Road Damage, Causes of Road Damage, Pavement Condition Index.

Nilai Properti
: MUHAMMAD ABDUL JABAR, : 922017026, : Politeknik Negeri Balikpapan, : TEKNIK SIPIL, : 2020, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Mohamad Amin, S.Pd.T., M.PFis.

E-mail :mohamad.amin@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
Wahyu Yusuf Rio, S.T., M.T.

E-mail :

www.poltekba.ac.id
https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://vclass.unila.ac.id/blog/sdana/https://sipolahta.dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/fontawesome-free/-/slot186/https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/public/storage/-/https://simawa.upnvj.ac.id/uploads/temp/smaxwin/https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/rahasia/https://www.elementbike.id/product/slot186/https://bpiw.pu.go.id/image/scatter/http://lms.sipil.ft.unand.ac.id/layouts/https://e-learning.universitasbumigora.ac.id/local/maxclub/