Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
UPAYA MEMINIMALISIR KERUSAKAN BRAKE LINNING DENGAN MEMODIFIKASI EXHAUST BRAKE PADA UNIT QUESTER CWE280 PT. MULTINDO PRIMA TEKNIK SITE TMU BATUAH KALIMANTAN TIMUR
Abstrak (Abstracts)
The dump truck is a unit of heavy equipment that serves to transport materials from a moderate to far distance, the quester cwe280 is one of the dump truck models produced by UD Trucks, in a dump truck unit there are many systems that work one of which is an exhaust brake system that serves to help reduce the braking load of the main brake when braking. The working principle of exhaust brake system is that the exhaust manifold is closed with a butterfly valve that is controlled with compressed air so that there is a exhaust gas compression in the fuel area due to the absence of gas that can come out through exhaust manifold, exhaust brake system can be activated with the same time condition that is when the exhaust brake switch, accelelator switch, clutch switch, the neutral. Exhaust brake system in cwe280 quester unit according to the authors need to be modified to improve their performance due to less compatible performance when the unit is operating at high speed and in the terrain winding and steep ground, the modification done by changing the standard design in the butterfly valve so that the exhaust gas compression can occur faster and expected to improve braking performance Dump truck adalah suatu unit alat berat yang berfungsi untuk mengangkut material dari jarak sedang sampai jauh, quester cwe280 merupakan salah satu model dump truck yang di produksi oleh UD Trucks, dalam suatu unit dump truck terdapat banyak sistem yang bekerja salah satunya yaitu sistem rem tambahan yang berfungsi untuk membantu mengurangi beban pengereman rem utama saat melakukan pengereman Prinsip kerja sistem rem tambahan yaitu saluran gas buang ditutup dengan sebuah butterfly valve yang di kontrol dengan udara bertekanan sehingga terjadi pemampatan gas buang pada ruang bakar karena tidak adanya gas yang dapat keluar melalui saluran gas buang, sistem rem tambahan dapat diaktifkan dengan kondisi yaitu ketika switch exhaust brake, accelelator switch, clutch switch, neutral switch aktif bersama-sama. Sistem rem tambahan pada unit quester cwe280 perlu di lakukan modifikasi untuk meningkatkan performanya agar meminimalisir kerusakan pada rem roda, adapun modifikasi yang dilakukan yaitu dengan merubah desain standar pada butterfly valve sehingga pemampatan gas buang dapat terjadi lebih cepat dan diharapkan akan meningkatkan performa pengereman.

Keyword : Exhaust brake system, performance, modification, butterfly valve

Nilai Properti
: EBIN NOVI PANGESTU, : 912017062, : Politeknik Negeri Balikpapan, : ALAT BERAT, : 2020, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Ida Bagus Dharmawan, S.T., M.Si.

E-mail :ida.bagus@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
Basri Dahlan, S.Ag., M.Pd.I.

E-mail :basri.dahlan@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://vclass.unila.ac.id/blog/sdana/https://sipolahta.dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/fontawesome-free/-/slot186/https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/public/storage/-/https://simawa.upnvj.ac.id/uploads/temp/smaxwin/https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/rahasia/https://www.elementbike.id/product/slot186/https://bpiw.pu.go.id/image/scatter/http://lms.sipil.ft.unand.ac.id/layouts/https://e-learning.universitasbumigora.ac.id/local/maxclub/