Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
ANALISA PENYEBAB TERJADINYA KENAIKAN NILAI BLOW BY GAS PRESSURE PADA ENGINE UNIT BULLDOZER KOMATSU D85ESS-3 DI PT. UNITED TRACTORS SITE BATULICIN
Abstrak (Abstracts)
Bulldozer is a heavy equipment that is used to push, pull material and plow land for units which equipped with rippers. Bulldozers are usually used in the mining, plantation, or construction world. The problem that occurs in the Komatsu D85ESS-3 Bulldozer is engine blow by high pressure. Blow by is the air pressure in the crankcase space which generally occurs due to gaps in the liner or piston walls. The purpose of this research is to analyze and find the causes and impacts of the trouble experienced by the Komatsu D85ESS-3 engine unit using 8 step troubleshooting to solve problems that occur in the unit and get the results of this research. From the results of research on the problem of engine blow by high pressure, conclusions can be drawn. First, regarding the problem that causes blow by high pressure on the engine due to turbocharger damage in the form of a leak which causes the air sucked by the compressor to escape through the gap between the shaft and the bearing so that air enters the crankcase through the lubrication circulation. And the effect of blow by high on the engine is that it causes the engine to experience low power. To avoid this problem so that it does not occur again in the future, by doing routine service and doing P2H unit before the unit operates. Bulldozer merupakan sebuah alat berat yang digunakan untuk mendorong, menarik material dan membajak lahan untuk unit yang di lengkapi dengan ripper. Bulldozer biasanya digunakan dalam dunia pertambangan, perkebunan, atau konstruksi. Permasalahan yang terjadi pada Bulldozer tipe Komatsu D85ESS-3 ini adalah masalah engine blow by high pressure. Blow by adalah tekanan udara yang berada pada ruang crankcase yang umumnya terjadi karena adanya celah pada dinding liner atau piston. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa dan mencari penyebab dan dampak yang terjadi pada trouble yang dialami oleh engine unit Komatsu D85ESS-3 ini mengguanakan 8 step troubleshooting untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada unit tersebut dan mendapatkan hasil dari penilitian ini. Dari hasil penelitian tentang masalah engine blow by high pressure dapat ditarik kesimpulan. Pertama mengenai masalah penyebab tejadi blow by high pressure pada engine karena kerusakan turbocharger berupa kebocoran yang mengakibatkan udara yang dihisap oleh compressor lolos melalui celah antara shaft dengan bearing sehingga udara masuk ke dalam crankcase melalui sirkulasi pelumasan. Dan Pengaruh blow by high terhadap engine yaitu menyebabkan engine menagalami low power .Untuk menghindari permasalahan ini agar tidak terjadi kembali dikemudian hari yaitu dengan cara melakukan service secara rutin dan melakukan P2H unit sebelum unit beroperasi.

Keyword : blow by, crankcase dan low power

Nilai Properti
: DIMAS FATHURRAHMAN SIDIQ, : 912017028, : Politeknik Negeri Balikpapan, : ALAT BERAT, : 2020, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Drs. Syaeful Akbar, M.T.

E-mail :syaeful.akbar@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
Dr. Hadi Hermansyah, S.Si., M.Si.

E-mail :hadi.hermansyah@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://vclass.unila.ac.id/blog/sdana/https://sipolahta.dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/fontawesome-free/-/slot186/https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/public/storage/-/https://simawa.upnvj.ac.id/uploads/temp/smaxwin/https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/rahasia/https://www.elementbike.id/product/slot186/https://bpiw.pu.go.id/image/scatter/http://lms.sipil.ft.unand.ac.id/layouts/https://e-learning.universitasbumigora.ac.id/local/maxclub/