Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
SUBSTITUSI TEPUNG MOCAF (MODIFIED CASSAVA FLOUR) PADA PEMBUATAN MUFFIN DENGAN PENAMBAHAN BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS)
Abstrak (Abstracts)
Ulfah Fitriani, Substitusi Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) Pada Pembuatan Muffin Dengan Penambahan Buah Naga Merah (Hylocereus Polyrhizus). Tugas Akhir, Program Studi Tata Boga Politeknik Negeri Balikpapan, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui apakah tepung mocaf (modified cassava flour) dan buah naga merah (hylocereus polyhizus) dapat digunakan sebagai substitusi dan bahan tambahan dalam pembuatan muffin 2) Untuk mengetahui proses pembuatan muffin substitusi tepung mocaf dengan penambahan buah naga merah 3) Untuk mengetahui uji hedonik dan uji mutu hedonik panelis dari aspek warna, aroma, tekstur, dan rasa terhadap muffin tepung mocaf dengan tambahan buah naga merah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dan organoleptik. Penelitian lanjutan berupa penyebaran angket uji hedonik dan uji mutu hedonik kepada 25 panelis agak terlatih. Dari hasil uji hedonik menyatakan panelis lebih menyukai muffin tepung mocaf dengan penambahan buah naga merah dari aspek warna pada (F3) dengan tepung mocaf sebanyak 100% dan tambahan buah naga merah sebanyak 80 gram dengan nilai rata-ratanya 4.48, aroma pada (F3) didapatkan nilai rata-ratanya 4.36, tekstur pada (F3) didapatkan nilai rata-ratanya 4.24, dan rasa didapatkan nilai rata-ratanya 4.28 menyatakan suka. Kemudian hasil uji mutu hedonik meyatakan bahwa panelis lebih menyukai muffin tepung mocaf sebanyak 100% dengan penambahan buah naga merah sebanyak 80 gram (F3) dari aspek warna dengan nilai rata-ratanya 4.40 menyatakan panelis menyukai warna merah kecoklatan, aroma dengan nilai rataratanya 3.68 menyatakan panelis menyukai aroma singkong, tekstur dengan nilai rata-ratanya 4.02 menyatakan panelis menyukai tekstur lembut dan rasa dengan nilai rata-ratanya 4.04 menyatakan panelis menyukai rasa manis. Disimpulkan bahwa hasil uji hedonik dan uji mutu hedonik menyatakan bahwa panelis lebih menyukai muffin tepung mocaf sebanyak 100% dengan penambahan buah naga merah sebanyak 80 gram (F3)dari aspek warna, aroma, tekstur, dan rasa pada (F3). Kata Kunci : Muffin, Tepung Mocaf, Buah Naga Merah, Uji Hedonik, Uji Mutu Hedonik.

Keyword :

Nilai Properti
: ULFAH FITRIANI, : 942018059, : Politeknik Negeri Balikpapan, : TATA BOGA, : 2021, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Henry Winnarko, S.Pd., M.Pd.

E-mail :henry.winarko@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
Ria Setyawati, S.PD.T., M.Pd.

E-mail :ria.setyawati@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id