Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
ANALISA UMUR PAKAI BUSHING PADA UNIT DOZER D375A-5 MENGGUNAKAN METODE DESKRIPTIF DI PT. PAMA PERSADA NUSANTARA SITE BATU KAJANG
Abstrak (Abstracts)
Bulldozer is a heavy equipment designed for pushing job, hoarding, hauling, and leveling down the material. The main component of the bulldozer is the engine as a power producer and then the power is sent to the final drive and then forwarded to the undercarriage. One of the components contained in the undercarriage is bushing. Bushing is located on the track link that serves as a contiguity media between the outer diameter of the bushing with the teeth sprocket surface, and also serves as a flexible component of the track while moving rolled. If there is of wear and tear that exceeds the standard so that it is necessary to replace the component. Therefore, the researcher is interested in conducting the research that is aimed to determine the lifetime of the bushing component so we can make a replacement plan for the replacement of bushing components are available and in an effort to prevent the high breakdown that is caused by pending parts. This research used descriptive method by using secondary data of P2U D375A-5 from January to September 2014. The result of this research is the wear rate of lower limit interval: 0.0024 mm/hours, upper limit interval: 0.0028 mm/hours and Fastest bushing life time: 2986 hours, longest bushing life time: 3606 hours. Keyword : bulldozer, undercarriage, bushing, life time. Bulldozer merupakan alat berat yang dirancang untuk pekerjaan mendorong, menimbun, menggusur, dan meratakan material. Komponen utama pada bulldozer adalah engine sebagai penghasil tenaga dan kemudian tenaga tersebut dikirim ke final drive dan kemudian diteruskan ke undercarriage. Salah satu komponen yang terdapat pada undercarriage yaitu bushing. Bushing yang terletak pada bagian track link yang berfungsi sebagai media persinggungan antara diameter luar bushing dengan permukaan teeth sprocket, dan juga berfungsi sebagai komponen yang fleksibel dari track saat bergerak menggulung. Apabila sudah terjadi keausan yang melebihi standar maka perlu dilakukan penggantian komponen. Oleh karena itu penulis tertarik melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui umur pakai dari komponen bushing sehingga, kita bisa membuat perencanaan penggantian bushing agar komponen pengganti sudah tersedia dan sebagai upaya mencegah tingginya breakdown yang disebabkan oleh pending part. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan data sekunder P2U D375A-5 dari bulan Januari sampai September tahun 2014. Hasil yang di dapat selama penelitian adalah tingkat keausan perjam interval lower limit : 0.0024 mm/jam, interval upper limit : 0.0028 mm/jam dan usia pakai bushing tercepat : 2986 jam, usia pakai bushing terlama : 3606 jam. Kata kunci : bulldozer, undercarriage, bushing, umur pakai.

Keyword : Kata kunci : bulldozer, undercarriage, bushing, umur pakai.

Nilai Properti
: MAULANA, : 140309235591, : Politeknik Negeri Balikpapan, : ALAT BERAT, : 2017, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Drs. Syaeful Akbar, M.T.

E-mail :syaeful.akbar@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
Patria Rahmawaty, S.Psi., M.MPd.Psikolog.

E-mail :patria.rahmawati@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://karanganbungacilacap.com/selotgacorku/https://sipolahta.dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/fontawesome-free/-/slot186/https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/public/storage/-/https://simawa.upnvj.ac.id/uploads/temp/smaxwin/https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/rahasia/https://www.elementbike.id/product/slot186/https://bpiw.pu.go.id/image/scatter/http://lms.sipil.ft.unand.ac.id/layouts/https://e-learning.universitasbumigora.ac.id/local/maxclub/