Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
ANALISIS KERUSAKAN PERMUKAAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA BERBASIS GIS
Abstrak (Abstracts)
The function of Primary arterial street is to serve as road users to connect to national activity centre and for region activity, which is long distance travel. On that road, there are so many road damaged, damage due to heavy vehicle loads and had some high frequencies. The study aims to identify the type of damage and to help in how the maintanance management of these street through system will be managed and systematically stored in the form of databases. The research used Bina Marga methods, assessments of road conditions refers to the Organizing of Urban Road Maintenance Programs issued by the Directorate General of Bina Marga. The survey was divided into 20 segments per 100 meters, the data obtained from field surveys, with damage data and field photos and then input data of the street table that use sharpfile formats kn ARCGIS software and later data can be analyzed further. Research shows that the dominant damage happen is grains and patching. Research results on the road of Soekarno-Hatta KM 8-10 has a pretty low rate of damage, its shown by the maintenance priorities listed in a regular maintenance program, which means maintenance or repair simply top layer without repairing road structures. Jalan Arteri Primer berfungsi untuk melayani pengguna jalan untuk terhubung ke pusat kegiatan nasional dan kegiatan wilayah dengan ciri perjalanan jarak jauh. Pada jalan tersebut banyak mengalami kerusakan jalan yang dikarenakan oleh beban kendaraan yang berat dan frekuensi yang cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kerusakan serta membantu bagaimana manajemen pemeliharaan pada ruas jalan tersebut dan akan dikelola dan di simpan secara sistematis dalam bentuk database. Penelitian ini menggunakan metode Bina Marga, penilaian kondisi jalan merujuk pada Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga. Suvei yang dilakukan dibagi menjadi 20 segmen per100meter, selanjutnya data kerusakan dan foto hasil survei yang telah dilakukan di input kedalam attribute tabel jalan yang menggunakan format shapefile pada software ArcGis dan selanjutnya data dapat di analisis lebih lagi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kerusakan yang dominan terjadi adalah kerusakan pelepasan butir dan tambalan. Kondisi jalan Soekarno Hatta Km 8 – Km 10 memiliki tingkat kerusakan yang cukup rendah, ditunjukan dengan urutan prioritas pemeliharaan yang termasuk kedalam program pemeliharaan rutin yang artinya pemeliharaan atau perbaikan cukup lapisan atas saja tanpa memperbaiki struktur jalan.

Keyword : Kata kunci: Kerusakan Jalan, Bina Marga, ArcGis, Urutan Prioritas Pemeliharaan

Nilai Properti
: FERDIAN ADHI NUGRAHA TRIHARTOKO, : 972018034, : Politeknik Negeri Balikpapan, : TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN, : 2022, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Totok Sulistyo, S.T., M.T.

E-mail :totok.sulistyo@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
Fatmawati, S.T., M.T.

E-mail :

www.poltekba.ac.id
https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://vclass.unila.ac.id/blog/sdana/https://sipolahta.dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/fontawesome-free/-/slot186/https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/public/storage/-/https://simawa.upnvj.ac.id/uploads/temp/smaxwin/https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/rahasia/https://www.elementbike.id/product/slot186/https://bpiw.pu.go.id/image/scatter/http://lms.sipil.ft.unand.ac.id/layouts/https://e-learning.universitasbumigora.ac.id/local/maxclub/