Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
Analisis Dampak Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan Studi Kasus Jalan Ahmad Yani Balikpapan
Abstrak (Abstracts)
The Ahmad Yani road section (direction of SPBU-Rapak) is an arterial road, industrial area. As a result of the construction of the Balikpapan RDMP project in the industrial area, there is an increase in the side which is quite dense and causes a decrease in the speed of passing vehicles. This final project aims to determine the performance degradation of the Ahmad Yani road (SPBU-Rapak) due to side obstacles caused by the construction of the Balikpapan RDMP project. The research method used is direct data collection for 6 days each 2 hours starting at 15.00-17.00 WITA. Then the traffic performance analysis is calculated using the Road Capacity Guidelines method (PKJI, 2014). As well as an analysis of the decrease in speed due to the movement of the side barriers of the RDMP project. The survey results show that the survey took place starting at 07.30 WITA which was dominated by cars and buses belonging to the Balikpapan RDMP project. So this study analyzes the movement of the side barriers. Obtained with a capacity of 1426,92 pcu/hour, so the degree of saturation obtained is 0,82. Side movement movement reduces vehicle speed by 16%-50%. Then the service level of this segment is included in class D. As for this problem is the provision of adequate parking facilities. Ruas jalan Ahmad Yani (arah SPBU-Rapak) adalah jalan arteri, di kawasan industri. Akibat pembangunan proyek RDMP Balikpapan di kawasan industri tersebut terjadi peningkatan samping yang cukup padat dan menyebabkan turunnya kecepatan pada kendaraan yang sedang melintas. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui penurunan kinerja jalan Ahmad Yani (SPBU-Rapak) akibat hambatan samping yang disebabkan oleh pembangunan proyek RDMP Balikpapan. Metode penelitian yang dilakukan adalah pengambilan data secara langsung selama 6 hari masing-masing 2 jam dimulai pukul 15.00-17.00 WITA. Kemudian analisis kinerja lalu lintas dihitung dengan menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan (PKJI,2014). Serta dilakukan juga analisis penurunan kecepatan akibat pergerakan hambatan samping proyek RDMP. Hasil survey menunjukan survey terjadi mulai pukul 07.30 WITA yang didominasi oleh mobil dan bus milik proyek RDMP Balikpapan. Sehingga penelitian ini menganalisis pergerakan dari hambatan samping tersebut. Diperoleh kapasitas sebesar 1426,92 smp/jam, sehingga derajat kejenuhan yang didapat sebesar 0,82. Pergerakan hambatan samping menurunkan kecepatan kendaraan sebesar 16%-50%. Maka diperoleh tingkat pelayanan ruas ini termasuk pada kelas D. Adapun saran dari permasalah ini adalah penyediaan sarana parkir yang memadai.

Keyword : Hambatan Samping, Kecepatan, Derajat Kejenuhan, Ruas Jalan, Survei, Kinerja, Tingkat Pelayanan

Nilai Properti
: MAULINA TRISNAWATI, : 972018008, : Politeknik Negeri Balikpapan, : TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN, : 2022, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Dr. Sara Wibawaning Respati, S.T., M.Sc.

E-mail :sara.wibawaning@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
Mohamad Isram M. Ain, S.T., M.Sc.

E-mail :

www.poltekba.ac.id
https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://karanganbungacilacap.com/selotgacorku/https://sipolahta.dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/fontawesome-free/-/slot186/https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/public/storage/-/https://simawa.upnvj.ac.id/uploads/temp/smaxwin/https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/rahasia/https://www.elementbike.id/product/slot186/https://bpiw.pu.go.id/image/scatter/http://lms.sipil.ft.unand.ac.id/layouts/https://e-learning.universitasbumigora.ac.id/local/maxclub/