Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
ANALISIS SWOT IMPLEMENTASI TEKNOLOGI FINANSIAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PADA PT. BANK MANDIRI TBK (Studi Kasus Nasabah PT. Bank Mandiri Cabang Balikpapan Sudirman Pengguna Aplikasi LivinBy Mandiri)
Abstrak (Abstracts)
The main purpose of this study is to determine the strengths, weaknesses, opportunities and threats of implementing financial technology at Bank Mandiri Balikpapan Branch Office. This study uses a qualitative method with a descriptive approach and is analyzed using a SWOT analysis by interviewing customers who use the Livinby Mandiri application. The results of this study support research from Muchlis (2018) and Ismawanto, et al. (2019), namely the completeness of features and designs that are practical and easy to use are the strengths of implementing the Livinby Mandiri application, although there are weaknesses such as when making cash withdrawals without a card. The application of new technologies with the development of information technology is an opportunity to improve service quality. Behind that there are also threats such as competitors having far more sophisticated technologies and also free of admin fees. The strategy in attracting people to become users of the Livinby Mandiri application should be that the quality of service on the Livinby Mandiri application must be further improved because customers need fast and precise service. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari pengimplementasian teknologi finansial pada Bank Mandiri Kantor Cabang Balikpapan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan dianalisa menggunakan analisis SWOT dengan mewawancarai nasabah pengguna aplikasi Livinby Mandiri. Hasil penelitian ini mendukung penelitian dari Muchlis (2018) dan Ismawanto, dkk (2019), ialah kelengkapan fitur dan desain yang praktis dan mudah digunakan menjadi kekuatan dari pengimplementasian aplikasi Livinby Mandiri walaupun terdapat kelemahan seperti pada saat melakukan penarikan uang tunai tanpa kartu. Adanya penerapan teknologi- teknologi baru dengan perkembangan informasi teknologi menjadi peluang dalam peningkatan kualitas layanan. Dibalik itu terdapat ancaman pula seperti pesaing mempunyai teknologi-teknologi yang jauh lebih canggih dan juga bebas biaya admin. Strategi dalam menarik masyarakat agar menjadi pengguna aplikasi Livinby Mandiri sebaiknya ialah kualitas pelayanan pada aplikasi Livinby Mandiri harus lebih ditingkatkan karena nasabah perlu pelayanan yang cepat dan tepat.

Keyword : Livinby Mandiri, Financial Technology, Service Quality

Nilai Properti
: DINDA BESTARI SYARIFUDDIN , : 962019041, : Politeknik Negeri Balikpapan, : KEUANGAN DAN PERBANKAN, : 2022, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Drs.Totok Ismawanto, MM.Pd.

E-mail :totok.ismawanto@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
Hendra Sanjaya Kusno, S.E., M.SA.

E-mail :

www.poltekba.ac.id
https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://vclass.unila.ac.id/blog/sdana/https://sipolahta.dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/fontawesome-free/-/slot186/https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/public/storage/-/https://simawa.upnvj.ac.id/uploads/temp/smaxwin/https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/rahasia/https://www.elementbike.id/product/slot186/https://bpiw.pu.go.id/image/scatter/http://lms.sipil.ft.unand.ac.id/layouts/https://e-learning.universitasbumigora.ac.id/local/maxclub/