Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
ANALISA KANDUNGAN NITRIT, FOAM, DAN WARNA PADA COOLANT TANPA ANTIFREEZE DENGAN MENGGUNAKAN ENGINE KUBOTA D905
Abstrak (Abstracts)
An engine definitely requires a cooling system to control the engine working temperature. If the engine does not use the cooling system, the components in the engine will experience damage due to high heat, therefore coolants are needed to absorb heat energy in the engine. The energy that is absorbed by the cooling system is 20%, the rest is discharged through exhaust gas as much as 42%, and 38% is converted into mechanical power. Coolant is a mixture of water, ethylene glycol, and corrosion inhibitors. The function of this chemical is to increase the boiling point to 130 ° C so that there is no overheating occurs in the engine. This mixture of water and chemicals is 50/50 which is 50% water and 50% chemicals, even in extreme weather the mixture can reach 30/70. The purpose of this study was to determine the relationship of heat to the content of nitrite, foam, and the color of the coolant without antifreeze and heat transfer in the coolant with a different susceptible time. The method used in this study was did test sample coolant and temperature data collection on the radiator. The results of this study were the decrease in nitrite content due to some of the content was bound by pH levels, there was no foam content due to the antifoam / defoamer content in the coolant was still working well, there was no glycol content, and there was no color change in the coolant. Dalam sebuah engine pasti memerlukan sistem pendingin untuk mengontrol temperatur kerja engine. Apabila dalam engine tidak menggunakan sistem pendingin maka komponen-komponen didalam engine akan mengalami kerusakan akibat panas yang tinggi, oleh karena itu dibutuhkan coolant yang berfungsi untuk menyerap energi panas dalam engine. Energi yang diserap oleh sistem pendingin ialah 20%, sisanya dibuang melalui exhaust gas sebanyak 42%, dan 38% diubah menjadi tenaga mekanis. Coolant adalah campuran air, ethylene glycol, dan corrosion inhibitor. Fungsi dari zat kimia ini adalah menaikkan titik didih mencapai 130°C agar tidak cepat terjadi overheating pada engine. Campuran air dan zat kimia ini adalah 50/50 yaitu 50% air dan 50% zat kimia, bahkan pada cuaca ekstrim campurannya bisa mencapai 30/70. Tujuan dari penellitian ini adalah untuk mengetahui hubungan panas terhadap kandungan nitrit, foam, dan warna pada coolant tanpa antifreeze dan perpindahan panas pada coolant dengan rentan waktu yang berbeda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan pengujian sampel coolant dan pengambilan data suhu pada radiator. Hasil dari penelitian ini adalah terjadinya penurunan kandungan nitrit disebabkan karena sebagian kandungannya terikat oleh kadar pH, tidak adanya kandungan foam dikarenakan kandungan antifoam/defoamer pada coolant ini masih berkerja dengan baik, tidak adanya kandungan glycol, dan tidak terjadi perubahan warna pada coolant.

Keyword : Coolant, Engine, Pengujian, Sampel.

Nilai Properti
: MUHAMMAD ILHAM ISMAIL , : 150309260891, : Politeknik Negeri Balikpapan, : ALAT BERAT, : 2018, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Syahruddin, S.Pd., M.T.

E-mail :syahruddin@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
Patria Rahmawaty, S.Psi., M.MPd.Psikolog.

E-mail :patria.rahmawati@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://vclass.unila.ac.id/blog/sdana/https://sipolahta.dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/fontawesome-free/-/slot186/https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/public/storage/-/https://simawa.upnvj.ac.id/uploads/temp/smaxwin/https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/rahasia/https://www.elementbike.id/product/slot186/https://bpiw.pu.go.id/image/scatter/http://lms.sipil.ft.unand.ac.id/layouts/https://e-learning.universitasbumigora.ac.id/local/maxclub/