Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
ANALISA PENYEBAB TERJADINYA KERETAKAN SPROCKET PADA UNIT BULLDOZER D155A-2 DI PT. UNITED TRACTORS TBK SITE SEPARI
Abstrak (Abstracts)
Bulldozer is a tractor which has great traction. This unit can be perform various jobs such as digging, dragging, leveling, pulling and can be operated on a muddy field, rocky, hilly terrain, and in forested areas. The field is belong to heavy. It is of course directly affect the component that is directly tangent to the ground that is undercarriage. One of the undercarriage components is a sprocket that serves to forward the motion of track through bushing and turns the rotation into a roll on the track for the unit to move. When the researcher conducted On Job Training at PT. UNITED TRACTORS TBK SITE SEPARI for 5 months, there were some related issues about undercarriage, especially the crack in sprocket. Therefore, the researcher interested in conducted research which have aims to analyze the causes of the occurrence of cracks on the sprocket as an attempt to prevent breakdown in the unit. The research methodology that was used was field research which had aims to determine the cause of the crack in the sprocket. Beginning to the problem was the slack on the track link so that the unit made it difficult to turn, and slip occured on the undercarriage component. The results obtained based on the sprocket measurements made in the field is 6.0 mm using a sprocket wear gauge. Based on the results of the analysis, the sprocket experienced a brittle fracture. Brittle fractures occured mark by faster crack propagation with less energy absorption, and not accompanied by plastic deformation. The main factor in the occurrence of a brittle fault on the sprocket was the excessive impact load between the bushing and the sprocket. Therefore, that the nut that binds the sprocket loosely, because of the binding of the sprocket just use the impact wrench without adding torque to each sprocket fixing nut. To anticipate problems with the sprocket, it was necessary to carry out daily maintenance that was good and scheduled. Then did adjust tension track if track link slacked. Bulldozer adalah traktor yang mempunyai traksi besar. Unit ini dapat melakukan berbagai pekerjaan seperti menggali, menggusur, meratakan, menarik dan dapat dioperasikan pada medan yang berlumpur, berbatu, berbukit, dan di daerah yang berhutan. Medan yang ditempuh tergolong sangat berat. Hal tersebut tentu saja berefek langsung pada komponen yang bersinggungan langsung dengan tanah yaitu undercarriage. Salah satu komponen undercarriage bulldozer adalah sprocket yang berfungsi untuk meneruskan tenaga gerak ke track melalui bushing dan merubah putaran menjadi gulungan pada track agar unit dapat bergerak. Sewaktu penulis melaksanakan OJT (On Job Training) di PT. UNITED TRACTORS TBK SITE SEPARI selama 5 bulan, terdapat beberapa permasalahan yang terkait tentang undercarriage, terutama retaknya pada sprocket. Oleh karena itu penulis tertarik melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisa penyebab terjadinya keretakan pada sprocket sebagai upaya untuk mencegah breakdown pada unit. Jenis penelitian ini adalah field research yang bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya keretakan pada sprocket. Awal mula permasalahan tersebut adalah adanya kekendoran pada track link sehingga mengakibatkan unit sulit untuk berbelok, dan terjadi slip pada komponen undercarriage. Hasil pengukuran pada sprocket yang dilakukan dilapangan adalah sebesar 6,0 mm menggunakan sprocket wear gauge. Berdasarkan hasil analisa, sprocket mengalami patahan brittle. Patahan brittle terjadi dengan ditandai perambatan retak yang lebih cepat dengan penyerapan energy yang lebih sedikit, dan tidak disertai dengan deformasi plastis. Faktor utama terjadinya patahan brittle pada sprocket adalah impact load yang berlebihan antara bushing dengan sprocket. Sehingga nut yang mengikat sprocket kendor, karena pengikatan sprocket hanya menggunakan impact wrench tanpa menambah torque pada setiap nut pengikat sprocket. Untuk mengantisipasi permasalahan pada sprocket, perlu dilakukan daily maintenance yang baik dan terjadwal. Kemudian lakukan adjust tension track apabila track link kendor.

Keyword : Bulldozer, Undercarriage, Sprocket, Crack, Brittle fracture

Nilai Properti
: OKY WIBIANT SAPUTRA, : 150309261291, : Politeknik Negeri Balikpapan, : ALAT BERAT, : 2018, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Subur Mulyanto, S.Pd., M.T.

E-mail :subur.mulyanto@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
Dr. Hadi Hermansyah, S.Si., M.Si.

E-mail :hadi.hermansyah@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://vclass.unila.ac.id/blog/sdana/https://sipolahta.dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/fontawesome-free/-/slot186/https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/public/storage/-/https://simawa.upnvj.ac.id/uploads/temp/smaxwin/https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/rahasia/https://www.elementbike.id/product/slot186/https://bpiw.pu.go.id/image/scatter/http://lms.sipil.ft.unand.ac.id/layouts/https://e-learning.universitasbumigora.ac.id/local/maxclub/