Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
ANALISA PENGARUH BLOW BY HIGH PRESSURE TERHADAP ENGINE UNIT SCANIA P124 DI PT.MADHANI TALATAH NUSANTARA
Abstrak (Abstracts)
A dump truck vehicle uses to move materials from the mining of coal mines to the shelter. Problems often occur at Scania P124 dump truck is trouble blow by high pressure. Blow by air is located on the crankcase space that occurs because of the gap in the wall liner or piston. The purpose of this study is to analyze the causes and effects that occurred in trouble experienced by the engine unit Scania P124. By using 8 steps of troubleshooting to resolve problems that were occured on the unit and got the results of this research. From the results of research on the problem of blow by high pressure could be deduced. The first blow occurred on the issue cause by high pressure in the engine because of leaking drains cleaner causes outside air into the engine without the air filter in advance, causing the piston ring and liner wall on compresore water wear out. The blow effect with high against searched engine that was causing experence low power because the compressed air escaped or leaked through the gap piston rings and liner wall, there for it got into the crankcase space made air mass increases and resulted in crankshaft rotation was slowing down. To avoid the same problem occured again there for service on a did regular basis in accordance with Hm (Hours Meter) and perform daily maintenance program (P2O) to maintain the condition of the unit to be always ready for us and parse breakdown. Dump truck merupakan kendaraan yang digunakan untuk memindahkan material-material pertambangan dari tambang menuju tempat penampungan batubara. Permasalahan yang sering terjadi pada dump truck Scania P124 adalah masalah blow by high pressure. Blow by adalah udara yang berada pada ruang crankcase yang terjadi karena adanya celah pada dinding liner atau piston. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa mencari penyebab dan dampak yang terjadi pada trouble yang dialami oleh engine unit Scania P124. mengguanakan 8 step troubleshooting untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada unit tersebut dan mendapatkan hasil dari penilitian ini. Dari hasil penelitian tentang masalah blow by high pressure dapat ditarik kesimpulan. Pertama mengenai masalah penyebab tejadi blow by high pressure pada engine karena bocornya saluran air cleaner yang menyebabkan udara luar masuk kedalam engine tanpa melalui penyaring udara terlebih dahulu sehingga menyebabkan ring piston dan dinding liner pada air compresore mengalami keausan. Dan Pengaruh blow by high terhadap engine yaitu menyebabkan engine menagalami low power karena udara yang terkompresi lolos atau bocor melalui celah ring piston dan dinding liner, sehingga masuk kedalam ruang crankcase membuat massa udara bertambah dan mengakibatkan putaran crankshaft melambat.Untuk menghindari masalah yang sama terjadi kembali lakukan service secara rutin sesuai dengan Hm (Hours Meter) dan melakukan program perawatan harian (P2H) untuk menjaga kondisi unit agar selalu ready for use dan mengurai breakdown.

Keyword : blow by, crankcase, crankshaft, low power

Nilai Properti
: BAYU PERDANA PUTRA, : 150309262891, : Politeknik Negeri Balikpapan, : ALAT BERAT, : 2018, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Subur Mulyanto, S.Pd., M.T.

E-mail :subur.mulyanto@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
Dr. Hadi Hermansyah, S.Si., M.Si.

E-mail :hadi.hermansyah@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://vclass.unila.ac.id/blog/sdana/https://sipolahta.dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/fontawesome-free/-/slot186/https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/public/storage/-/https://simawa.upnvj.ac.id/uploads/temp/smaxwin/https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/rahasia/https://www.elementbike.id/product/slot186/https://bpiw.pu.go.id/image/scatter/http://lms.sipil.ft.unand.ac.id/layouts/https://e-learning.universitasbumigora.ac.id/local/maxclub/