Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
IDENTIFIKASI KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (Studi Kasus Ruas Jalan Soekarno Hatta Km 9 s.d Km 11 Balikpapan, Kalimantan Timur)
Abstrak (Abstracts)
Even though road repairs have been carried out periodically, based on observations quaite a lot of damage has occured in the Soekarno Hatta Balikpapan road.Therefore,an assesment of the condition of the road is needed, so that we can know in detail the damage that occured and recomenations for repairs can be given in accordance with damage that occured. Observations made on the Soekarno Hatta road section 9 to 11 km are intended to conduct road condition research using the Pavement Condition Index (PCI) method by dividing the path of several segments, namely every 100 m. Then, each road segment is observed visually and measurement to identify the type of damage that exists. The results showed that the pavement condition index value (PCI) on the average of Soekarno Hatta road sections 9 to 11 km in Balikpapan was 68.1 which was included in the good category, while road conditions were continuously improved. The biggest cause of damage is caused by a poor drainage system, low asphalt levels, less compaction, and no previous repairs that increase damage, and recommendations for improvements to some of the damage used are: Repair method P3 (Coating cracks) and P5 (Patching holes). Meskipun telah dilakukan perbaikan jalan secara periodik, berdasarkan pengamatan cukup banyak kerusakan yang terjadi di ruas jalan Soekarno Hatta, Balikpapan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan suatu penilaian terhadap kondisi ruas jalan tersebut, agar kita dapat mengetahui secara detail kerusakan-kerusakan yang terjadi dan rekomendasi perbaikan dapat diberikan sesuai dengan kerusakan yang terjadi. Pengamatan yang dilakukan pada ruas jalan Soekarno Hatta km 9 s/d km 11 bertujuan untuk melakukan penelitian kondisi jalan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan membagi jalan beberapa segmen yaitu tiap 100 m. Kemudian, tiap segmen jalan dilakukan pengamatan secara visual dan pengukuran untuk mengidentifikasi jenis kerusakan yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai indeks kondisi perkerasan (PCI) rata-rata ruas jalan Soekarno Hatta km 9 s.d km 11 Balikpapan adalah 68.1 yang termasuk dalam kategori baik (good), dengan tetap dilakukan peningkatan kondisi jalan. Penyebab kerusakan paling besar diakibatkan oleh sistem drainase yang buruk, kadar aspal rendah, pemadatan yang kurang, serta tidak adanya perbaikan pada kerusakan sebelumnya yang meningkatkan konisi kerusakan, dan rekomendasi perbaikan pada beberapa kerusakan yang digunakan adalah : metode Perbaikan P3 (Melapisi retak ) dan P5 (Penambalan lubang).

Keyword : Road Damage, Road Pavement Conditions, Pavement Condition Index.

Nilai Properti
: MUHAMMAD ALFAD MAULANA, : 922016052, : Politeknik Negeri Balikpapan, : TEKNIK SIPIL, : 2019, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Mohamad Isram M. Ain, S.T., M.Sc.

E-mail :

www.poltekba.ac.id
Mahfud, S.Pd., M.T.

E-mail :mahfud@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://vclass.unila.ac.id/blog/sdana/https://sipolahta.dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/fontawesome-free/-/slot186/https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/public/storage/-/https://simawa.upnvj.ac.id/uploads/temp/smaxwin/https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/rahasia/https://www.elementbike.id/product/slot186/https://bpiw.pu.go.id/image/scatter/http://lms.sipil.ft.unand.ac.id/layouts/https://e-learning.universitasbumigora.ac.id/local/maxclub/