Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
PERAN PRAMUGRAHA (ROOM ATTENDANT) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN TAMU PADA HOTEL GRAND TJOKRO BALIKPAPAN
Abstrak (Abstracts)
Grand Tjokro Balikpapan merupakan hotel bintang 4, namun dalam menyiapkan kamar tamu masih terdapat Complaint oleh tamu. Housekeeping Department adalah bagian yang bertanggung jawab atas kebersihan, kenyamanan, dan keamanan serta kelengkapan kamar tamu hotel. Dalam menyiapkan kamar tamu, Housekeeping Department dibantu oleh Room Attendant. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Room Section, tugas dan tanggung jawab Room Attendant, serta mengetahui upaya Room Attendant dalam menjaga kebersihan kamar. Dalam penulisan laporan Tugas Akhir ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif untuk melakukan pengamatan, wawancara, dan observasi. Penulis juga melakukan pendekatan deskriptif untuk menganalisa hasil penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Room Attendant melakukan penyiapan kamar tamu sesuai dengan SOP (Standart Operasional Procedur), namun dalam menyiapkan kamar tamu seorang Room Attendant mengalami kendala dikarenakan banyaknya jumlah kamar yang dibersihkan, sehingga dalam penyiapan kamar tamu, Room Attendant bekerja kurang maksimal dan bisa berakibat terjadinya Complaint dari tamu. Grand Tjokro Balikpapan merupakan hotel bintang 4, namun dalam menyiapkan kamar tamu masih terdapat Complaint oleh tamu. Housekeeping Department adalah bagian yang bertanggung jawab atas kebersihan, kenyamanan, dan keamanan serta kelengkapan kamar tamu hotel. Dalam menyiapkan kamar tamu, Housekeeping Department dibantu oleh Room Attendant. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Room Section, tugas dan tanggung jawab Room Attendant, serta mengetahui upaya Room Attendant dalam menjaga kebersihan kamar. Dalam penulisan laporan Tugas Akhir ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif untuk melakukan pengamatan, wawancara, dan observasi. Penulis juga melakukan pendekatan deskriptif untuk menganalisa hasil penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Room Attendant melakukan penyiapan kamar tamu sesuai dengan SOP (Standart Operasional Procedur), namun dalam menyiapkan kamar tamu seorang Room Attendant mengalami kendala dikarenakan banyaknya jumlah kamar yang dibersihkan, sehingga dalam penyiapan kamar tamu, Room Attendant bekerja kurang maksimal dan bisa berakibat terjadinya Complaint dari tamu.

Keyword : Hotel, Housekeeping Department, Room Attendant, Complaint, Standart Operasional Procedur.

Nilai Properti
: Bagus Triputra Nopianto, : 952017007, : Politeknik Negeri Balikpapan, : DIVISI KAMAR, : 2020, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Yogiana Mulyani, M.M.Par.

E-mail :yogiana.mulyani@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
Hendra Sanjaya Kusno, S.E., M.SA.

E-mail :

www.poltekba.ac.id
https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://vclass.unila.ac.id/blog/sdana/https://sipolahta.dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/fontawesome-free/-/slot186/https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/public/storage/-/https://simawa.upnvj.ac.id/uploads/temp/smaxwin/https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/rahasia/https://www.elementbike.id/product/slot186/https://bpiw.pu.go.id/image/scatter/http://lms.sipil.ft.unand.ac.id/layouts/https://e-learning.universitasbumigora.ac.id/local/maxclub/