Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
Prosedur Penanganan Guest Laundry Pada Hotel Novotel Balikpapan
Abstrak (Abstracts)
Area kerja laundry Novotel Balikpapan terbagi menjadi House Laundy dan Guest Laundry, namun terdapat beberapa masalah terutama di bagian Guest Laundry mengenai kebersihan pakaian tamu atau tertukarnya pakaian laundry tamu. Laundry adalah bagian Housekeping hotel yang bertanggung jawab terhadap semua pencucian yang ada di hotel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penanganan Guest Laundry di Novotel Balikpapan dan untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penanganan Guest Laundry pada Novotel Balikpapan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Laundry Attandant di Novotel Balikpapan sudah menerapkan SOP (Standart Operating Prosedure ) dalam prosedur penanganan Guest Laundry, Namun masih ada kendala yang dihadapi oleh Laundry Attandant yaitu diantaranya tamu yang salah menulis nomor kamar pada laundry list, tidak telitinya Laundry Attandant dalam bekerja yang pada akhirnya melupakan SOP, dan pada saat kurangnya parstock chemical yang mana kenadala-kendala tersebut dapat memicu timbulnya complaint tamu Area kerja laundry Novotel Balikpapan terbagi menjadi House Laundy dan Guest Laundry, namun terdapat beberapa masalah terutama di bagian Guest Laundry mengenai kebersihan pakaian tamu atau tertukarnya pakaian laundry tamu. Laundry adalah bagian Housekeping hotel yang bertanggung jawab terhadap semua pencucian yang ada di hotel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penanganan Guest Laundry di Novotel Balikpapan dan untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penanganan Guest Laundry pada Novotel Balikpapan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Laundry Attandant di Novotel Balikpapan sudah menerapkan SOP (Standart Operating Prosedure ) dalam prosedur penanganan Guest Laundry, Namun masih ada kendala yang dihadapi oleh Laundry Attandant yaitu diantaranya tamu yang salah menulis nomor kamar pada laundry list, tidak telitinya Laundry Attandant dalam bekerja yang pada akhirnya melupakan SOP, dan pada saat kurangnya parstock chemical yang mana kenadala-kendala tersebut dapat memicu timbulnya complaint tamu

Keyword : Guest Laundry, Proedur Penanganan, Laundry

Nilai Properti
: Nurhafikah, : 952017005, : Politeknik Negeri Balikpapan, : DIVISI KAMAR, : 2020, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Ranti Rustika, S.S., M.Sc.

E-mail :

www.poltekba.ac.id
Nurul Musfirah Khairiyah, S.E., M.M.

E-mail :

www.poltekba.ac.id
https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://karanganbungacilacap.com/selotgacorku/https://sipolahta.dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/fontawesome-free/-/slot186/https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/public/storage/-/https://simawa.upnvj.ac.id/uploads/temp/smaxwin/https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/rahasia/https://www.elementbike.id/product/slot186/https://bpiw.pu.go.id/image/scatter/http://lms.sipil.ft.unand.ac.id/layouts/https://e-learning.universitasbumigora.ac.id/local/maxclub/