Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
Analisis Safety Factor dengan Perkuatan Corrugated Concrete Sheet Pile Menggunakan Geolistrik dan Cone Penetration Test (Studi Kasus Pada Proyek Perbaikan Lereng PT. Komatsu Remanufacturing Asia)
Abstrak (Abstracts)
One of the cities prone to the dangers of avalanche is Balikpapan City because it has safety factors between 0.52 – 1.94. Avalanches can occur on any kind of slope caused by a greater thruster force than the retaining force, the weight of the soil itself, coupled with the great influence of groundwater fracturing, as well as other forces from outside the slope. One way that avalanches can be avoided is by the building of sheet piles as a retaining wall. The research method used in this final task is a quantitative analysis method. While the method used in the calculation is the trial and error method which is a manual calculation method used for analysis of the stability of sheet piles. The result of the calculation was obtained a recapitulation value of forces that works on the sheet piles of: (1) 718,078 kN/m for active ground pressure and 2,255,727 kN/m for passive ground pressure at a depth of 10 meters. (2) 577,567 kN/m for active ground pressure and 2,087,479 kN/m for passive ground pressure at a depth of 9 meters. (3) 443,932 kN/m for active ground pressure and 1,927,247 kN/m for passive ground pressure at a depth of 8 meters. (4) 414,812 kN/m for active ground pressure and 1,357,445 kN/m for passive ground pressure at a depth of 7 meters. (5) 387,716 kN/m for active ground pressure and 815,209 kN/m for passive ground pressure at a depth of 6 meters. The safety factor value: (1) at a depth of 10 meters is 3,141. (2) At a depth of 9 meters of 3,614. (3) At a depth of 8 meters of 4,341. (4) At a depth of 7 meters of 3,272. (5) At a depth of 6 meters of 2,103. And it gets the required depth value of 10 m which is the same as the depth of the plan. Salah satu kota yang rawan terhadap bahaya kelongsoran ialah Kota Balikpapan karena mempunyai faktor keamanan antara 0,52 – 1,94. Kelongsoran dapat terjadi pada setiap macam lereng yang disebabkan gaya pendorong yang lebih besar dari gaya penahan, berat tanah sendiri, ditambah dengan pengaruh yang besar dari rembesan air tanah, serta gaya lain dari luar lereng. Salah satu cara agar kelongsoran dapat dihindari ialah dengan dibuatnya dinding turap sebagai dinding penahan tanah. Metode penelitian yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode analisis yang bersifat kuantitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam perhitungan ialah metode trial and error yang merupakan metode perhitungan manual yang digunakan untuk analisa stabilitas dinding turap. Hasil dari perhitungan didapatkan nilai rekapitulasi gaya – gaya yang bekerja pada dinding turap, yaitu: (1) 718,078 kN/m untuk tekanan tanah aktif dan 2.255,727 kN/m untuk tekanan tanah pasif pada kedalaman 10 meter. (2) 577,567 kN/m untuk tekanan tanah aktif dan 2.087,479 kN/m untuk tekanan tanah pasif pada kedalaman 9 meter. (3) 443,932 kN/m untuk tekanan tanah aktif dan 1.927,247 kN/m untuk tekanan tanah pasif pada kedalaman 8 meter. (4) 414,812 kN/m untuk tekanan tanah aktif dan 1.357,445 kN/m untuk tekanan tanah pasif pada kedalaman 7 meter. (5) 387,716 kN/m untuk tekanan tanah aktif dan 815,209 kN/m untuk tekanan tanah pasif pada kedalaman 6 meter. Nilai faktor keamanan yaitu: (1) pada kedalaman 10 meter sebesar 3,141. (2) Pada kedalaman 9 meter sebesar 3,614. (3) Pada kedalaman 8 meter sebesar 4,341. (4) Pada kedalaman 7 meter sebesar 3,272. (5) Pada kedalaman 6 meter sebesar 2,103. Dan didapatkan nilai kedalaman yang dibutuhkan sebesar 10 m yang hasilnya adalah sama dengan kedalaman pemancangan rencana.

Keyword : Landslide, Sheet Pile, Safety Factor, Geoelectric, Cone Penetration Test

Nilai Properti
: SHAFIRA INDAH CHAIRUNISSA, : 922017002, : Politeknik Negeri Balikpapan, : TEKNIK SIPIL, : 2020, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Totok Sulistyo, S.T., M.T.

E-mail :totok.sulistyo@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
Lilik Damayanti, S.S., M.Hum.

E-mail :lilik.damayanti@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
https://www.elementbike.id/data/selotgacorku/https://karanganbungacilacap.com/https://karanganbungacilacap.com/selotgacorku/https://sipolahta.dispermadesdukcapil.jatengprov.go.id/fontawesome-free/-/slot186/https://dupak.dinkes.jatimprov.go.id/public/storage/-/https://simawa.upnvj.ac.id/uploads/temp/smaxwin/https://e-learning.uniba-bpn.ac.id/rahasia/https://www.elementbike.id/product/slot186/https://bpiw.pu.go.id/image/scatter/http://lms.sipil.ft.unand.ac.id/layouts/https://e-learning.universitasbumigora.ac.id/local/maxclub/