Research’s Detail

Judul Penelitian :
ANALISA PENURUNAN TANAH PADA GALIAN DALAM TANAH MENGGUNAKAN PARAMETER KUAT GESER EFEKTIF MELALUI ANALISIS ELEMEN HINGGA 3D DI JAKARTA PUSAT
Abstrak (Abstracts)

Penelitian ini berupa analisa untuk menentukan nilai dari penurunan tanah akibat pekerjaan galian dalam di Jakarta Pusat. Perhitungan analisis menggunakan metode elemen hingga 3D dengan parameter kuat geser tanah sebagai parameter input yang digunakan dalam simulasi. Hasil yang diperoleh akan digunakan sebagai bahan komparasi atau perbandingan dengan beberapa metode perhitungan pendekatan empiris oleh penelitian sebelumnya berdasarkan hasil simulasi nilai dari pergerakan dinding galian dalam secara horisontal. Pada penelitian kali ini juga akan ditampilkan pendekatan empiris yang dapat digunakan untuk menganalisa penurunan tanah pada proyek serupa di Jakarta Pusat dengan kondisi karakteristik tanah yang serupa.

The paper presents an analysis to determine the ground vertical movement caused by a deep excavation project in Central Jakarta. This analysis used numerical analysis with a 3D Finite Element method using effective shear strength parameters and compares the results with the empirical equation method proposed by various methods using the simulation of the results of the horizontal wall movement in previous studies. This study also provides an empirical approach that is suitable for settlement in Central Jakarta that can be used to predict the settlement in with similar soil characterization and construction of the excavation.

Keyword : settlement, deep excavation, 3D Finite Element, empirical equation

Nilai Properti

: Tatag Yufitra Rus, S.T., M.Sc.

: Tatag Yufitra Rus, S.T., M.Sc.

: Ir. Ali Arifin Soeparlan, M.T.

: Politeknik Negeri Balikpapan

: Teknik Sipil

: 2020

: Indonesia


 

Download Full Text