https://binasriwijaya.ac.id/files/sdana/ http://earsip.unitomo.ac.id/assets/sgacor/ https://crg.spa.msu.ru/wp-content/sdana/ https://absensi.bombanakab.go.id/public/upload/ https://stieykp.ac.id/uploads/sdemo/ http://inventaris.ummy.ac.id/uploads/sdana/ https://www.basingga.banggaikab.go.id/public/js/ https://www.basingga.banggaikab.go.id/public/assets/css/ Project’s Detail – IQAS POLTEKBA

Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
ANALISIS KINERJA SIMPANG TIGA BERSINYAL JALAN SYARIFUDDIN YOES – JALAN MARSMA ISWAHYUDI KOTA BALIKPAPAN
Abstrak (Abstracts)
The Tugu KB intersection Balikpapan is a three-arm deviation with a traffic light signal and a confluence of three directions, such as the north arm is for Jalan Syarifuddin Yoes, then the west and the east arm is for Jalan Marsma Iswayudi. This research aims to analyze the Tugu KB’s current performance and to know the Tugu KB’s performance for the next 10 years. The research conducted is a field survey. The field surveys are caried out by recording and counting vehicles directly in the field with the help of CCTV video recordings. The researcher collected data on Sunday, Saturday, and Monday for 2 hours from 06.00-08.00 WITA and 16.00-18.00 WITA. Furthermore, the researcher conducted data processing to determine the volume of vehicles. Based on the results of the research survey conducted, the north, east, and south approaches have a degree of saturation (DS > 0.85) with the each value of 1.002, 1.57, and 0.68. The highest queue length is at the 183.70 m intersection. The number of vehicles stopped on the north, east, and south approaches were 2950.3 pcu/hours, 20,527.7 pcu/hours, and 1670.2 pcu/hour. The delays on the north, east, and south approach arms are 93.5 sec/pcu, 1112.4 sec/pcu, and 37.6 sec/pcu. To improve the performance of the three intersections on Jalan Syarifuddin Yoes and Jalan Marsma Iswahyudi, there are several alternative problem solving solutions, namely resetting the cycle time, geometric improvement, a combination of cycle time resetting and geometry improvement, and improvement of the intersection phase. From these alternatives, the most effective alternative to solve the problem is geometric improvement, because this research resulted in the degree of saturation (DS < 0.85) with the each value of 0.618, 0.67, and 0.56. And with in the delay is at service level D (near jammed) with the respective values of 35.8 sec/pcu, 34.4 sec/pcu, and 35.1 sec/pcu. Simpang tugu KB adalah simpangan tiga lengan yang dilengkapi dengan sinyal lampu lalu lintas. Simpang tugu KB merupakan pertemuan dari tiga arah yaitu: lengan sebelah utara adalah jalan Syarifuddin Yoes, lengan sebelah barat adalah jalan Marsma Iswahyudi dan lengan sebelah timur adalah jalan Marsma Iswahyudi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kinerja simpang tiga jalan Syarifuddin Yoes dan jalan Marsma Iswahyudi saat ini, mengetahui kinerja simpang tiga bersinyal jalan Syarifuddin Yoes dan jalan Marsma Iswahyudi dalam waktu 10 tahun kedepan. Penelitian yang dilakukan adalah survei lapangan dengan mencatat dan menghitung kendaraan secara langsung dilapangan dengan dibantu rekaman video CCTV. Pengambilan data dilakukan pada hari Minggu, Sabtu, dan Senin selama 2 jam dari pukul 06.00-08.00 WITA dan pukul 16.00-18.00 WITA. Setelah itu akan dilakukan pengolahan data untuk mengetahui volume kendaraan. Berdasarkan hasil Survei penelitian yang dilakukan. bahwa pada pendekat Utara, Timur, Selatan memiliki nilai derajat kejenuhan (DS > 0,85) dengan nilai masing-masing 1,002, 1,57, dan 0,68. Panjang antrian tertinggi pada simpang 183,70 m. Banyak kendaraan terhenti pada pendekat Utara, Timur, dan Selatan ialah 2950,3 smp/jam, 20.527,7 smp/jam, dan 1670,2 smp/jam. Tundaan pada lengan pendekat Utara, Timur, dan Selatan ialah 93,5 dtk/smp, 1112,4 dtk/smp, dan 37,6 dtk/smp. Untuk meningkatkan kinerja simpang tiga pada jalan Syarifuddin Yoes dan jalan Marsma Iswahyudi Kota Balikpapan, dilakukan alternatif pemecah masalah dengan melakukan pengaturan ulang waktu siklus, perbaikan geometrik, kombinasi pengaturan ulang waktu siklus dan perbaikan geometrik, dan perbaikan fase simpang. Dari alternatif tersebut alternatif pemecah masalah yang paling efektif yaitu perbaikan geometrik dengan nilai derajat kejenuhan (DS < 0,85) dengan nilai masing-masing 0,618, 0,67, dan 0,56. Dan tundaan berada di tingkat pelayanan D (mendekati macet) dengan nilai masing- masing 35,8 dtk/smp, 34,4 dtk/smp, dan 35,1 dtk/smp.

Keyword : Approach, Survey, Intersection Performance, Degree of Saturation, Delay

Nilai Properti
: AGUSTIFANNY, : 922018041, : Politeknik Negeri Balikpapan, : TEKNIK SIPIL, : 2021, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Wahyu Yusuf Rio, S.T., M.T.

E-mail :

www.poltekba.ac.id
Mohamad Isram M. Ain, S.T., M.Sc.

E-mail :

www.poltekba.ac.id