DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
PENANGANAN KREDIT MACET PADA UNIT SIMPAN PINJAM (USP) SWAMITRA TRIJAYA UTAMA SAMBOJA TAHUN 2017-2020
Abstrak (Abstracts)
The purpose of this study was to determine the causes of bad loans, to know the system for handling bad loans at USP Swamitra Trijaya Utama Samboja, to find out the obstacles faced by USP Swamitra Trijaya Utama to samboja in dealing with bad loans and to prevent USP Swamitra Trijaya Utama Samboja from getting bad credit. jammed. This type of research is descriptive qualitative research. Data were collected through interviews, and observations and then analyzed again. The results of the study are that before giving credit, USP Swamitra Trijaya Utama conducted an examination with Bank Indonesia Checking. Determine customer behavior in the credit world and to find out that there was a decrease in the number of bad credit customers from 2017 to 2018 which was 3.40% and there was a decrease in the number of credit customers. bad debts from 2018 to 2019 by 13% in 2019, In 2020 there was no increase or decrease in the number of customers and the number of bad loans due to Covid-19 which made it difficult for USP Swamitra Trijaya Utama Samboja to get customers, as well as the factors that caused The occurrence of bad loans at the USP Swamitra Trijaya Utama Samboja is the deteriorating economic condition of the debtors business, lending is used not in accordance with the credit plan, and there is no intention to pay from the customer. The bad credit handling system at USP Swamitra Trijaya Utama Samboja is by telephone notification by the officer, direct billing by the officer, giving a warning letter; extending the credit period (rescheduling), changing various requirements, namely the customer only pays the full OS, interest and part of the penalty (reconditioning), and the last treatment is withdrawal of collateral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya kredit macet, mengetahui sistem penanangan kredit macet pada USP Swamitra Trijaya Utama samboja, mengetahui kendala-kendala yang dihadapi USP Swamitra Trijaya Utama samboja dalam menangani kredit macet serta pencegahan USP Swamitra Trijaya Utama Samboja agar tidak terjadi kredit macet. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, dan observasi lalu dianalisis kembali. Hasil dari penelitian yaitu sebelum melakukan pemberian kredit USP Swamitra Trijaya Utama melakukan pemeriksaan dengan Bank Indonesia Checking untuk mengetahui perilaku nasabah dalam dunia perkreditan. Mengetahui bahwa terjadi penurunan jumlah nasabah kredit macet dari tahun 2017 sampai dengan 2018 yaitu 3.40% dan terjadi penurunan jumlah nasabah kredit macet dari tahun 2018 sampai dengan 2019 sebesar 13% pada tahun 2019, Pada tahun 2020 tidak ada peningkatan maupun penurunan pada jumlah nasabah serta jumlah kredit macet dikarenakan Covid-19 yang mempersulit USP Swamitra Trijaya Utama Samboja dalam mendapatkan nasabah, serta faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kredit macet pada USP Swamitra Trijaya Utama Samboja adalah memburuknya kondisi perekonomian bisnis debitur, Pemberian kredit digunakan tidak sesuai dengan rencana kredit, dan tidak adanya niat membayar dari nasabah. Sistem penanganan kredit macet pada USP Swamitra Trijaya Utama Samboja adalah dengan cara pemberitahuan melalui telepon oleh petugas, penagihan langsung oleh petugas, diberikan surat peringatan; memperpanjang jangka waktu kredit (rescheduling), mengubah berbagai persyaratan yaitu nasabah hanya membayar OS full, bunga dan sebagian denda (Reconditioning), dan peanganan paling akhir yaitu penarikan jaminan.Keyword : Penanganan, Kredit Macet, Koperasi, Lembaga keuangan