DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
Analisis Upaya Inovasi Produk pada Sektor UMKM Kuliner Dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Rumah Kue Brownies)
Abstrak (Abstracts)
Nadia Amanda, Analysis of Product Innovation Efforts in the Culinary MSME Sector during the Covid-19 Pandemic. Final project, Balikpapan, Balikpapan State Polytechnic Culinary Study Program, 2021. The purpose of this study are 1) To find out the impact of the Covid-19 pandemic on the sales of the MSME business continuity of Rumah Kue Brownies, 2) To find out what innovations were developed by MSME Rumah Kue Brownies during the Covid-19 pandemic, 3) To find out strategies maintain business in the midst of the Covid-19 pandemic. This research uses descriptive qualitative research through interviews, observations, literature studies, and documentation in obtaining and collecting data. Based on the research results, it is known that in the current pandemic situation, menu sales have decreased by 50%, this has an impact on the unstable turnover/income of the MSMEs. Then reduce the number of menu productions and reduce the number of employees in order to reduce the cost of spending on the MSME Brownies Cake House. In product development, by adding frozen food products to increase turnover/income. The strategy to maintain business is carried out by utilizing existing social media in order to increase market reach to all consumers in the city of Balikpapan. After analyzing the data obtained, it can be concluded that the product development efforts developed have met the needs of consumers during the Covid-19 pandemic and have implemented strategies in order to maintain business amidst the Covid-19 pandemic. Nadia Amanda, Analisis Upaya Inovasi Produk pada Sektor UMKM Kuliner di Masa Pandemi Covid-19. Tugas akhir, Balikpapan, Program Studi Tata Boga Politeknik Negeri Balikpapan, 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dampak dari pandemi Covid-19 terhadap penjualan keberlangsungan usaha UMKM Rumah Kue Brownies, 2) Untuk mengetahui apa saja inovasi yang dikembangkan oleh UMKM Rumah Kue Brownies di masa pandemi Covid-19, 3) Untuk mengetahui strategi mempertahankan usaha ditengah pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi, studi literature, dan dokumentasi dalam memperoleh dan mengumpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa dalam situasi pandemi saat ini penjualan menu mengalami penurunan sebesar 50% , hal tersebut berdampak pada tidak stabilnya omset/pemasukan pada UMKM tersebut. Kemudian mengurangi jumlah produksi menu dan mengurangi jumlah karyawan guna untuk meringankan biaya pengeluaran pada UMKM Rumah Kue Brownies. Dalam pengembangan produk yaitu dengan menambahkan produk frozen food untuk meningkatkan omset/pemasukan. Strategi mempertahankan usaha dilakukan dengan memanfaatkan social media yang ada guna untuk menambah jangkauan pasar pada seluruh konsumen di kota Balikpapan. Setelah dilakukan analisis dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa upaya pengembangan produk yang dikembangkan telah memenuhi kebutuhan konsumen di masa pandemi Covid-19 serta telah melakukan strategi agar dapat mempertahankan usaha ditengah pandemi Covid-19.Keyword : UMKM, Covid-19, Inovasi Produk, Strategi.