https://binasriwijaya.ac.id/files/sdana/ http://earsip.unitomo.ac.id/assets/sgacor/ https://crg.spa.msu.ru/wp-content/sdana/ https://absensi.bombanakab.go.id/public/upload/ https://stieykp.ac.id/uploads/sdemo/ https://pengaduan.ikippgriptk.ac.id/images/sdemo/ http://inventaris.ummy.ac.id/uploads/sdana/ Project’s Detail – IQAS POLTEKBA

Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
RANCANG BANGUN WEBSITE E-COMMERCE DI UMKM “ WARUNG UTHIE” MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING SEBAGAI PENGAMBIL KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN PRODUK REKOMENDASI
Abstrak (Abstracts)
E-commerce is an online channel that can be reached by someone through a computer, which is used by business people in carrying out their business activities and used by consumers to obtain information using computer assistance which in the process begins with providing information services to consumers in making choices. E-commerce can be a great opportunity for MSMEs to market and develop their business. Utilization of e-commerce can be done to expand market access, create jobs and have a positive impact on various supporting sectors of other e-commerce businesses. However, when science and technology have developed, it cannot be denied that there are still MSMEs whose sales methods are still manual, such as at Warung Uthie. Having a large number of customers, encountering obstacles in terms of the non-optimal sales process, and also the lack of information on the products that have the most demand. To overcome this problem, an E-commerce system is needed which uses the Simple Additive Weighting Method for ranking products, with this system it is expected to make it easier for consumers to get complete product information such as product recommendations from Warung Uthie. The reason for using the Simple Additive Weighting method is because this method is able to solve problems by weighting all the criteria and alternatives that produce the right reference value. E-commerce adalah saluran online yang dapat dijangkau seseorang melalui komputer, yang digunakan oleh pebisnis dalam melakukan aktifitas bisnisnya dan digunakan konsumen untuk mendapatkan informasi dengan menggunakan bantuan komputer yang dalam prosesnya diawali dengan memberi jasa informasi pada konsumen dalam penentuan pilihan. E-commerce dapat menjadi peluang besar bagi UMKM untuk memasarkan dan mengembangkan bisnisnya. Pemanfaatan e-commerce dapat dilakukan guna memperluas akses pasar, membuka lapangan pekerjaan serta memberikan dampak positif bagi berbagai sektro pendukung bisnis e-commerce lain. Namun pada saat ilmu pengetahuan dan teknologi sudah berkembang, tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada UMKM yang metode penjualannya masih secara manual seperti di Warung Uthie. Memiliki sejumlah pelanggan yang cukup banyak, mendapati kendala dalam hal tidak optimalnya proses penjualan, dan juga kurangnya informasi terhadap produk yang paling banyak peminatnya. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan sistem E-commerce yang didalamnya menggunakan Metode Simple Additive Weighting untuk perangkingan terhadap produk , dengan adanya sistem ini diharapkan dapat mempermudah konsumen untuk mendapatkan informasi produk secara lengkap seperti produk rekomendasi dari Warung Uthie. Alasan menggunakan metode Simple Additive Weighting karena metode ini mampu menyelesaikan masalah dengan cara membobotkan semua kriteria dan alternatif yang menghasilkan nilai referensi yang tepat

Keyword : E-commerce, Micro business, Simple Additive Weighting.

Nilai Properti
: ANDY KURNIA SETIAWAN, : 932019088, : Politeknik Negeri Balikpapan, : TEKNIK ELEKTRONIKA, : 2022, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Danar Retno Sari, S.Kom., M.Kom.

E-mail :danar.retno@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
Ihsan, S.Kom., M.T.

E-mail :

www.poltekba.ac.id