https://binasriwijaya.ac.id/files/sdana/ http://earsip.unitomo.ac.id/assets/sgacor/ https://crg.spa.msu.ru/wp-content/sdana/ https://absensi.bombanakab.go.id/public/upload/ https://stieykp.ac.id/uploads/sdemo/ https://pengaduan.ikippgriptk.ac.id/images/sdemo/ http://inventaris.ummy.ac.id/uploads/sdana/ Project’s Detail – IQAS POLTEKBA

Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
STUDI KOMPARASI KEAUSAN ROD JOURNAL ENGINE CUMMINS QSK45 DENGAN METODE ANOVA
Abstrak (Abstracts)
The crankshaft is the part of the engine that converts the vertical/horizontal motion of the piston to rotational or rotational motion. Working with power from the piston through the connecting rod to the flywheel, the crankshaft has several components including the rod journal and the main journal. The crankshaft has components that experience wear, namely the rod journal. Wear of the rod journal is caused by the interaction between the rod journal and the big end connecting rod. Such wear can reduce the standard bar journal size. This research is to investigate scientifically (scientific) whether there is a significant difference between each journal. By using the ANOVA (analysis of variance) test method. The type of research used is quantitative research. In this study using secondary data obtained in the form of a Crankshaft Inspection Report (CIR) with a total of 35 samples of data in 2020-2022 at PT Altrak 1978, Before carrying out the ANOVA test there were stages of managing stem journal data, namely normality test, homogeneity test, then test One way ANOVA with an Fcount of 8.491 > Ftable 3.49, and a significance value of 0.000 <0.05, so it can be said that H0 is rejected, then H1 is accepted. Crankshaft merupakan bagian dari mesin yang mengubah gerak vertikal / horizontal dari piston menjadi gerak rotasi atau putaran. Yang berfungsi meneruskan tenaga dari piston melalui connecting rod ke fly wheel, pada crankshaft memiliki beberapa komponen diantaranya rod journal dan main journal. Crankshaft terdapat komponen yang mengalami keausan yaitu rod journal. Keausan pada rod journal disebabkan oleh adanya gesekan antara rod journal dengan big end connecting rod. keausan tersebut dapat membuat ukuran standar rod journal bekurang. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengivestigasi secara ilmiah (saintifik) apakah terjadi perbedaan keausan yang signifikan antara masing-masing rod journal . Dengan menggunakan metode uji ANOVA (analysis of variance). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini menggunakan data skunder yang diperoleh berupa Crankshaft Inspection Report (CIR) dengan jumlah data sebanyak 35 sampel pada tahun 2020-2022 di PT Altrak 1978, Sebelum melakukan uji ANOVA terdapat tahapan pengelolahan data keausan rod journal yaitu uji normalitas, uji homogenitas, selanjutnya uji One way ANOVA dengan nilai Fhitung sebesar 8.491 > Ftabel 3.49, dan nilai Signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, maka H1 diterima. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa terjadi perbedaan rata-rata keausan rod journal pada hours meter 5.000 dengan 10.000, 5.000 dengan 15.000, dan 5.000 dengan 20.000. Sehingga perusahaan dapat mengetahui bahwa terjadi perbedaan keausan pada hours meter 10.000 sampe dengan 20.000.

Keyword : Crankshft, Rod journal, keausan, Anova

Nilai Properti
: ERIKA TRI WULANDARI, : 912019005, : Politeknik Negeri Balikpapan, : TEKNIK MESIN, : 2022, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Drs. Syaeful Akbar, M.T.

E-mail :syaeful.akbar@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
Dr. Hadi Hermansyah, S.Si., M.Si.

E-mail :hadi.hermansyah@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id