https://binasriwijaya.ac.id/files/sdana/ http://earsip.unitomo.ac.id/assets/sgacor/ https://crg.spa.msu.ru/wp-content/sdana/ https://absensi.bombanakab.go.id/public/upload/ https://stieykp.ac.id/uploads/sdemo/ http://inventaris.ummy.ac.id/uploads/sdana/ https://www.basingga.banggaikab.go.id/public/js/ https://www.basingga.banggaikab.go.id/public/assets/css/ Project’s Detail – IQAS POLTEKBA

Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
ANALISIS MOTIVASI NASABAH PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK MENJADI AGEN BRILINK DI KELURAHAN BATU AMPAR KOTA BALIKPAPAN
Abstrak (Abstracts)
This research is a descriptive qualitative research. The purpose of this study was to determine the main motivation of BRI customers to become BRILink agents in Batu Ampar village, Balikpapan City. In this study, researchers obtained primary data. The data was obtained from the interview and documentation method by the author which was carried out to the resource persons of the BRILink Agent in Batu Ampar Village. The results of this study support previous research conducted by Hidayah (2020) and Risnawati (2018) which stated that in general the motivation of BRI customers to become BRILink agents is divided into three, namely economic motivation, social motivation and achievement motivation. By becoming a BRILink agent, agents can increase their income from the fees set in every transaction made by the customer. From ten interviewees it was found that they became BRILink agents only as a side business from their regular jobs. In addition, seeing the opportunity that everyone definitely needs banking services, this is the motivation for customers to become BRILink agents. The long queues at the bank and the distance from the village to the bank, as well as the desire to succeed motivate customers to become BRILink agents. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui motivasi utama nasabah BRI menjadi agen BRILink di kelurahan Batu Ampar Kota Balikpapan. Dalam penelitian ini peneliti memperoleh data primer. Data tersebut diperoleh dari metode wawancara dan dokumentasi oleh penulis yang dilakukan kepada narasumber narasumber Agen BRILink di Kelurahan Batu Ampar. Hasil penelitian ini mendukung penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Hidayah (2020) dan Risnawati (2018) yang menyatakan bahwa secara umum motivasi nasabah BRI menjadi agen BRILink terbagi menjadi tiga, yaitu motivasi Ekonomi, motivasi Sosial dan motivasi Berprestasi. Dengan menjadi agen BRILink, agen dapat menambah penghasilan dari biaya yang ditetapkan dalam setiap transaksi yang dilakukan nasabah. Dari sepuluh orang yang diwawancarai diketahui bahwa mereka menjadi agen BRILink hanya sebagai usaha sampingan dari pekerjaan tetap mereka. Selain itu, melihat peluang bahwa semua orang pasti membutuhkan layanan perbankan hal ini menjadikan alasan motivasi nasabah untuk menjadi agen BRILink. Panjangnya antrian saat di bank maupun jauhnya lokasi bank dari desa, serta adanya keinginan untuk sukses memotivasi para nasabah untuk menjadi seorang agen BRILink.

Keyword : Motivasi, Nasabah , Agen BRILink

Nilai Properti
: KRESMA ILAHI , : 962019077, : Politeknik Negeri Balikpapan, : KEUANGAN DAN PERBANKAN, : 2022, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Ida Suriana, S.E., M.M.

E-mail :ida.suriana@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id
Dito Rozaqi Arazy, S.E., M.S.A.

E-mail :

www.poltekba.ac.id