DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
PERENCANAAN JALUR KERETA API REL GANDA (DOUBLE TRACK) ANTARA SOLO BALAPAN – BANDARA ADI SOEMARMO
Abstrak (Abstracts)
Along with improving the economy in Java, there is also an increase in traveling between cities and even abroad using airplane transportation modes to and from Java. Therefore, the high number of passengers can be found at several major airports including Yogyakarta International Airport, Soekarno Hatta Airport and Juanda International Airport. The airport is a collection airport and a transit airport for travel routes from small airports on the island of Java to destinations in Eastern Indonesia or Western Indonesia and even abroad. In order to reduce passenger density at the four airports, the government began targeting other airports on Java Island to become gathering airports, one of which is Adi Soemarno Airport in Surakarta. In this Final Project, a double track railway line will be planned from Solo Balapan Station to Adi Soemarmo International Airport Station. This double-track railway is the result of the selection of two tracks and then selected one of the best by considering criteria using the Multy Criteria Analysis method. The criteria used are based on distance, travel time and demand or demand for airport train passengers. From this selected trase, a calculation analysis was carried out covering the geometric planning design of railway tracks including the calculation of horizontal and vertical alignments based on related regulations such as PM No. 60 of 2012, PM No. 29 of 2011, PM No. 78 of 2014, and other planning regulations that are still related to railway construction planning. Keywords : Airport Train, Solo Balapan Station, Double Track, Geometric Railroad Road Seiring dengan meningkatkan perekonomian di Pulau Jawa, meningkat pula melakukan perjalanan antar kota bahkan ke luar negeri menggunakan moda transportasi pesawat terbang dari dan ke pulau Jawa. Maka dari itu, tingginya jumlah penumpang dapat ditemukan di beberapa bandara besar diantara lain adalah Bandara Yogyakarta Internasional Airport, Bandar Udara Soekarno Hatta dan Bandar Udara Internasional Juanda. Bandara tersebut menjadi bandara pengumpul serta menjadi bandara transit untuk rute perjalanan dari bandara – bandara kecil di Pulau Jawa ke tujuan Indonesia Timur ataupun Indonesia Barat bahkan luar negeri. Demi mengurangi kepadatan penumpang di keempat bandara tersebut, pemerintah mulai mentargetkan agar bandara – bandara lain yang ada di Pulau Jawa menjadi bandar udara pengumpul, salah satunya adalah Bandara Adi Soemarno di Surakarta. Pada Tugas Akhir ini, akan direncanakan jalur rel kereta api ganda atau double track dari Stasiun Solo Balapan sampai Stasiun Bandara Internasional Adi Soemarmo. Jalur rel ganda kereta api ini merupakan hasil dari pemilihan dua trase kemudian dipilih satu dari yang terbaik dengan pertimbangan kriteria menggunakan metode Multy Criteria Analysis. Kriteria yang dipakai berdasarkan atas dasar jarak, dan permintaan atau demand penumpang kereta api bandara. Dari trase yang terpilih ini dilakukan analisa perhitungan meliputi desain perencanaan geometrik rel kereta api diantaranya adalah perhitungan alinyemen horizontal dan alinyemen vertikal berdasarkan peraturan terkait seperti seperti PM No. 60 Tahun 2012, PM No. 29 Tahun 2011, PM No. 78 Tahun 2014, dan peraturan perencanaan lainnya yang masih terkait dengan perencanaan pembangunan jalan kereta api.Keyword : Kereta Api Bandara, Stasiun Solo Balapan, Double Track, Geometrik Jalan Rel Kereta Api