https://binasriwijaya.ac.id/files/sdana/ http://earsip.unitomo.ac.id/assets/sgacor/ https://crg.spa.msu.ru/wp-content/sdana/ https://absensi.bombanakab.go.id/public/upload/ https://stieykp.ac.id/uploads/sdemo/ https://pengaduan.ikippgriptk.ac.id/images/sdemo/ http://inventaris.ummy.ac.id/uploads/sdana/ Project’s Detail – IQAS POLTEKBA

Project’s Detail

DESKRIPSI TUGAS AKHIR :
Analisa Kestabilan dan Penurunan Tanah Akibat Galian Sementara Dengan Menggunakan Kombinasi Penahan Steel Sheet Pile dan Bambu di Simpang Joglo Surakarta
Abstrak (Abstracts)
This study aims to predict the deformation, settlement, and safety factor value on the railroad project at Simpang Joglo, Surakarta City. Analysis using 2D numerical analysis. This study can be useful as part of efforts to mitigate and prevent the risk of landslides resulting from the temporary excavation project with Hardening Soil (HS) soil modeling with Undrained B. On the east side of the excavation using SSP (Steel-Sheet-Pile) construction where there is the working load of the railroad tracks while on the west side of the excavation uses bamboo supports with the working load of the road construction. The soil was divided into two layers with a consistency of medium clay (0-11 m) to hard clay (11-50 m). From the analysis results, the maximum displacement value of the SSP retaining construction is 10.77 mm whereas the displacement value for bamboo is only 6.87 mm. This is consistent with the largest sliding line occurring on the east side of the excavation using SSP with an SF value of 3.7 > 2 which can be categorized as safe. Furthermore, the magnitude of the settlement value on both sides of the excavation is not more than 10 mm. It is considered safe from the impact of temporary excavation on the project. The SSP retaining construction has a maximum settlement value of 10.09 mm at a distance of 3.41 m from the excavation. Meanwhile, the bamboo retaining construction is predicted to be only 2.8 mm, about 3.15 m from the excavation. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi nilai deformasi, penurunan dan angka keamanan pada galian tanah pada proyek pekerjaan jalur rel layang kereta api di Simpang Joglo Kota Surakarta. Analisa menggunakan analisa numerik 2D. Studi ini dapat bermanfaat sebagai bagian dari upaya mitigasi dan pencegahan terhadap resiko kelongsoran tanah yang terjadi akibat proyek galian sementara tersebut dengan permodelan tanah Hardening Soil (HS) dengan Undrained B. Pada sisi timur galian menggunakan konstruksi SSP (Steel-Sheet-Pile) dimana terdapat beban rel kereta api yang bekerja sedangkan pada sisi barat galian menggunakan penahan bambu dengan beban konstruksi jalan yang bekerja. Tanah dibagi kedalam dua lapisan dengan konsistensi lapisan lempung sedang (0-11 m) ke lempung keras (11-50 m). Dari hasil analisa didapatkan nilai maksimum perpindahan dari konstruksi penahan SSP adalah 10,77 mm dimana nilai perpindahan pada bambu hanya sebesar 6,87 mm. Hal ini selaras terhadap garis kelongsoran terbesar terjadi pada sisi timur galian yang menggunakan SSP dengan nilai SF sebesar 3,7 > 2 dimana dapat dikategorikan aman Selanjutnya, besaran nilai penurunan pada kedua sisi galian tidak lebih dari 10 mm. Hal dianggap aman terhadap dampak dari galian sementara pada proyek tersebut. Pada konstruksi penahan SSP memiliki nilai penurunan maksimum sebesar 10,09 mm pada jarak dari galian 3,41 m. Sedangkan pada konstruksi penahan berupa bambu diprediksi hanya sebesar 2,8 mm dengan jarak dari galian sekitar 3,15 m.

Keyword : Temporary Excavation, Joglo Intersection, Displacement, Settlement, Safety Factor

Nilai Properti
: RISKY DARMAWAN, : 972019016, : Politeknik Negeri Balikpapan, : TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN, : 2023, : Indonesia, : Tugas Akhir, : Prepustakaan Poltekba,

 

Download Full Text
Pembimbing
Tatag Yufitra Rus, S.T., M.Sc.

E-mail :

www.poltekba.ac.id
Totok Sulistyo, S.T., M.T.

E-mail :totok.sulistyo@poltekba.ac.id

www.poltekba.ac.id