.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ihsan@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 8, 2025, 6:04 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Jaringan Komputer II |
TE210219 |
1 |
1 |
2 |
56 |
3 |
21-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ihsan S.Kom., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199008272019031011 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukan sikap religius (S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dankonfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-6) Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3 |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-5) Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan sistema kendali (KU-8) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untukmenjaminkesahihan dan mencegah plagiasi pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistema kendali yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-5) Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali (KK-6) Mampu mengimplementasikan sistem kendali, mikrokontroler, PLC berdasarkan standar IEC (KK-7) Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika (KK-8) Mampu mengintegrasikan sistem kendali dengan menggunakan komunikasi kabel dan atau nirkabel |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK 1 : Mampu menyimpulkan konsep dasar membangun dan mengelola bisnis |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
SUB CPMK-1 Mampu memahami protocol OSI Model jaringan dan membuat spesifikasi topologi jaringan (CPMK 1), (CPMK 2) SUB CPMK-2 Mampu mengumpulkan dan menentukan kebutuhan teknis pengguna yang menggunakan jaringan (CPMK 2) SUB CPMK-3 Mampu merancang pengalamatan jaringan (CPMK 2), (CPMK 5) SUB CPMK-4 Mampu memahami konsep konfigurasi dan keamanan switch & router (CPMK 3), (CPMK 4) SUB CPMK-5 Mampu mengkonfigurasi routing jaringan dalam satu autonomus system (CPMK 3), (CPMK 4) SUB CPMK-6 Mampu mengkonfigurasi routing jaringan antar autonomus system (CPMK 3), (CPMK 4) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Jaringan Komputer II mempelajari dasar Routing dan Switching yang mencakup arsitektur, komponen, dan operasi router dan switch di skala jaringan kecil. Diharapkan Mahasiswa mampu memahami tujuan dan operasi router, routing table dan route lookup process. Kemudian memahami cara kerja dan konfigurasi VLAN, STP, EtherChannel dan DHCP | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Konfigurasi perutean VLAN dan Inter-VLAN |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
|
|||||||
Dosen Pengampu |
Ihsan, |
Mata Kuliah |
Jaringan Komputer II |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE210219 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | SUB CPMK-4 Mampu memahami konsep konfigurasi dan keamanan switch & router (CPMK 3), (CPMK 4) |
|
|
Metode Pembelajaran kolaboratif |
Konfigurasi Dasar Pada Switch
|
3 |
|||
2 | SUB CPMK-4 Mampu memahami konsep konfigurasi dan keamanan switch & router (CPMK 3), (CPMK 4) |
|
|
Metode Pembelajaran kolaboratif |
Konfigurasi Dasar Pengaturan Pada Router
|
4 |
|||
3 | SUB CPMK-2 Mampu mengumpulkan dan menentukan kebutuhan teknis pengguna yang menggunakan jaringan (CPMK 2) |
|
|
Metode Pembelajaran berpusat pada mahasiswa dalam setiap proses pembelajarannya |
Konfigurasi VLANs
|
3 |
|||
4 | SUB CPMK-1 Mampu memahami protocol OSI Model jaringan dan membuat spesifikasi topologi jaringan (CPMK 1), (CPMK 2) |
|
|
Metode Pembelajaran berpusat pada mahasiswa dalam setiap proses pembelajarannya |
VLAN Trunks
|
4 |
|||
5 | SUB CPMK-1 Mampu memahami protocol OSI Model jaringan dan membuat spesifikasi topologi jaringan (CPMK 1), (CPMK 2) |
|
|
Metode Pembelajaran kontekstual |
Inter-VLAN Routing (pada router)
|
3 |
|||
6 | SUB CPMK-4 Mampu memahami konsep konfigurasi dan keamanan switch & router (CPMK 3), (CPMK 4) |
|
|
Metode Pembelajaran efektif |
Konfigurasi Inter-VLAN routing menggunakan Switch Layer 3 Netacad Academy CCNA SRWE Version 7.2 |
3 |
|||
7 | SUB CPMK-3 Mampu merancang pengalamatan jaringan (CPMK 2), (CPMK 5) |
|
|
Metode Pembelajaran kolaboratif |
EtherChannel Netacad Academy CCNA SRWE Version 7.2 |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | SUB CPMK-3 Mampu merancang pengalamatan jaringan (CPMK 2), (CPMK 5) |
|
|
Metode Pembelajaran berpusat pada mahasiswa dalam setiap proses pembelajarannya |
DHCP dan Pengalamatan Netacad Academy CCNA SRWE Version 7.2 |
3 |
|||
10 | SUB CPMK-4 Mampu memahami konsep konfigurasi dan keamanan switch & router (CPMK 3), (CPMK 4) |
|
|
Metode Pembelajaran berpusat pada mahasiswa dalam setiap proses pembelajarannya |
Keamanan Port Switch Netacad Academy CCNA SRWE Version 7.2 |
4 |
|||
11 | SUB CPMK-4 Mampu memahami konsep konfigurasi dan keamanan switch & router (CPMK 3), (CPMK 4) |
|
|
Metode Pembelajaran kontekstual |
Menerapkan keamanan port untuk mengurangi serangan LAN Netacad Academy CCNA SRWE Version 7.2 |
3 |
|||
12 | SUB CPMK-2 Mampu mengumpulkan dan menentukan kebutuhan teknis pengguna yang menggunakan jaringan (CPMK 2) |
|
|
Metode Pembelajaran kontekstual |
Konfigurasi Pengontrol LAN Nirkabel (WLC) Netacad Academy CCNA SRWE Version 7.2 |
4 |
|||
13 | SUB CPMK-4 Mampu memahami konsep konfigurasi dan keamanan switch & router (CPMK 3), (CPMK 4) |
|
|
Metode Pembelajaran berpusat pada mahasiswa dalam setiap proses pembelajarannya |
Menerapkan WLAN menggunakan router nirkabel dan WLC Netacad Academy CCNA SRWE Version 7.2 |
4 |
|||
14 | SUB CPMK-5 Mampu mengkonfigurasi routing jaringan dalam satu autonomus system (CPMK 3), (CPMK 4) |
|
|
Metode Pembelajaran Kolaboratif |
Static Routing Network Fundamental CCNA Exploration Companion Guide. Indianapolis, USA; Cisco Pres.2. |
3 |
|||
15 | SUB CPMK-6 Mampu mengkonfigurasi routing jaringan antar autonomus system (CPMK 3), (CPMK 4) |
|
|
Metode Pembelajaran berpusat pada mahasiswa dalam setiap proses pembelajarannya |
Routing Dynamically Network Fundamental CCNA Exploration Companion Guide. Indianapolis, USA; Cisco Pres.2. |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ihsan lahir di Samboja pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|