.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:patria.rahmawati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:22 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Etika Profesi |
AB110922 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
18-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Patria Rahmawaty S.Psi., M.MPd.Psikolog. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 197601312003122002 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-8) Mampu mengusai teknik berkomunikasi sesuai EYD dan bahasa asing lainnya dengan baik |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaanya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-7) Mampu melakukan pemeriksaan visual dengan menggunakan checklist dan service literature kebocoran, kerusakan struktur, kelainan suara, kelainan gas buang, kelainan system dengan memperhatikan K3L |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menjelaskan aturan dan etika di lingkungan kerja yang dapat menampilkan sikap kerja yang psotif Mampu menjelaskan aspek-aspek psikologis yang dapat mendukung tercapainya keberhasilan di dunia kerja |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu menjelaskan tentang kode etik profesi Mampu menjelaskan tentang konsep etika profesi yaitu etika, profesi serta profesionalisme Mampu menjelaskan tentang pengembangan diri yaitu sikap kepribadian serta grooming Mampu menjelaskan tentang peran emositional qouetient (EQ) dalam dunia kerja diantaranya hakekat kerja, disiplin kerja, komunikasi dan stres serta konflik kerja Mampu menjelaskan tentang kepemimpinan Mampu menjelaskan tentang penilaian sistem kerja Mampu menjelaskan tentan karier kerja |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Etika Profesi mempelajari tentang kode etik profesi, konsep etika profesi yang meliputi etika, profesi, profesional, pengembangan diri, peran emotional qouetient di dalam dunia kerja , kepemimpinan, penilaian sistem kerja dan karir kerja. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Kode Etika Profesi 2. Konsep Etika Profesi : Etika 3. Konsep Etika Profesi : Profesi 4. Konsep Etika Profesi : Profesionalisme 5. Pengembangan diri : Sikap dan Kepribadian 6. Pengembangan diri : Grooming 7. Peran Emotional Quetient (EQ) dalam Dunia Kerja 8. Peran Emotional Quetient (EQ) dalam Dunia Kerja : Hakikat Kerja 9. Peran Emotional Quetient (EQ) dalam Dunia Kerja : Disiplin kerja 10. Peran Emotional Quetient (EQ) dalam Dunia Kerja : Komunikasi 11. Peran Emotional Quetient (EQ) dalam Dunia Kerja : Stres dan Konflik Kerja 12. Kepemimpinan 13. Penilaian Sistem Kerja 14. Karir Kerja |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Anoraga Pandji dan Suyanti Sri., 1995., Psikologi Industri & Sosial. Penerbit Pustaka Jaya. Semarang. 2. Asnawi Pandji, 2005, Aplikasi Psikologi dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Penerbit Pusgrafin, Jakarta. Thoha Miftah, 2010, Kepemimpinan dalam Manajemen, Penerbit PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta. 3. Rahmawaty, Patria.2013., Modul Etika Profesi. Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Balikpapan. 4. Winarti,Euis., 2003, Pengembangan Diri, Penerbit Fajar, Jakarta. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. Laptop 2. LCD 3. Modul pembelajaran Etika Profesi |
|||||||
Dosen Pengampu |
Patria Rahmawaty, |
Mata Kuliah |
Etika Profesi |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB110922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu menjelaskan tentang kode etik profesi |
Menjelaskan tentang kode etik profesi |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi interaktif, Ceramah, diskusi kelompok (170 menit) |
Kode Etik Profesi Modul Etika Profesi |
4 |
|||
2 | Mampu menjelaskan tentang konsep etika profesi yaitu etika, profesi serta profesionalisme |
Menjelaskan pengertian etika dan jenis-jenis etika |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi interaktif, Ceramah,Diskusi Kelompok (170 menit) |
Konsep Etika Profesi : Etika Modul Etiika Profesi |
4 |
|||
3 | Mampu menjelaskan tentang konsep etika profesi yaitu etika, profesi serta profesionalisme |
Menjelaskan tentang definisi profesi, karakterristik dan ciri-ciri dari profesi |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi interaktif, Ceramah, Diskusi Kelompok (170 menit) |
Konsep Etika Profesi : Profesi Modul Etika Profesi |
4 |
|||
4 | Mampu menjelaskan tentang konsep etika profesi yaitu etika, profesi serta profesionalisme |
Menjelaskan definisi dari profesionalsme, ciri-ciri profesionalme dan kode etiknya |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi interaktif, Ceramah, DIskus Kelompok (170 menit) |
Konsep Etika Profesi : Profesionalisme Modul Etika Profesi |
4 |
|||
5 | Mampu menjelaskan tentang pengembangan diri yaitu sikap kepribadian serta grooming |
Menjelaskan tentang definisi sikap, kepribadian, ciri-ciri sikap, kepribadian, aspek dari sikap dan kepribadian, peran sikap dalam kepribadian serta pengenalan diri |
Sikap dan Keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi interaktif, Ceramah, Diskusi Kelompok (170 menit) |
Pengembangan diri : SIkap dan Kepribadian Modul Etika Profesi |
4 |
|||
6 | Mampu menjelaskan tentang pengembangan diri yaitu sikap kepribadian serta grooming |
Menjelaskan tentang penampilan diri dan peran kesehatan diri dalam persiapan kerja |
Sikap dan keaktifan, serta diskusi kelompok |
Diskusi interaktif, Ceramah, DIskusi kelompok |
Pengembangan Diri : SIkap dan Kepribadian Modul Etika Profesi |
4 |
|||
7 | Mampu menjelaskan tentang peran emositional qouetient (EQ) dalam dunia kerja diantaranya hakekat kerja, disiplin kerja, komunikasi dan stres serta konflik kerja |
Menjelaskan tentang peran emotional qouetient dalam dunia kerja, ciri-cirinya, faktor yang mempengaruhi EQ, cara mengembangkan EQ dalam kehidupan dunia kerja |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi interaktif, Ceramah, Diskusi Kelompok (170 menit) |
Peran emotional Qouetient dalam dunia kerje Modul Etika Profesi |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Mampu menjelaskan tentang peran emositional qouetient (EQ) dalam dunia kerja diantaranya hakekat kerja, disiplin kerja, komunikasi dan stres serta konflik kerja |
Menjelaskan tentang definisi kerja, etos kerja, motivasi kerja, dan produktifitas kerja |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi interaktif, Ceramah, Disuksi kelompok (170 menit) |
Peran Emotional Qouetinet dalam dunia kerja : Hakikat Kerja Modul Etika Profesi |
4 |
|||
10 | Mampu menjelaskan tentang peran emositional qouetient (EQ) dalam dunia kerja diantaranya hakekat kerja, disiplin kerja, komunikasi dan stres serta konflik kerja |
Menjelaskan tentang pengertian disiplin kerja, jenis disiplin kerja, efisiensi kerja |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi interaktif, Ceramah, DIskusi kelompok |
Peran Emotional Qouetient dalam dunia kerja : Disiplin Kerja Modul Etika Profesi |
4 |
|||
11 | Mampu menjelaskan tentang peran emositional qouetient (EQ) dalam dunia kerja diantaranya hakekat kerja, disiplin kerja, komunikasi dan stres serta konflik kerja |
Menjelaskan tentan definisi komunikasi, tipe-tipe komunikasi, faktor keberhasilan dan kegagalan komunikasi, komunikai non verbal |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi interaktif, Ceramah, Diskusi kelompok (170 menit) |
Peran Emotional Qouetient dalam dunia kerja : Komunikasi Modul Etika Profesi |
4 |
|||
12 | Mampu menjelaskan tentang peran emositional qouetient (EQ) dalam dunia kerja diantaranya hakekat kerja, disiplin kerja, komunikasi dan stres serta konflik kerja |
Menjelaskan tentang definisi stres kerja, konflik kerja, ketegangan kerja serta manajemen stres |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi interaktif, ceramah, diskusi kelompok (170 menit) |
Peran Emotional Qouetient dalam dunia kerja : Stres dan Konflik Kerja Modul Etika Profesi |
4 |
|||
13 | Mampu menjelaskan tentang kepemimpinan |
Menjelaskan tentang definisi kepimpinan, teori kepemimpinan, tipe-tipe kepemimpinan, syarat, tugas dan sifat kepemimpinan |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi interaktif, Ceramah, Diskusi Kelompok (170 menit) |
Peran Emotional Qouetient dalam dunia kerja : Kepemimpinan Modul Etika Profesi |
4 |
|||
14 | Mampu menjelaskan tentang penilaian sistem kerja |
Menjelaskan tentang penilaian sistem kerja dan aspek-aspeknya |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi interaktif, Ceramah, Diskusi Kelompok (170 menit) |
Penilaian Sistem Kerja Modul Etika Profesi |
4 |
|||
15 | Mampu menjelaskan tentan karier kerja |
Menjelaskan tentang karir kerja dan indikator pendukung |
Sikap dan keaktifan serta diskusi kelompok |
Diskusi interaktif, Ceramah, DIskusi Kelompok (170 menit) |
Karier Kerja Modul Etika Profesi |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
24 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Patria Rahmawaty lahir di Balikpapan pada tanggal 31 Januari 1976 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|