.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:anis.aulia@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 6:27 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Konstruksi Beton 1 |
JJ230317 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
||
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Anis Aulia Ulfa S.T., M.T. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 20201009 |
NIP/NIK. 2018.90.003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan kerja perancangan, pelaksanaan dan pengawasan banguna jalan dan jembatan skala menengah1 (P-2) Menguasai prinsip dan teknik perancangan rekayasa meliputi ilmu bahan, mekanika (mekanika teknik, mekanika tanah, mekanika fluida), sistem transportasi darat, hidrologi, rekayas geoteknik, rekayasa jalan, rekayasa struktur jembatan, rekayasa konstruksi, dan rekayas lingkungan jalan (P-6) Menguasai referensi teknisyang berlaku di Indonesia dan minimal satu standar yang berlaku internasional (misalnya AASHTO, ACI, ASCI) bidang konstruksi jalan dan jembatan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU-3) Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilka prototype, prosedur baku, desain atau karya seni. (KU-4) Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan, pelaksanaan dan pengawasan bangunan jalan da jembatan skala menengah 1 (KK-4) Mampu merancang bangunan jalan dan jembatan dalam bentuk perancangan teknik rinci4 (detail engineering deGISn) dengan menggunakan pangkalan data dan referensi teknik konstruksi5 dengan mempertimbangkan faktor-faktor ekonomi, sosial, budaya, kesehatan da keselamatan publik dan lingkungan. (KK-5) Mampu merencanakan, melaksanakan, mengawasi proses konstruksi jalan dan jembatan dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan publik, serta menerapkan sistem manajemen, keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan (SMK3L) dengan mengacu dokumen perancangan teknik rinci |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK-1: Mampu merancang elemen lentur (balok dan pelat) beton bertulang berdasarkan SNI 2847, SNI 2833 dan ACI 318 |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan prinsip beton bertulang, pembebanan pada jembatan dan konsep perencanaan dengan ketaatan berdasarkan SNI [C2,A2] Sub-CPMK2: Mampu menganalisis kapasitas lentur balok beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] Sub-CPMK3: Mampu menganalisa kapasitas lentur balok T dan L beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] Sub-CPMK4: Mampu menganalisa kapasitas balok tulangan rangkap beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] Sub-CPMK5: Mampu menganalisa kapasitas lentur pelat beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] Sub-CPMK6: Mampu merencanakan tulangan lentur (balok dan pelat) beton bertulang dengan tanggung jawab dan etika akademik [C4,A3] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Konstruksi Beton 1 mempelajari konsep dan analisa lentur pada penampang balok dan pelat beton bertulang | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
- Konsep dasar beton bertulang - Analisa lentur penampang balok - Analisa penampang pelat |
|||||||
Pustaka |
1. ACI Committee, 318-14. (2014). Building Code Requirements for Reinforced Concrete. American Concrete Institute. Detroit. Michigan. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop, proyektor, papan tulis, spidol, penghapus, kertas, pulpen dan BLP. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Anis Aulia Ulfa, |
Mata Kuliah |
Konstruksi Beton 1 |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ230317 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1,2 | Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan prinsip beton bertulang, pembebanan pada jembatan dan konsep perencanaan dengan ketaatan berdasarkan SNI [C2,A2] |
- Ketepatan menjelaskan definisi beton bertulang |
- Sikap dan keaktifan |
PBL BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 1, TT, 2x60 menit
|
- Definisi beton bertulang Pengalaman belajar yang diperoleh dari tahapan ini adalah: Pustaka #2 |
5 |
|||
Sub-CPMK1: Mampu menjelaskan prinsip beton bertulang, pembebanan pada jembatan dan konsep perencanaan dengan ketaatan berdasarkan SNI [C2,A2] |
- Ketepatan menjelaskan distribusi beban pada jembatan beton bertulang |
- Sikap dan Keaktifan |
PBL BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 2, TT, 2x60 menit |
- Distribusi beban pada jembatan beton bertulang Pengalaman belajar yang diperoleh dari tahapan ini adalah: Pustaka #2 |
5 |
||||
3,4,5,6 | Sub-CPMK2: Mampu menganalisis kapasitas lentur balok beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Mahasiswa mampu menjelaskan konsep lentur pada elemen beton bertulang
|
- Sikap dan Keaktifan |
Metode Simulasi BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Presentasi, TT, 2x60 menit |
- Konsep lentur pada elemen beton bertulang Pengalaman belajar yang diperoleh dari tahapan ini adalah: Pustaka #2
|
1 |
|||
Sub-CPMK2: Mampu menganalisis kapasitas lentur balok beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Ketepatan menjelaskan diagram whitney pada penampang beton bertulang |
- Sikap dan Keaktifan |
Metode Simulasi BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Presentasi, TT, 2x60 menit |
- Diagram whitney pada penampang beton bertulang Pengalaman belajar yang diperoleh dari tahapan ini adalah: Pustaka #2
|
2 |
||||
Sub CPMK 2: Mampu menganalisis kapasitas lentur balok beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Kemampuan menganalisa jenis-jenis keruntuhan pada beton bertulang |
- Sikap dan Keaktifan |
PBL BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 3, TT, 2x60 menit- Memilih elemen balok yang akan dianalisa kebutuhan tulangannya |
- Jenis-jenis keruntuhan pada beton bertulang Pengalaman belajar yang diperoleh dari tahapan ini adalah: Pustaka #6 |
5 |
||||
Sub CPMK 2: Mampu menganalisis kapasitas lentur balok beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Kemampuan menganalisis kebutuhan tulangan tarik pada balok beton bertulang |
- Sikap dan keaktifan |
PBL BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 4, TT, 2x60 menit |
- Kebutuhan tulangan tarik pada balok beton bertulang Pengalaman belajar Sumber #3 |
5 |
||||
7 |
Sub CPMK 3: Mampu menganalisa kapasitas lentur balok T dan L beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Ketepatan menjelaskan pengertian balok L dan T beton bertulang |
- Sikap dan Keaktifan |
Metode Simulasi BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Presentasi, TT, 2x60 menit |
- Pengertian balok L dan T beton bertulang Pustaka #6 |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9,10,11 |
Sub CPMK 4: Mampu menganalisa kapasitas balok tulangan rangkap beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Ketepatan menjelaskan konsep balok dengan tulangan rangkap |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Simulasi BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Presentasi, TT, 2x60 menit |
Konsep balok dengan tulangan rangkap Pengalaman belajar: Pustaka #6 |
1 |
|||
Sub CPMK 4: Mampu menganalisa kapasitas balok tulangan rangkap beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Ketepatan menjelaskan diagram whitney pada penampang beton bertulang dengan tulangan rangkap |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Simulasi BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Presentasi, TT, 2x60 menit |
- Diagram whitney pada penampang beton bertulang dengan tulangan rangkap Pengalaman Belajar: Dapat menjelaskan menjelaskan diagram whitney pada penampang beton bertulang dengan tulangan rangkap Pustaka #6 |
1 |
||||
Sub CPMK 4: Mampu menganalisa kapasitas balok tulangan rangkap beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Ketepatan menjelaskan konsep balok dengan tulangan rangkap |
- Sikap dan keaktifan |
PBL BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 5, TT, 2x60 menit |
- Kebutuhan tulangan rangkap pada balok beton bertulang Pengalaman Belajar Sumber #6 |
5 |
||||
12,13,14 |
Sub CPMK 5: Mampu menganalisa kapasitas lentur pelat beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Ketepatan menjelaskan definisi dan macam-macam pelat beton bertulang |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Simulasi BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Presentasi, TT, 2x60 menit |
- Definisi dan macam-macam pelat beton bertulang Pengalaman belajar: Pustaka #6 |
1 |
|||
Sub CPMK 5: Mampu menganalisa kapasitas lentur pelat beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Ketepatan menjelaskan konsep lentur pada pelat beton bertulang |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Simulasi BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Presentasi, TT, 2x60 menit |
- Konsep lentur pada pelat beton bertulang Pengalaman belajar Pustaka #6 |
2 |
||||
Sub CPMK 5: Mampu menganalisa kapasitas lentur pelat beton bertulang dengan tanggung jawab atas keahliannya [C4,A3] |
- Kemampuan menganalisa kebutuhan tulangan pelat 1 arah |
- Sikap dan keaktifan |
PBL BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 6, TT, 2x60 menit |
- Kebutuhan tulangan pelat 1 arah Pengalaman Beralar Sumber #6 |
5 |
||||
15 |
Sub CPMK 6: Mampu merencanakan tulangan lentur (balok dan pelat) beton bertulang dengan tanggung jawab dan etika akademik [C4,A3] |
- Kemampuan merencanakan kebutuhan tulangan lentur (tulangan utama) pada balok beton bertulang |
- Sikap dan keaktifan |
PBL BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. Tugas 7, TT, 2x60 menit |
- Kebutuhan tulangan lentur (tulangan utama) pada balok beton bertulang Pengalaman Belajar: Sumber #6 |
20 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Anis Aulia Ulfa lahir di Balikpapan pada tanggal 03-09-1993 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|