.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:totok.sulistyo@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:35 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Pemrograman |
JJ231117 |
0 |
2 |
2 |
84 |
3 |
01-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Totok Sulistyo S.T., M.T. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 197209022000121003 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-8) Menguasai prinsip dan teknik berkomunikasi (lisan, tulisan, dan grafis) (P-9) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi konstruksi jalan dan jembatan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-10) Mampu memanfaatkan teknologi (piranti lunak untuk perancangan dan alat bantu konstruksi) dalam melaksanakan pekerjaan bangunan jalan dan jembatan |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1: Mampu menuangkan langkah kerja sederhana dan kompleks kedalam Flowchart atau Algoritma CPMK2: Mampu mengubah flowchart dalam psedocode dan code program CPMK3: Menguasai salah satu bahasa pemrograman untuk desktop CPMK4: Mampu Membuat Aplikasi Sederhana (Kalkulator, konverter, dll) CPMK5: Mampu Membuat Aplikasi Sederhana untuk pekerjaan di Bidang Sipil |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mampu menguraikan pekerjaan komplek menjadi langkah kerja dan mengambarkan dalam flowchart atau Psedocode [C4, P3, A3] Sub-CPMK 2: Mampu menulis code program atau membuat class java berdasarkan suatu flowchart [C4,P3, A4 ] Sub-CPMK3: Mampu menerapkan Operator dan Struktur Kontrol Keputusan dan Perulangan dalam code program [C4,P3,A4] Sub-CPMK4: Mampu menerapakan Type data dan Array dengan tepat untuk merepresentasikan data dalam program [C4,P3,A4] Sub-CPMK5: Mampu membuat aplikasi GUI sederhana seperti kalkulator dan konverter ser melakukan Compiling Program dan mendistribusikan program ke segala OS [C4,P3,A3] Sub-CPMK6: Mampu membuat program untuk meyelesaikan pekerjaan di bidang sipil. [C4,P3,A4] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Pemrograman mempelajari pemrograman dasar dengan java, untuk membuat aplikasi desktop | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Algoritma, Sejarah Java, Installasi java dan IDE |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : LCD, White Board, Laptop |
|||||||
Dosen Pengampu |
Totok Sulistyo, |
Mata Kuliah |
Bahasa Pemrograman |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ231117 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1: Mampu menguraikan pekerjaan komplek menjadi langkah kerja dan mengambarkan dalam flowchart atau Psedocode [C4, P3, A3] |
Pekerjaa komplek di breakdown menjadi sejumlah pekerjaan yang sederhana |
Logika penyelesaian masalah dengan flowchart, Bentuk Penilaian Hasil Pekerjaan |
Metoda Pembelanjaran: Ceramah, Diskusi, Latihan/Praktik (Holistik, Interaktif, Kontektual, SCL) Estimasi waktu : Pengenalan 1 x 50 menit Penjelasan materi dan latihan 4 x 50 menit Tugas 2 x 50 menit |
Kontrak Perkuliahan, Pengenalan Algoritma dan Bahasa Pemrograman Pustaka [1,2,3] |
0 |
|||
2,3 | Sub-CPMK 2: Mampu menulis code program atau membuat class java berdasarkan suatu flowchart [C4,P3, A4 ] |
IDE dan software pendukung terinstal dan IDE siap digunakan untuk coding, debuging dan compiling |
Fungsi Hasil Kerja, Bentuk Penilaian Demontrasi Hasil Kerja |
Metoda Pembelanjaran : Demontrasi, Intruksi, Praktik, Diskusi (Interaktif , holistik , integratif , saintifik, kontektual, tematik, SCL) |
Praktik Pengenalan IDE Netbeans, JDK dan JRE Pustaka [2] |
0 |
|||
Sub-CPMK 2: Mampu menulis code program atau membuat class java berdasarkan suatu flowchart [C4,P3, A4 ] |
Class Hello Word dan Class Sederhana dibuat dgn Struktur Class yang benar Komen ditulis untuk menjelaskan code yang dibuat |
Struktur program, Bentuk Penilaian Observasi Hasil Kerja |
Metoda Pembelanjaran : Demontrasi, Instuksi, Praktik dan Diskusi (holistik, integratif, interaktif, kolabratif, SCL) Estimasi waktu 6 x 50 Menit = 300 Menit
|
Struktur Java Class, Komentar, Main Method Pustaka [2,3] |
0 |
||||
4, 5, 6, 7 | Sub-CPMK3: Mampu menerapkan Operator dan Struktur Kontrol Keputusan dan Perulangan dalam code program [C4,P3,A4] |
Operator Matematik di terapkan dalam program sederhana Operator Relasional diterapkan dalam struktur kontrol keputusan if else |
Runable Code (No Bug), Bentuk Pengamatan Hasil Kerja
|
Metoda Pembelanjaran : Demontrasi, Instuksi, Praktik dan Diskusi (holistik, integratif, interaktif, kolabratif, SCL) Estimasi waktu 6 x 50 Menit = 300 Menit |
Operator Matematik, Operator Relasi, Struktur Keputusan IF ELSE Pustaka [2,3] |
0 |
|||
Sub-CPMK3: Mampu menerapkan Operator dan Struktur Kontrol Keputusan dan Perulangan dalam code program [C4,P3,A4] |
Kombinasi Operator Relasi dan Logic diterapkan Struktur Keputusan IF ELSE Struktur perulangan di terapkan dalam program |
Runable Code (Tidak ada bug), Pengamatan hasil kerja |
Metoda Pembelanjaran : Demontrasi, Instuksi, Praktik dan Diskusi (holistik, integratif, interaktif, kolabratif, SCL) Estimasi waktu 6 x 50 Menit = 300 Menit |
Operator Logic, Struktur Keputusan dan Loop Pustaka [2,3] |
0 |
||||
Sub-CPMK3: Mampu menerapkan Operator dan Struktur Kontrol Keputusan dan Perulangan dalam code program [C4,P3,A4] |
Nested IF ELSE, Nested Loop Diterapakan dalam Program Yang dibuat mahasiswa |
Runable code, Obsevasi Hasil Kerja |
Metoda Pembelanjaran : Demontrasi, Instuksi, Praktik dan Diskusi (holistik, integratif, interaktif, kolabratif, SCL) Estimasi waktu 6 x 50 Menit = 300 Menit |
Nested IF ELSE dan Nested Loop Pustaka [2] |
0 |
||||
Sub-CPMK3: Mampu menerapkan Operator dan Struktur Kontrol Keputusan dan Perulangan dalam code program [C4,P3,A4] |
Fungsi atau Method diterapakan dalam Program |
Runnable Code, Observasi Hasil Kerja |
Metoda Pembelanjaran : Demontrasi, Instuksi, Praktik dan Diskusi (holistik, integratif, interaktif, kolabratif, SCL) Estimasi waktu 6 x 50 Menit = 300 Menit |
Method dalam Java API dan Method Buatan Pustaka [2,3] |
0 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK4: Mampu menerapakan Type data dan Array dengan tepat untuk merepresentasikan data dalam program [C4,P3,A4] |
Array di aplikasikan dalam program |
Sikap, Observasi Proses Kerja Runable Code, Observasi Hasil Kerja |
Metoda Pembelanjaran : Demontrasi, Instuksi, Praktik dan Diskusi (holistik, integratif, interaktif, kolabratif, SCL) Estimasi waktu 6 x 50 Menit = 300 Menit |
Array 1 Dimensi, Array 2 Dimensi dan Array 3 D Pustaka [2,3] |
0 |
|||
10 | Sub-CPMK5: Mampu membuat aplikasi GUI sederhana seperti kalkulator dan konverter ser melakukan Compiling Program dan mendistribusukan program ke segala OS [C4,P3,A3] |
Aplikasi Desktop GUI sederhana dapat dijalank di OS Windows, Linux dan Mac OS |
Kriteria : Desain & Fungsi , Sikap Bentuk penilaian : Hasil Kerja, Pengamatan proses |
Metoda Pembelanjaran : Praktik dan Diskusi (holistik, integratif, interaktif, kolabratif, SCL) Estimasi waktu 6 x 50 Menit = 300 Menit |
Pembuatan Aplikasi GUI sederhana, Kalkulator, Konverter, Penghitung Statistik basik rata-rata, modus, median dan quartil Pustaka [2,3] |
10 |
|||
11,12,13,14,15 | Sub-CPMK6: Mampu membuat program untuk meyelesaikan pekerjaan di bidang sipil. [C4,P3,A4] |
Layout Aplikasi Sederhana Dibidang Sipil dirancang dengan baik dan lengkap untuk entry setiap variable |
Kriteria : Estetika, dan kelengkapan, Sikap Bentuk Penilaian : Observasi hasil, Observasi Proses |
Metoda Pembelanjaran : Praktik dan Diskusi (holistik, integratif, interaktif, kolabratif, SCL) Estimasi waktu 6 x 50 Menit = 300 Menit |
Layout Manajer Pustaka [2,3] |
20 |
|||
Sub-CPMK6: Mampu membuat program untuk meyelesaikan pekerjaan di bidang sipil. [C4,P3,A4] |
Mahasiswa mampu menuliskan code dan memberikan action listener dari beberapa tombol yang di buat dalam aplikasinya |
Kriteria : Desain & Fungsi , Sikap Bentuk penilaian : Hasil Kerja, Pengamatan proses |
Metoda Pembelanjaran : Praktik dan Diskusi (holistik, integratif, interaktif, kolabratif, SCL) Estimasi waktu 6 x 50 Menit = 300 Menit
|
Action Listener Pustaka [2,3] |
0 |
||||
Sub-CPMK6: Mampu membuat program untuk meyelesaikan pekerjaan di bidang sipil. [C4,P3,A4] |
Text Menu telah ditambahkan dalam aplikasi dan dapat berfungsi |
Lengkap, Berfungsi, Estetika, Bentuk penilaian Observasi hasil |
Metoda Pembelanjaran : Praktik dan Diskusi (holistik, integratif, interaktif, kolabratif, SCL) Estimasi waktu 6 x 50 Menit = 300 Menit |
Text menu dan Key Commant Pustaka [2,3] |
0 |
||||
Sub-CPMK6: Mampu membuat program untuk meyelesaikan pekerjaan di bidang sipil. [C4,P3,A4] |
Aplikasi di compile menjadi JAR lengkap, dengan setting main class yang sesuai. Aplikasi dapat dijalankan dari Short Cut, Aplikasi dapat dipindahkan ke Laptop lain |
Otentisitas, Estetika, Fungsi, Bentuk Penilian Tampilan Aplikasi, Fungsi Aplikasi Scope Aplikasi |
Pustaka [2,3] |
Deployment Pustaka [2,3] |
0 |
||||
Sub-CPMK6: Mampu membuat program untuk meyelesaikan pekerjaan di bidang sipil. [C4,P3,A4] |
Apilasi Dipresentasikan dan didemontrasikan/Dijalankan didepan kelas |
Penampilan, Pemaparan, Apilkasi Bentuk Penilaian Observasi dan Pertanyaan Lisan |
Metoda Pembelanjaran : Demontrasi dan Diskusi (interaktif, SCL) Estimasi waktu 6 x 50 Menit = 300 Menit
|
Presentasi Hasil Project Berupa Aplikasi Berbasis Desktop Pustaka [2,3] |
30 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Totok Sulistyo lahir di Sleman pada tanggal 02-09-1972 Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|