.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:totok.sulistyo@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:07 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Geomatika I |
TS110622 |
1 |
2 |
3 |
98 |
1 |
01-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Totok Sulistyo S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 197209022000121003 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S-3) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-4) Menguasai referensi teknis (codes) dan standar konstruksi yang berlaku di wilayah kerjanya |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-4) Mampu menggambar teknik bangunan sipil untuk mendukung proses perencanaan, perancangan dan pelaksanaan konstruksi sesuai dengan spesifikasi teknis secara manual dan/atau menggunakan perangkat lunak |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1: Mampu Memahami Implementasi K3L dan Survei dan Pemetaan CPMK2: Mampu Mengidentifikasi Berbagai Alat Ukur dalam Surevei dan Pemetaan CPMK3: Mampu Melakukan Setting Alat Ukur Sebelum Pengukuran CPMK4: Mampu Mengecek Ketelitian Alat Autolevel serta Melakukan Pengukuran Beda Tinggi dengan 3 Metoda CPMK5: Mampu Melakukan Pengukuran Memanjang dan Melintang CPMK6: Mampu Melakukan Pengukuran Elevasi dengan Metoda GRID CPMK7: Mampu Menbuat Peta Topografi dari Hasil Pengukuran GRID CPMK8: Mampu Melakukan Perhitungan Volume Cut Fill menggunakan Potongan Melintang dan Memanjang |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mampu mengidentifikasi kebutuhan APD yang sesuai serta menerapkan dalam berbagai medan survey[C3,P3,A3] Sub-CPMK2: Mampu mengidentifikasi berbagai fungsi dan fitur dalam alat ukur autolevel serta dapat mengoperasikan serta mempersiapkan peralatan penunjang[C4, P3, A3] Sub-CPMK3: Mampu mendirikan alat dengan cepat dan akurat, serta dapat membaca bacaan rambu benang atas, benang tengah dan bawah[C4, P3, A3] Sub-CPMK4: Mampu menentukan ketelitian alat autolevel serta mampu mengukur beda tinggi menggunakan 3 metoda[C4, P3, A3] Sub-CPMK5: Mampu melakukan pengukuran dan perhitungan memanjang dengan mengkombinasikan berbagai metoda sesuai dengan kondisi medan pengukuran[C4, P3, A3] Sub-CPMK6: Mampu melakukan perhitungan pengukuran memmanjang dengan yang terikat pada dua station yang diketahui[C4, P3, A3] Sub-CPMK7: Mampu melakukan pengukuran dan perhitungan melintang[C4, P3, A3] Sub-CPMK8: Mampu melakukan pengukuran dan perhitungan Luas dengan metoda GRID[C4, P3, A3] Sub-CPMK9: Mampu membuat potongan dari Peta Topografi[C4, P3, A3] Sub-CPMK10: Mampu melakukan perhitungan Cut & Fill berdasarkan potongan memanjang dan melintang[C4, P3, A3] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Geomatika I * mempelajari pengukuran beda tinggi dan jarak datar digunakan untuk leveling dalam kegiatan kontruksi, sperti perencanaan jalan, drainase, lantai, pondasi dll | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
K3L dalam survei dan pemetaan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Papan tulis, LCD, Marker, Formulir, Alat Ukur, Kertas gambar |
|||||||
Dosen Pengampu |
Totok Sulistyo, |
Mata Kuliah |
Geomatika I |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS110622 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK1: Mampu mengidentifikasi kebutuhan APD yang sesuai serta menerapkan dalam berbagai medan survey [C4, P3, A3] |
|
|
Ceramah, Praktik, Diskusi (Interaktif, SCL, kontektual, scientific, integratif) 7 x 50 menit 350 menit |
Perkenalan, Kontrak Introduction to geomatics K3L dalam Survei dan Pemetaan Pustaka[1, 3, 4] |
5 |
|||
2 | Sub-CPMK2: Mampu mengidentifikasi berbagai fungsi dan fitur dalam alat ukur autolevel serta dapat mengoperasikan serta mempersiapkan peralatan penunjang[C4, P3, A3] |
Mahasiswa dapat menjelaskan bagian dari autolevel dan fungsinya serta dapat mengoperasikan sesuai dengan manual alat |
1. Sikap, penilaian melalui observasi 2. Ketrampilan, penilain melalui demonstrasi 3. Pengetahuan, penilaian melalui pertanyaan lisan |
Metoda Pembelanjaran: Demonstrasi, Diskusi, Praktik (holistik, integratif, interaktif, kolabratif, SCL) Estimasi waktu: 7 x 50 mnt = 350 Menit |
1. Bagan Autolevel 2. Cara kerja autolevel Pustaka[5, 6] |
5 |
|||
3 | Sub-CPMK3: Mampu mendirikan alat dengan cepat dan akurat, serta dapat membaca bacaan rambu benang atas, benang tengah dan bawah[C4, P3, A3] |
|
|
Metoda Pembelajaran: Demontrasi, Praktik, Dokumentasi audiovisual, upload video (Interaktif , holistik , integratif , saintifik, kontektual, tematik, efektif, kolaboratif, SCL) Waktu : 7 x 50 Mnt = 350 Mnt |
Mendirikan Alat dan Setting Alat Pustaka[2, 3, 5] |
5 |
|||
4 | Sub-CPMK4: Mampu menentukan ketelitian alat autolevel serta mampu mengukur beda tinggi menggunakan 3 metoda [C4, P3, A3] |
|
|
Metoda Pembelajaran : Praktik (kontektual, tematik, efektif, kolaboratif, SCL) Waktu : 7 x 50 Mnt = 350 Mnt |
Pustaka[5] |
5 |
|||
5,6 | Sub-CPMK5: Mampu melakukan pengukuran dan perhitungan memanjang dengan mengkombinasikan berbagai metoda sesuai dengan kondisi medan pengukuran[C4, P3, A3] |
|
Ketelitian, bentuk penilaian hasil kerja Kecepatan, bentuk observasi lapangan Kerapian, penilaian catatan lapangan, dan gambar kerja |
Metoda Pembelajaran : Praktik ( kontektual, tematik, kolaboratif, SCL) Waktu 7 x 50 Mnt = 350 Mnt |
Pustaka[3, 5] |
5 |
|||
Sub-CPMK5: Mampu melakukan pengukuran dan perhitungan memanjang dengan mengkombinasikan berbagai metoda sesuai dengan kondisi medan pengukuran[C4, P3, A3] |
Profil memanjang dibuat lengkap dengan elevasi, beda tinggi antar titik, dan jarak datar antar titik |
Ketelitian dengan penilaian berupa observasi hasil kerja Kerapian dengan penilaian observasi hasil kerja |
Metoda Pembelajaran : Praktik ( kontektual, tematik, kolaboratif, SCL) Waktu 7 x 50 Mnt = 350 Mnt |
Pengukuran memanjang metode Pergi Pulang Pustaka[5] |
5 |
||||
7 | Sub-CPMK6: Mampu melakukan perhitungan pengukuran memmanjang dengan yang terikat pada dua station yang diketahui[C4, P3, A3] |
|
|
Metoda Pembelajaran : Praktik ( kontektual, tematik, kolaboratif, SCL) Waktu : 7 x 50 Mnt = 350 Mnt |
Perhitungan beda tinggi dua BM dan koreksi kesalahan Pustaka[3] |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK7: Mampu melakukan pengukuran dan perhitungan melintang [C4, P3, A3] |
Mahasiswa Melakukan pengukuran melintang tegak lurus dengan poros memanjang, Pengukuran dilakukan pada posisi Turning Point (Alat) dan pada Patok (Rambu) |
Ketelitian penilaian melalui observasi hasil Kecepatan melalui pengamatan pengukuran |
Metode Pembelajaran : Praktik ( kontektual, tematik, kolaboratif, SCL) Waktu : 7 x 50 Mnt = 350 Mnt |
Profil melintang Pustaka[5] |
5 |
|||
10, 11, 12 | Sub-CPMK8: Mampu melakukan pengukuran dan perhitungan Luas dengan metoda GRID[C4, P3, A3] |
|
|
Metoda Pembelanjaran : Praktik ( kontektual, tematik, kolaboratif, SCL) Estimasi waktu: 7 x 50 Mnt = 350 Mnt |
Persiapan Pengukuran GRID Pustaka[3, 5] |
5 |
|||
Sub-CPMK8: Mampu melakukan pengukuran dan perhitungan Luas dengan metoda GRID |
|
|
Metoda Pembelanjaran : Praktik ( kontektual, tematik, kolaboratif, SCL) Estimasi waktu : 7 x 50 Mnt = 350 Mnt |
Pengukuran GRID Pustaka[3, 5] |
0 |
||||
Sub-CPMK8: Mampu melakukan pengukuran dan perhitungan Luas dengan metoda GRID[C4, P3, A3] |
|
|
Metoda Pembelanjaran : Praktik ( kontektual, tematik, kolaboratif, SCL) Estimasi waktu 7 x 50 Mnt = 350 Mnt |
Perhitungan dan Pengambaran Peta hasil pengukuran GRID Pustaka[3, 5] |
5 |
||||
13 | Sub-CPMK9: Mampu membuat potongan dari Peta Topografi[C4, P3, A3] |
Mahasiswa mampu membuat profil dari peta topografi dengan berbagai arah |
|
Metoda Pembelanjaran : Praktik ( kontektual, tematik, kolaboratif, SCL) Estimasi waktu : 7 x 50 Mnt = 350 Mnt |
Profil Topografi Pustaka[4, 5] |
5 |
|||
14,15 | Sub-CPMK10: Mampu melakukan perhitungan Cut & Fill berdasarkan potongan memanjang dan melintang |
|
Ketelitian Bentuk Penilaian hasil kerja |
Metoda Pembelanjaran : Praktik ( kontektual, tematik, kolaboratif, SCL) |
Perhitungan Cut & Fill Pustaka[5] |
5 |
|||
Sub-CPMK10: Mampu melakukan perhitungan Cut & Fill berdasarkan potongan memanjang dan melintang[C4, P3, A3] |
Volume Penggalian dan Penimbunan dihitung dengan benar berdasarkan luas penampang dan jarak penampang |
Ketelitian Bentuk Penilaian Hasil Kerja Kecepatan Bentuk Penilaian Proses Kerja |
Metoda Pembelanjaran : Praktik ( kontektual, tematik, kolaboratif, SCL) Estimasi waktu 7 x 50 Mnt = 350 mnt |
Perhitungan Cut & Fill Pustaka[5] |
0 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Totok Sulistyo lahir di Sleman pada tanggal 02-09-1972 Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|