.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:qory.hidayati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:26 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Robotika |
TE220419 |
1 |
2 |
1 |
56 |
4 |
28-08-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Qory Hidayati S.T., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198611142019032014 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-5) Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-5) Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan sistema kendali |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-4) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan system kendali berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisis, menginterpretasi dan menerapkan sesuai peruntukan (KK-5) Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali (KK-6) Mampu mengimplementasikan sistem kendali, mikrokontroler, PLC berdasarkan standar IEC (KK-7) Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika (KK-8) Mampu mengintegrasikan sistem kendali dengan menggunakan komunikasi kabel dan atau nirkabel |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Menguasai pengetahuan instrumentasi sistem kendali, perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan (CPL12)(CPL13)(CPL15) CPMK 2: Mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisis, menginterpretasi, dan menerapkan sesuai peruntukannya menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (CPL 30)(CPL 9) CPMK 3: Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi, dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali (CPL 31) CPMK 4: Mampu mengimplementasikan sistem kendali, mikrokontroler, dan PLC berdasarkan standar IEC dan bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan sistema kendali (CPL32)(CPL 23) CPMK 5: Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji, dan memodifikasi rangkaian elektronika dan menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (CPL 33)(CPL 20) CPMK 6: Mampu mengintegrasikan sistem kendali dengan menggunakan komunikasi kabel dan atau nirkabel. Dan melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri (CPL 34)(CPL 25) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
SUB-CPMK1: Mampu memahami dasar-dasar robotika SUB-CPMK2: Mampu memahami berbagai jenis sistem control yang dapat dipergunakan dalam robot dan bagian robot SUB-CPMK3: Mampu menguasai derajat kebebasan dan Sistem Koordinat Gerak Robot SUB-CPMK4: Mampu menguasai Kinematika dan Dinamik robot SUB-CPMK5: Mampu menerapkan teknik pemrograman mobile robot SUB-CPMK6: Mampu menerapkan komponen dan sensor pada robot SUB-CPMK7: Mampu mimilih dan menetapkan sampel project dg sistematis, bermutu, dan terukur SUB-CPMK8: Mampu membuat project dan makalah |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Robotika mempelajari tentang konsep robot standar, kinematika, navigasi, montion planning, aktuator, sensor-sensor dan konsep robot canggih yang dikendalikan oleh mikrokontroler hingga penerapannya. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pengetahuan, ilmu dan sains terapan: pengertian robotika, dasar, jenis bagian, tugas ilmu dan penerapan. |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. John J. Craig, Introduction to Robotics Mechanics and Control, Addison Wesley Pub. Co., 1986. 2. K.S Fu dan R.C. Gonzales, Robotics: Control Sensing, Vision and Intelligent, Mc Graw Hill, 1987 3. Raden Supriyanto dkk, Robotika, Universitas Gunadarma 2010. 4. Wisnu Jarmiko dkk, Robotika: Teori dan Aplikasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia 2012. 5. Rafiudin Syam, Kinematika dan Dinamika Robot Lengan: untuk kasus robot penjinak bom dan robot tari Pakkarena, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, 2015. Pustaka Pendukung : 1. Umar Yahdi, Pengantar Fisika Mekanika, Universitas Gunadarma, 1990. 2. Katsuhiko Ogata, Teknik Kontrol Automatik, Erlangga, 1990. 3. Yusuf Yahya, D. Suryadi H.S., Agus S., Matematika Dasar Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, 2011. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul, LCD, proyektor, laptop, whiteboard, spidol warna (hitam, merah dan biru),dan alat tulis, internet. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Qory Hidayati, |
Mata Kuliah |
Robotika |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE220419 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | SUB-CPMK1: Mampu memahami dasar-dasar robotika |
1.1 Ketepatan menjelaskan definsi, sejarah, perkembangan robot |
Kriteria: |
• Kuliah; |
Pengantar Robotik: Pengetahuan, ilmu dan sains terapan: pengertian robotika, dasar, jenis bagian, tugas ilmu dan penerapan. |
6 |
|||
2 | SUB-CPMK2: Mampu memahami berbagai jenis sistem control yang dapat dipergunakan dalam robot dan bagian robot |
2.1 Ketepatan menjelaskan sistem control robot |
Kreteria: |
• Kuliah; |
Sistem kendali dan sensor robot: 1. Pengenalan sistem kontrol pada robot. |
7 |
|||
3 | SUB-CPMK3: Mampu menguasai derajat kebebasan dan Sistem Koordinat Gerak Robot |
3.1 Ketepatan menghitung derajat kebebasan |
Kreteria: |
• Kuliah; |
Pemodelan sistem lengan robot: 1. Pengertian posisi, jarak, perpindahan. Kecepatan dan Percepatan. |
7 |
|||
4,5 | SUB-CPMK4: Mampu menguasai Kinematika dan Dinamik robot |
4.1 Ketepatan menjelaskan konsep dasar kinematic dan dinamil pada robot |
Kreteria: |
Luring: • Kuliah;
Daring: • Kuliah daring |
Kinematika dan Dinamik robot lengan : 1. Komponen dinamik dan kinematika |
15 |
|||
SUB-CPMK4: Mampu menguasai Kinematika dan Dinamik robot |
4.1 Ketepatan menjelaskan konsep dasar kinematic dan dinamil pada robot |
Kreteria: |
Luring: • Kuliah;
Daring: • Kuliah daring |
Kinematika dan Dinamik robot lengan : 1. Komponen dinamik dan kinematika |
0 |
||||
6,7 | SUB-CPMK5: Mampu menerapkan teknik pemrograman mobile robot |
5.1 Ketepatan menggunakan pemrograman dengan mikrokontroller |
Kreteria: |
• Praktikum, Diskusi dlm kelompok; [P: (2x170”)] |
Teknik perancangan dan pemrograman mobile robot: 1. Sistem perancangan mekanik robot |
15 |
|||
SUB-CPMK5: Mampu menerapkan teknik pemrograman mobile robot |
5.1 Ketepatan menggunakan pemrograman dengan mikrokontroller |
Kreteria: |
• Praktikum, Diskusi dlm kelompok; [P: (2x170”)] |
Teknik perancangan dan pemrograman mobile robot: 1. Sistem perancangan mekanik robot |
0 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
0 |
|||||||
9,10 | SUB-CPMK7: Mampu mimilih dan menetapkan sampel project dg sistematis, bermutu, dan terukur |
6.1 Ketepatan menjelaskan perbedaan populasi dan sampel; |
Kreteria: |
Kuliah Luring: • Kuliah: [PB: 1x(1x50”)]
Kuliah daring; Studi kasus, diskusi asingkron eLearning: |
Pemilihan dan pencarian studi kasus terminologi yang sering digunakan, alasan pemilihan sampel, karakteristik sampel, metode penentuan sampel, desain sampel. |
15 |
|||
SUB-CPMK7: Mampu mimilih dan menetapkan sampel project dg sistematis, bermutu, dan terukur |
6.1 Ketepatan menjelaskan perbedaan populasi dan sampel; |
Kreteria: |
Kuliah Luring: • Kuliah: [PB: 1x(1x50”)]
Kuliah daring; Studi kasus, diskusi asingkron eLearning: |
Pemilihan dan pencarian studi kasus terminologi yang sering digunakan, alasan pemilihan sampel, karakteristik sampel, metode penentuan sampel, desain sampel. |
0 |
||||
11 | SUB-CPMK8: Mampu membuat project dan makalah |
7.1 Ketepatan is konten sistematika proposal; |
Kreteria: |
On-Classroom (Luring): |
Rancangan eksperimental sederhana anatomi proposal rancangan project dan format penyusunannya |
35 |
|||
12,13 | SUB-CPMK8: Mampu membuat project dan makalah |
7.1 Ketepatan is konten sistematika proposal; |
Kreteria: |
On-Classroom (Luring): Menyusun draf proposal penelitian, rujukan dg membuat ringkasan menggunakan:
Presentasi & diskusi tentang Rumusan Masalah & Kerangka Proposal Project |
Rancangan eksperimental sederhana anatomi proposal rancangan project dan format penyusunannya |
0 |
|||
SUB-CPMK8: Mampu membuat project dan makalah |
7.1 Ketepatan is konten sistematika proposal; |
Kreteria: |
On-Classroom (Luring): Menyusun draf proposal penelitian, rujukan dg membuat ringkasan menggunakan:
Presentasi & diskusi tentang Rumusan Masalah & Kerangka Proposal Project |
Rancangan eksperimental sederhana anatomi proposal rancangan project dan format penyusunannya |
0 |
||||
14,15 | SUB-CPMK8: Mampu membuat project dan makalah |
7.1 Ketepatan is konten sistematika proposal; |
Kreteria: |
On-Classroom (Luring):
|
Rancangan eksperimental sederhana anatomi proposal rancangan project dan format penyusunannya |
0 |
|||
SUB-CPMK8: Mampu membuat project dan makalah |
7.1 Ketepatan is konten sistematika proposal; |
Kreteria: |
On-Classroom (Luring):
|
Rancangan eksperimental sederhana anatomi proposal rancangan project dan format penyusunannya |
0 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
0 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Qory Hidayati lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|