.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ali.arifin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:43 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Struktur Beton I |
TS230822 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
03-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ir.. Ali Arifin Soeparlan MT |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 2018.90.001 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (P-4) Menguasai referensi teknis (codes) dan standar konstruksi yang berlaku di wilayah kerjanya |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-3) Mampu membuat rancangan teknis2 (engineering design) bangunan sipil dengan skala terbatas, yang memenuhi standar konstruksi (KK-4) Mampu menggambar teknik bangunan sipil untuk mendukung proses perencanaan, perancangan dan pelaksanaan konstruksi sesuai dengan spesifikasi teknis secara manual dan/atau menggunakan perangkat lunak |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK: Mampu mendesain (menghitung dan menggambar) elemen struktur lentur balok dan pelat beton bertulang sesuai SNI 2847: 2019 Persyaratan Beton Struktur untuk Bangunan Gedung dan SNI 1727-2019 Beban Minimum Perancangan Gedung dan Struktur Lainnya |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1: Mampu menjelaskan karakteristik dan perilaku bahan pembentuk beton bertulang (beton dan baja) serta prinsip-prinsip dasar beton bertulang.[S-8, P-1] Sub CPMK 2: Mampu menerapkan konsep perencanaan dan prosedurnya sesuai SNI 2847:2013 Persyaratan Beton Struktural untuk Gedung dan SNI 1727:2013 Beban Minimum Perancangan Gedung dan Struktur Lainnya untuk analisis dan perancangan struktur beton bertulang.[S8, P-1, P-4, KU-2, KK-3] Sub CPMK 3: Mampu menganalisis dan mendesain lentur balok penampang persegi dan penampang T & L bertulangan tunggal maupun bertulangan rangkap. [S8, P-1, P-4, KU-2, KK-3] Sub CPMK 4: Mampu menganalisis dan mendesain lentur pelat satu arah dan pelat dua arah. [S8, P-1, P-4, KU-2, KK-3] Sub CPMK 5: Mampu menjelaskan gambar dan mampu menggambar struktur beton bertulang dan detail penulangannya (lentur). [S-8, KU-2, KK-4]] Sub CPMK 6: Mampu menganalisis dan mendesain kemampuan layan balok dan pelat satu arah. [S-8, P-1, P-4, KU-2, KK-3] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini membahas teori dan contoh soal (latihan) tentang karakteristik bahan beton dan baja tulangan serta prinsip dasar struktur beton bertulang, konsep perencanaan (desain) metode Desain Beban dan Tahanan Terfaktor (Load Resistance Factor Design = LRFD) dan memberi bekal pengetahuan dan kemampuan dasar untuk menganalisis dan mendesain penampang elemen struktur lentur (balok dan pelat) beton bertulang sesuai peraturan SNI 2847-2013 dan SNI 1727-2013. Strategi penyampaiannya adalah dengan Model Blended Learning (Sinkronous langsung-dan sinkronous maya berupa ceramah dan diskusi yang berbasis Nine Instructional Event*, Asinkronous Mandiri berupa baca modul (atau referensi lainnya) dan tugas mandiri , serta Asinkronous Kolaboratif berupa tugas kelompok). Evaluasi dilakukan dengan pemberian tugas, tes lisan dan tes tertulis yang menekankan kepada tes uraian (terbatas maupun bebas) pada jenjang belajar C2-C5 (aspek kognitif), aspek psikomotorik (P2-P5) melalui tugas menyusun laporan perencanaan dan presentasi serta aspek afektif (A2-A5) ditekankan pada kehadiran dan partisipasi dalam seluruh kegiatan belajar serta nilai-nilai tanggungjawab, mandiri, pencapaian kinerja yang maksimal serta kerjasama (team work) melalui pemberian tugas kelompok. *Nine Instructional Event (Karakteristik proses pembelajaran) :
1. interaktif,
2. holistik,
3. integratif,
4. saintifik,
5. kontekstual 6. tematik,
7. efektif,
8. kolaboratif, dan
9. berpusat pada mahasiswa. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Sub CPMK 1: ● karakteristik dan perilaku beton ● Sifat-sifat baja ● Prinsip dasar beton bertulang- sistem struktur beton bertulang. |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Nawy,E. G., (Bambang Suryoatmono- Penterjemah), BETON BERTULANG: Suatu Pendekatan Dasar, PT Refika
Aditama, Bandung, 1998
2. Nawy,E. G.; Tavio; dan Kusuma,B, BETON BERTULANG: Sebuah Pendekatan Mendasar- Jilid 1, ITS Press,
Surabaya, 2010 3. Purwono, R., Tavio, Imran, I. Raka, IGP (Tim Penyusun Penjelasan). Standar Nasional Indonesia, SNI 03-2847-
2002, Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung (SNI 03-2847-2002) Dilengkapi
Penjelasan (S-2002), ITS Press, Surabaya, 2007
4. Badan Standarisasi Nasional, BSN, Persyaratan Beton Struktural untuk Bangunan Gedung (SNI 2847:2013),
BSN, Jakarta, 2013
5. Badan Standarisasi Nasional, BSN, Beban Minimum Perancangan Gedung dan Struktur Lainnya (SNI 1727-
2013), Jakarta 2013 6. Badan Standarisasi Nasional, BSN, Baja Tulangan Beton (SNI 07-2052-2002), BSN, Jakarta, 2002
7. Soeparlan, Ali Arifin, Struktur Beton 1- Materi kuliah (modul), BLP2 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Ruang kelas, Laptop, LCD, Pointer, Papan Tulis, Spidol, Penghapus, Zoom/ Gmeet (atau sejenisnya) |
|||||||
Dosen Pengampu |
Ali Arifin Soeparlan, |
Mata Kuliah |
Struktur Beton I |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS230822 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1: Mampu menjelaskan karakteristik dan perilaku bahan pembentuk beton bertulang (beton dan baja) serta prinsip-prinsip dasar beton bertulang.[S-8, P-1] |
● Mampu menjelaskan karakteristik dan perilaku beton ● Mampu menjelaskan karakteristik dan perilaku baja ● Mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar beton bertulang (perilaku komposit beton & baja) |
- Ketepatan didalam menjawab soal - Sistematis - Menggunakan bahasa yang baik dan benar. - Jujur - Rapi Kuis: Tes tertulis- uraian terbatas & pilihan ganda |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
● Sifat-sifat karakteristik dan perilaku beton ● Sifat-sifat karakteristik dan perilaku baja ● Prinsip dasar beton bertulang & sistem struktur beton bertulang. Ref: 1,2, 6 & 7 |
2 |
|||
2 | Sub CPMK 2: Mampu menerapkan konsep perencanaan dan prosedurnya sesuai SNI 2847:2013 Persyaratan Beton Struktural untuk Gedung dan SNI 1727:2013 Beban Minimum Perancangan Gedung dan Struktur Lainnya untuk analisis dan perancangan struktur beton bertulang.[S8, P-1, P-4, KU-2, KK-3] |
● Mampu menjelaskan konsep perencanaan ● Mampu menjelaskan persyaratan beton struktural untuk gedung (SNI 2847:2013) ● Mampu menjelaskan persyaratan pembebanan untuk struktur gedung (SNI 1727:2013) dan mampu menghitung beban |
- Ketepatan dan kewajaran di dalam mendesain bangunan (garasi rumah tinggal) - Kelengkapan gambar - Kerjasama - Rapi - Keterlibatan pada kelompok (pada tugas kelompok) - Kemampuan berkomunikasi (presentasi)
Non-Tes: Penugasan merencana bangunan garasi rumah tinggal. Presentasi. Secara kelompok (@maks 5 orang) |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60')
|
● Konsep perencanaan ● Persyaratan beton struktural untuk gedung - SNI 2847-2013 ● Persyaratan pembebanan untuk struktur gedung (SNI 1727-2013). Beban layan dan beban terfaktor ● Analisis dan perencanaan elemen struktur beton bertulang. (kuat perlu, kuat nominal-kapasitas dan kuat rencana) Ref: 1, 2, 4, 5 & 7 |
3 |
|||
3,4,5,6,7 | Sub CPMK 3: Mampu menganalisis dan mendesain lentur balok penampang persegi dan penampang T & L bertulangan tunggal maupun bertulangan rangkap. [S8, P-1, P-4, KU-2, KK-3] |
● Mampu menjelaskan teori dasar lentur pada penampang ● Mampu menjelaskan asumsi dasar teori lentur pada penampang balok bertulang ● Mampu menghitung kekuatan lentur batas (kuat nominal -kapasitas dan kuat rencana) penampang balok beton bertulang dan mode keruntuhannya
|
- Ketepatan di dalam menjawab soal (dalam tes) - Ketepatan dalam perhitungan dan kesesuaian dengan SNI di dalam mendesain. - Kelengkapan perhitungan dan gambar - Kerjasama - Sistematis - Menggunakan bahasa yang baik dan benar. - Jujur - Rapi - Keterlibatan pada kelompok (pada tugas kelompok) - Kemampuan berkomunikasi (presentasi)
Tes Tertulis, uraian terbatas. Non-Tes: Penugasan merencana elemen struktur balok beton bertulang bangunan garasi yang telah dibuat sebelumnya. Presentasi. Per-Kelompok. |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul. (1x60') ▪ Sinkronous langsung: ceramah dan diskusi. (2x50') ▪ Asinkronous kolaboratif: Tugas kelompok. (1x60') |
● Teori dasar lentur pada penampang ● Asumsi dasar teori lentur pada penampang balok bertulang ● Kekuatan lentur batas (kuat nominal -kapasitas dan kuat rencana), kuat perlu dan mode keruntuhan penampang balok beton bertulang.
Ref: 1, 2, 3, 4, 5 & 7 |
3 |
|||
● Mampu menganalisis dan mendesain lentur pada balok persegi tulangan tunggal |
idem
|
▪ Asinkronous mandiri: baca modul. (1x60') ▪ Sinkronous langsung: ceramah dan diskusi. (2x50') ▪ Asinkronous kolaboratif: Tugas kelompok. (1x60') |
● Analisis (beban, kekuatan dan mode keruntuhan) dan desain lentur pada balok persegi tulangan tunggal. Ref: 1, 2, 4, 5 & 7 |
3 |
|||||
● Mampu menganalisis dan mendesain lentur pada balok T & L tulangan tunggal |
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
● Analisis (beban, kekuatan dan mode keruntuhan) dan desain lentur pada balok T & L tulangan tunggal.
Ref: 1, 2, 4, 5 & 7 |
3 |
|||||
● Mampu menerapkan teori, konsep dan prosedur analisis serta desain lentur pada balok penampang persegi dan penampang T & L bertulangan tunggal maupun bertulangan rangkap. |
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
● Teori, konsep dan prosedur analisis serta desain lentur pada balok penampang persegi dan penampang T & L bertulangan tunggal maupun bertulangan rangkap. Ref: 1, 2, 4, 5 & 7 |
3 |
|||||
• Mampu menganalisis dan mendesain lentur pada balok persegi tulangan rangkap |
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
● Analisis (beban, kekuatan dan mode keruntuhan) dan desain lentur pada balok persegi tulangan rangkap Ref: 1, 2, 4, 5 & 7 |
4 |
|||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 |
● Mampu menganalisis d a n mendesain lentur pada balok T & L tulangan rangkap |
idem pertemuan 3,4,5,6,7 |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
● Analisis (beban, kekuatan dan mode keruntuhan) d a n desain lentur pada balok T & L tulangan rangkap. Ref: 1, 2, 4, 5 & 7 |
4 |
||||
10,11,12 | Sub CPMK 4: Mampu menganalisis dan mendesain lentur pelat satu arah dan pelat dua arah. [S8, P-1, P-4, KU-2, KK-3] |
● Menjelaskan Konsep dan prosedur analisis lentur pada penampang pelat beton bertulang
|
- Ketepatan di dalam menjawab soal (dalam tes) - Ketepatan dalam perhitungan dan kesesuaian dengan SNI di dalam mendesain. - Kelengkapan perhitungan dan gambar - Kerjasama - Sistematis - Menggunakan bahasa yang baik dan benar. - Jujur - Rapi - Keterlibatan pada kelompok (pada tugas kelompok) - Kemampuan berkomunikasi (presentasi)
Tes Tertulis, uraian terbatas. Non-Tes: Penugasan merencana elemen struktur pelat beton bertulang bangunan garasi yang telah dibuat sebelumnya. Presentasi. Per-Kelompok. |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
● Konsep dan prosedur analisis lentur pada penampang pelat beton bertulang Ref: 1, 2, 4, 5 & 7 |
3 |
|||
● Menganalisis dan mendesain lentur pelat satu arah |
Idem
|
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
● Analisis (beban, kekuatan dan mode keruntuhan) dan desain lentur pada pelat satu arah
Ref: 1, 2, 4, 5 & 7 |
3 |
|||||
● Menganalisis dan mendesain lentur pada pelat dua arah |
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
● Analisis (beban, kekuatan dan mode keruntuhan) dan desain lentur pada pelat dua arah Ref: 1, 2, 4, 5 & 7 |
4 |
|||||
13 | Sub CPMK 5: Mampu menjelaskan gambar dan mampu menggambar struktur beton bertulang dan detail penulangannya (lentur). [S-8, KU-2, KK-4]] |
● Mampu menjelaskan persyaratan dan detail penulangan lentur pada balok dan pelat. (C2) ● Mampu menggambar penulangan lentur balok dan pelat. (C3) |
- Ketepatan dan kesesuaian dengan SNI. - Kelengkapan gambar - Kerjasama - Sistematis - Menggunakan bahasa yang baik dan benar. - Jujur - Rapi - Keterlibatan pada kelompok (pada tugas kelompok) - Kemampuan berkomunikasi (presentasi)
Tes Tertulis, uraian terbatas. Non-Tes: Penugasan menggambar elemen struktur pelat & balok beton bertulang bangunan garasi yang telah dibuat sebelumnya. Presentasi. Per-Kelompok. |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul. (1x60') ▪ Sinkronous langsung:ceramah dan diskusi, latihan menggambar. (2x50') ▪ Asinkronous mandiri:Tugas. (1x60') |
● Persyaratan dan detail penulangan lentur pada balok dan pelat ● Tata cara menggambar penulangan lentur balok dan pelat. Ref: 4, & 7 |
4 |
|||
● Menghitung lendutan jangka panjang ● Menentukan lendutan ijin untuk balok dan slab satu arah ● Menghitung & mengontrol lendutan balok dan slab satu arah terhadap lendutan ijinnya. |
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul. (1x60') ▪ Sinkronous langsung/ maya: ceramah dan diskusi. (2x50') ▪ Asinkronous mandiri: Tugas (1x60') |
● Lendutan jangka Panjang ●Lendutan ijin untuk balok dan slab satu arah ● Perhitungan dan kontrol lendutan balok dan slab satu arah terhadap lendutan ijinnya.
Ref: 1, 2, 4 & 7 |
3 |
|||||
14,15 | Sub CPMK 6: Mampu menganalisis dan mendesain kemampuan layan balok dan pelat satu arah. [S-8, P-1, P-4, KU-2, KK-3] |
● Menjelaskan parameter yang menentukan kemampuan layan elemen struktur ● Menjelaskan tujuan dilakukannya pemeriksaan lendutan (defleksi) ● Menganalisis perilaku lendutan balok & pelat satu arah |
- Ketepatan di dalam menjawab soal (dalam tes) - Ketepatan dalam perhitungan dan kesesuaian dengan SNI di dalam mendesain. - Kelengkapan perhitungan dan gambar - Kerjasama - Sistematis - Menggunakan bahasa yang baik dan benar. - Jujur - Rapi - Keterlibatan pada kelompok (pada tugas kelompok) - Kemampuan berkomunikasi (presentasi)
Tes Tertulis, uraian terbatas. Non-Tes: Penugasan merencana elemen struktur pelat beton bertulang bangunan garasi yang telah dibuat sebelumnya. Presentasi. Per-Kelompok. |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul. (1x60') ▪ Sinkronous langsung:ceramah dan diskusi, latihan menggambar. (2x50') ▪ Asinkronous mandiri:Tugas. (1x60') |
● Parameter yang menentukan kemampuan layan elemen struktur ● Tujuan dilakukannya pemeriksaan lendutan (defleksi) ● Analisis perilaku lendutan balok & pelat satu arah Ref: 1, 2, 4 & 7 |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ali Arifin Soeparlan lahir di Surabaya pada tanggal 29-10-1958 Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|