.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ali.arifin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:19 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Konstruksi Baja 1 |
JJ230322 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
02-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ir.. Ali Arifin Soeparlan MT |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 2018.90.001 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan kerja perancangan, pelaksanaan dan pengawasan banguna jalan dan jembatan skala menengah1 (P-2) Menguasai prinsip dan teknik perancangan rekayasa meliputi ilmu bahan, mekanika (mekanika teknik, mekanika tanah, mekanika fluida), sistem transportasi darat, hidrologi, rekayas geoteknik, rekayasa jalan, rekayasa struktur jembatan, rekayasa konstruksi, dan rekayas lingkungan jalan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan, pelaksanaan dan pengawasan bangunan jalan da jembatan skala menengah 1 (KK-2) Mampu merumuskan esensi perancangan bangunan jalan dan jembatan sesuai dengan Standar Indonesia dan/atau Standar Internasional 2 |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu menjelaskan perilaku bahan baja dan baja sebagai bahan bangunan, mampu menjelaskan prosedur pembebanan dan metode perencanaan struktur baja, mampu menganalisis dan merancang elemen tarik, elemen tekan, elemen lentur, sambungan baut dan sambungan las sesuai metode Perancangan Beban dan Kuat Terfaktor (PBKT). |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1: Mampu menjelaskan sejarah dan proses pembuatan baja serta sifat-sifat dari bahan baja sebagai bahan bangunan. [S-8, P-1, p-2, KU-1, KU-2] Sub CPMK 2: Mampu menjelaskan dan menerapkan konsep perancangan elemen struktur baja metode PBKT (Perancangan Beban dan Kuat Terfaktor) (LRFD: Load Resistance Factor Design). [S-8, P-1, p-2, KU-1, KU-2] Sub CPMK 3: Mampu menganalisis dan mendesain batang (elemen) tarik pada struktur baja dengan metode PBKT (LRFD). [S-8, P-1, p-2, KU-1, KU-2, KK-1, KK-2] Sub CPMK 4: Mampu menganalisis dan mendesain batang (elemen) tekan pada struktur baja dengan metode PBKT (LRFD). [S-8, P-1, p-2, KU-1, KU-2, KK-1, KK-2] Sub CPMK 5: Mampu menganalisis batang (elemen) lentur pada struktur baja dan perancangan dengan metode PBKT (LRFD).[S-8, P-1, p-2, KU-1, KU-2, KK-1, KK-2] Sub CPMK 6: Mampu menganalisis sambungan baut pada elemen struktur baja dan perancangannya dengan metode PBKT (LRFD). [S-8, P-1, p-2, KU-1, KU-2, KK-1, KK-2] Sub CPMK 7: Mampu menganalisis sambungan las pada elemen struktur baja dan perancangannya dengan metode PBKT (LRFD). [S-8, P-1, p-2, KU-1, KU-2, KK-1, KK-2] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
M Mata kuliah ini, materinya berisi teori dan perhitungan untuk analisis dan desain (perancangan) yang mengacu pada metode Load and Resistance Factor Design- LRFD (Perancangan Beban dan Tahanan Terfaktor- PBKT) yang bersesuaian dengan RSNI T-03-2005 Perencanaan struktur baja untuk jembatan dan SNI 1725-2016 Pembebanan untuk Jembatan. Bahasannya meliputi Sifat-sifat Baja sebagai Bahan Bangunan, Elemen Tarik, Elemen Tekan, Elemen Lentur, Sambungan Baut dan Sambungan Las. Strategi penyampaian adalah Model Blended Learning (Sinkronous langsung dan sinkronous maya: ceramah dan diskusi (berbasis Nine Instructional Event*), Asinkronous Mandiri: baca modul (atau pustaka lainnya) dan tugas mandiri serta Asinkronous Kolaboratif: tugas kelompok Evaluasi dilakukan dengan pemberian tugas, tes lisan dan tes tertulis yang menekankan kepada tes uraian (terbatas maupun bebas) pada jenjang belajar C2-C5 (aspek kognitif), aspek psikomotorik (P2-P5) melalui tugas menyusun laporan perencanaan dan presentasi serta aspek afektif (A2-A5) ditekankan pada kehadiran dan partisipasi dalam seluruh kegiatan belajar serta nilai-nilai tanggungjawab, mandiri, pencapaian kinerja yang maksimal serta kejasama melalui pemberian tugas kelompok. *Nine Instructional Event (Karakteristik proses pembelajaran) : 1. interaktif, 2. holistik, 3. integratif, 4. saintifik, 5. kontekstual 6. tematik, 7. efektif, 8. kolaboratif, dan 9. berpusat pada mahasiswa. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Sub CPMK 1: 1. Sejarah Penggunaan Besi dan Baja Proses Pembuatan Baja. 2.Kelebihan dan Kekurangan Baja Sebagai Bahan Bangunan. 3. Tipe-Tipe Batang Struktur Baja. 4. Bahan Baja dan Sifat-Sifatnya. 5. Kategori Struktur Baja. |
|||||||
Pustaka |
1. Soeparlan, Ali Arifin, "Konstruksi Baja 1", Penerbit POLTEKBA, Balikpapan 2021 2. Setiawan, Agus ,”Perencanaan Struktur Baja Dengan Metode LRFD (Berdasarkan SNI 031729-2002)”, Penerbit AIRLANGGA, Jakarta, 2008. 3. Salmon, Charles G. and Johnson, John E. "Struktur Baja- Desain dan Perilaku- dengan Penekanan pada Load and Resistance Factor Design, Edisi ketiga" Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1992. 4. Badan Standarisasi Nasional, Standar Nasional Indonesia RSNI T-03-2005, Perencanaan Struktur Baja untuk Jembatan. 5. Badan Standarisasi Nasional, Standar Nasional Indonesia SNI 1725-2016, Pembebanan untuk Jembatan. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Ruang kelas, Laptop, LCD, Pointer, Papan Tulis, Spidol, Penghapus, Zoom/ Gmeet (atau sejenisnya)- jika online. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Ali Arifin Soeparlan, |
Mata Kuliah |
Konstruksi Baja 1 |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ230322 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1: Mampu menjelaskan sejarah dan proses pembuatan baja serta sifat-sifat dari bahan baja sebagai bahan bangunan |
Mampu menjelaskan sejarah dan proses pembuatan baja serta sifat-sifat bahan baja sebagai struktur bangunan.(C2) |
- Ketepatan didalam menjawab soal - Sistematis - Menggunakan bahasa yang baik dan benar. - Jujur - Rapi Kuis: Tes tertulis- uraian terbatas & pilihan ganda |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
A. Sejarah Penggunaan Besi dan Baja B. Proses Pembuatan Baja C. Kelebihan dan Kekurangan Baja Sebagai Bahan Bangunan D. Tipe-Tipe Batang Struktur Baja E. Bahan Baja dan Sifat-Sifatnya F. Kategori Struktur Baja Ref: [1], [2], [3], |
5 |
|||
2 | Sub CPMK 2: Mampu menjelaskan dan menerapkan konsep perancangan elemen struktur baja metode PBKT (Perancangan Beban dan Kuat Terfaktor) (LRFD: Load Resistance Factor Design) |
Menerapkan konsep perancangan elemen struktur baja metode PBKT (Perancangan Beban dan Kuat Terfaktor) (LRFD: Load Resistance Factor Design). [C3} |
- Ketepatan didalam menjawab soal - Sistematis - Menggunakan bahasa yang baik dan benar. - Jujur - Rapi Kuis-Tes Tertulis: uraian terbatas.
|
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
A. Prinsip-Prinsip dan Konsep Desain B. Metode Desain Tegangan Ijin (Allowable Stress Design) VS Metode Desain Keadaan Batas (Limit State Design) C. Metode Perencanaan Berdasarkan Beban dan Kekuatan-PBKT (Load & Resistance Factor Design-LRFD) D. Pembebanan: Faktor Beban dan Kombinasi Pembebanan Ref: [1], [2], [3], [4] & [5] |
5 |
|||
3,4 | Sub CPMK 3: Mampu menganalisis dan mendesain batang (elemen) tarik pada struktur baja dengan metode PBKT (LRFD) |
Menganalisis dan mendesain batang (elemen) tarik pada struktur baja dengan metode PBKT (LRFD) |
- Ketepatan di dalam menjawab soal (dalam tes) - Ketepatan dalam perhitungan dan kesesuaian dengan SNI di dalam mendesain. - Kelengkapan perhitungan dan gambar - Kerjasama - Sistematis - Menggunakan bahasa yang baik dan benar. - Jujur - Rapi - Keterlibatan pada kelompok (pada tugas kelompok) - Kemampuan berkomunikasi (presentasi)
Tes Tertulis, uraian terbatas. Non-Tes: Penugasan merencana elemen struktur balok beton bertulang bangunan garasi yang telah dibuat sebelumnya. Presentasi. Per-Kelompok. |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
A. Penggunaan Batang Tarik B. Kuat Nominal Batang Tarik C. Luas Penampang Netto dan Luas Penampang Netto Efektif Ref: [1], [2], [3], [4] & [5] |
8 |
|||
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
D. Perancangan Batang Tarik Berdasarkan Beban dan Kekuatan Terfaktor (PBKT) Sesuai RSNI T-03-2005 E. Pembatasan Kelangsingan pada Batang Tarik Ref: [1], [2], [3], [4] & [5] |
7 |
||||||
5, 6, 7, 9 | Sub CPMK 4: Mampu menganalisis dan mendesain batang (elemen) tekan pada struktur baja dengan metode PBKT (LRFD) |
Mampu menganalisis dan mendesain batang (elemen) tekan pada struktur baja dengan metode PBKT (LRFD) |
- Ketepatan di dalam menjawab soal (dalam tes) - Ketepatan dalam perhitungan dan kesesuaian dengan SNI di dalam mendesain. - Kelengkapan perhitungan dan gambar - Kerjasama - Sistematis - Menggunakan bahasa yang baik dan benar. - Jujur - Rapi - Keterlibatan pada kelompok (pada tugas kelompok) - Kemampuan berkomunikasi (presentasi)
Tes Tertulis, uraian terbatas. Non-Tes: Penugasan merencana elemen struktur balok beton bertulang bangunan garasi yang telah dibuat sebelumnya. Presentasi. Per-Kelompok. |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
A. Batang Tekan dan Penggunaannya B. Tekuk Elastik Euler Ref: [1], [2], [3], [4] & [5] |
8 |
|||
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
C. Kekuatan Kolom (Dasar) D. Tekuk Tak Elastik E. Tegangan Sisa (Residual Stress) Ref: [1], [2], [3], [4] & [5] |
7 |
||||||
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
F. Tumpuan dan Panjang Efektif Kolom (Panjang Tekuk) G. Tekuk Lokal Ref: [1], [2], [3], [4] & [5] |
8 |
||||||
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
H. Perancangan Batang Tekan Berdasarkan PBKT Ref: [1], [2], [3], [4] & [5] |
7 |
||||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
0 |
|||||||
10,11 | Sub CPMK 5: Mampu menganalisis batang (elemen) lentur pada struktur baja dan perancangan dengan metode PBKT (LRFD) |
Mampu menganalisis dan mendesain batang (elemen) lentur pada struktur baja dengan metode PBKT (LRFD) |
- Ketepatan di dalam menjawab soal (dalam tes) - Ketepatan dalam perhitungan dan kesesuaian dengan SNI di dalam mendesain. - Kelengkapan perhitungan dan gambar - Kerjasama - Sistematis - Menggunakan bahasa yang baik dan benar. - Jujur - Rapi - Keterlibatan pada kelompok (pada tugas kelompok) - Kemampuan berkomunikasi (presentasi)
Tes Tertulis, uraian terbatas. Non-Tes: Penugasan merencana elemen struktur balok beton bertulang bangunan garasi yang telah dibuat sebelumnya. Presentasi. Per-Kelompok. |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
A. Pendahuluan B. Lentur Sederhana Profil Simetri C. Perilaku Balok Terkekang Lateral D. Desain Balok Terkekang Lateral
Ref: [1], [2], [3], [4] & [5] |
8 |
|||
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
E. Lendutan Balok F. Geser pada Penampang Gilas G. Beban Terpusat pada Balok H. Teori Umum Lentur Ref: [1], [2], [3], [4] & [5] |
7 |
||||||
12, 13 | Sub CPMK 6: Mampu menganalisis sambungan baut pada elemen struktur baja dan perancangannya dengan metode PBKT (LRFD) |
Mampu menganalisis dan mendesain sambungan baut pada elemen struktur baja dengan metode PBKT (LRFD) |
- Ketepatan di dalam menjawab soal (dalam tes) - Ketepatan dalam perhitungan dan kesesuaian dengan SNI di dalam mendesain. - Kelengkapan perhitungan dan gambar - Kerjasama - Sistematis - Menggunakan bahasa yang baik dan benar. - Jujur - Rapi - Keterlibatan pada kelompok (pada tugas kelompok) - Kemampuan berkomunikasi (presentasi)
Tes Tertulis, uraian terbatas. Non-Tes: Penugasan merencana elemen struktur balok beton bertulang bangunan garasi yang telah dibuat sebelumnya. Presentasi. Per-Kelompok. |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
A. Macam Baut dan Macam Sistem Sambungan Baut B. Prosedur Pemasangan Baut C. Kapasitas (Kuat Nominal) Baut dan Keadaan Batas (Ultimate) Baut D. Sambungan dengan Beban Eksentris Sebidang dan Tidak Sebidang Ref: [1], [2], [3], [4] & [5] |
8 |
|||
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
E. Beban Geser Eksentrik F. Kombinasi Gaya Geser dan Tarik G. Sambungan yang Mengalami Beban Tarik Aksial H. Sambungan yang Mengalami Geser dan Tarik akibat Beban Eksentris Ref: [1], [2], [3], [4] & [5] |
7 |
||||||
14, 15 | Sub CPMK 7: Mampu menganalisis sambungan las pada elemen struktur baja dan perancangannya dengan metode PBKT (LRFD) |
Mampu menganalisis dan mendesain sambungan las pada elemen struktur baja dengan metode PBKT (LRFD)- lanjutan |
- Ketepatan di dalam menjawab soal (dalam tes) - Ketepatan dalam perhitungan dan kesesuaian dengan SNI di dalam mendesain. - Kelengkapan perhitungan dan gambar - Kerjasama - Sistematis - Menggunakan bahasa yang baik dan benar. - Jujur - Rapi - Keterlibatan pada kelompok (pada tugas kelompok) - Kemampuan berkomunikasi (presentasi)
Tes Tertulis, uraian terbatas. Non-Tes: Penugasan merencana elemen struktur balok beton bertulang bangunan garasi yang telah dibuat sebelumnya. Presentasi. Per-Kelompok. |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
A. Jenis Sambungan Las, Jenis Las dan Penggunaannya B. Notasi Las C. Ukuran Las Tumpul D. Kapasitas Las Tumpul Ref: [1], [2], [3], [4] & [5] |
8 |
|||
a |
Idem |
▪ Asinkronous mandiri: baca modul (1x60') ▪ Sinkronous maya: ceramah dan diskusi (2x 50’) ▪ Asinkronous kolaboratif: tugas kelompok (1x60') |
E. Ukuran Las Sudut F. Kapsitas Las Sudut G. Kapsitas Las Pengisi/ Baji (Plug/Slot Weld) Ref: [1], [2], [3], [4] & [5] |
7 |
|||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
0 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ali Arifin Soeparlan lahir di Surabaya pada tanggal 29-10-1958 Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|