.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:qory.hidayati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:26 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Sensor dan Transduser |
TE210419 |
1 |
2 |
1 |
56 |
3 |
26-08-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Qory Hidayati S.T., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198611142019032014 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukan sikap religius (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan sistema kendali |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-4) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan system kendali berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisis, menginterpretasi dan menerapkan sesuai peruntukan (KK-5) Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali (KK-7) Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sIstem kendali menggunakan prosedur dan standar International Electrotechnical Commission (IEC), pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (CPL12)(CPL14) CPMK 2: Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur, memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri (CPL 20)(CPL 21) CPMK 3: Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan sistema kendali (CPL 22)(CPL 23) CPMK 4: Mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisis, menginterpretasi, dan menerapkan sesuai peruntukannya, menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi, dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali (CPL 30) (CPL 31) CPMK 5: Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji, dan memodifikasi rangkaian elektronika (CPL33) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
SUB-CPMK1: Mampu memahami Konsep sensor dan transduser SUB-CPMK2: Mampu menguasai cara kerja dan membuat rancangan aplikasi sensor suhu dan cahaya SUB-CPMK3: Mampu menguasai cara kerja dan membuat rancangan aplikasi sensor beban SUB-CPMK4: Mampu menguasai cara kerja sensor tekanan dan Kecepatan SUB-CPMK5: Mampu menguasai cara kerja sensor PIR SUB-CPMK6: Mampu menguasai cara kerja beberapa jenis transduser aktif dan pasif SUB-CPMK7: Mampu meodelkan sensor dengan mimilih dan menetapkan sampel project dg sistematis, bermutu, dan terukur SUB-CPMK8: Mampu membuat implementasi sensor untuk industri/masyarakat dan makalah dengan sistematis |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Sensor dan Transduser mempelajari konsep sensor dan tranduser, prinsip kerja berbagai jenis sensor dan tranduser, serta dapat mengaplikasikan sensor dan tranduser. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Definisi dan Terminologi Sensor dan Tranduser |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. G, John. Webster. 1999. The Measurement Instrumentation and Sensors Handbook. New Jersey: Prentice-Hll Inc 2. S, Jon. Wilson. 2005. Sensor Technology Handbook. New Jesrey : Prentice-Hall.Inc 3. Ian R. Sinclair. 20015. Sensor and Transducer. NewDehli :Planta Tree 4. Modul Praktikum 5. J. Fraden. 1995. AIP Handbook of Modern Sensors, physics, design and applications.AIP Press |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul, LCD, proyektor, laptop, whiteboard, spidol warna (hitam, merah dan biru),dan alat tulis, internet. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Qory Hidayati, |
Mata Kuliah |
Sensor dan Transduser |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE210419 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | SUB-CPMK1: Mampu memahami Konsep sensor dan transduser |
1.1 Ketepatan menjelaskan definsi, sejarah, perkembangan sensor tranduser |
Kriteria: |
• Kuliah; [2 sks x 2,5 jam] • Tugas-1: Menyusun ringkasan dlm bentuk catatan tentang |
Pengantar Sensor Tranduser dengan dihubungkan kasus terkini pada industri: Pengetahuan, ilmu dan sains terapan: pengertian sensor trandusera, dasar, jenis bagian, tugas ilmu dan penerapan serta trend masa depan sensor |
7 |
|||
2 | SUB-CPMK2: Mampu menguasai cara kerja dan membuat rancangan aplikasi sensor suhu dan cahaya |
2.1 Ketepatan menjelaskan cara kerja sensor suhu dan cahaya |
Kreteria: |
• Kuliah; • Tugas-2: Jenis dan prinsip sensor suhu dan cahaya |
Sensor suhu dan cahaya pada industri: 1. Pengenalan cara kerja dan prinsip sensor suhu dan cahaya. |
7 |
|||
3 | SUB-CPMK3: Mampu menguasai cara kerja dan membuat rancangan aplikasi sensor beban |
3.1 Ketepatan menjelaskan cara kerja sensor beban |
Kreteria: |
• Kuliah; |
Sensor beban pada industri: 1. Pengenalan cara kerja dan prinsip sensor beban |
7 |
|||
4 | SUB-CPMK4: Mampu menguasai cara kerja sensor tekanan dan Kecepatan |
4.1 Ketepatan menjelaskan cara kerja sensor tekanan dan kecepatan 4.2 Ketepatan menjelaskan prinsip sensor tekanan dan kecepatan Ketepatan menjelaskan dan mengetahui penggunaan sensor tekanan dan kecepatan di industri 4.3 Ketepatan dalam menggunakan sensor tekanan dan kecepatan |
Kreteria: |
• Kuliah; • Tugas-4: cara kerja dan karakteristik sensor tekanan dan kecepatan |
Sensor tekanan dan kecepatan pada industri: 1. Pengenalan cara kerja dan prinsip sensor tekanan dan kecepatan |
7 |
|||
5 | SUB-CPMK5: Mampu menguasai cara kerja sensor PIR |
5.1 Ketepatan menjelaskan cara kerja PIR |
Kreteria: |
• Kuliah; |
Sensor PIR: 1. Dinamika sensor dan pemilihan sensor Pengenalan cara kerja dan prinsip sensor suhu dan cahaya. |
7 |
|||
6,7 | SUB-CPMK6: Mampu menguasai cara kerja beberapa jenis transduser aktif dan pasif |
6.1 Ketepatan membedakan sensor dan tranduser |
Kreteria: |
• Praktikum, Diskusi dlm kelompok; [P: (2x170”)] |
Tranduser aktif dan pasif: 1. Jenis tranduser aktif dan pasif |
15 |
|||
SUB-CPMK6: Mampu menguasai cara kerja beberapa jenis transduser aktif dan pasif |
6.1 Ketepatan membedakan sensor dan tranduser |
Kreteria: |
• Praktikum, Diskusi dlm kelompok; [P: (2x170”)] |
Tranduser aktif dan pasif: 1. Jenis tranduser aktif dan pasif |
0 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
0 |
|||||||
9,10 | SUB-CPMK7: Mampu meodelkan sensor dengan mimilih dan menetapkan sampel project dg sistematis, bermutu, dan terukur |
9.1 Ketepatan menjelaskan perbedaan populasi dan sampel; |
Kreteria: |
• Kuliah: [PB: 1x(1x50”)]
Kuliah daring; Studi kasus, diskusi asingkron eLearning: |
Pemilihan dan pencarian studi kasus: terminologi yang sering digunakan, alasan pemilihan sampel, karakteristik sampel, metode penentuan sampel, desain sampel. |
15 |
|||
SUB-CPMK7: Mampu meodelkan sensor dengan mimilih dan menetapkan sampel project dg sistematis, bermutu, dan terukur |
9.1 Ketepatan menjelaskan perbedaan populasi dan sampel; |
Kreteria: |
• Kuliah: [PB: 1x(1x50”)]
Kuliah daring; Studi kasus, diskusi asingkron eLearning: |
Pemilihan dan pencarian studi kasus: terminologi yang sering digunakan, alasan pemilihan sampel, karakteristik sampel, metode penentuan sampel, desain sampel. |
0 |
||||
11 | SUB-CPMK8: Mampu membuat implementasi sensor untuk industri/masyarakat dan makalah dengan sistematis |
11.1 Ketepatan is konten sistematika proposal; |
Kreteria: |
On-Classroom (Luring): |
Rancangan eksperimental sederhana: anatomi proposal rancangan project dan format penyusunannya |
35 |
|||
12,13 | SUB-CPMK8: Mampu membuat implementasi sensor untuk industri/masyarakat dan makalah dengan sistematis |
11.1 Ketepatan is konten sistematika proposal; |
Kreteria: |
Menyusun draf proposal penelitian, rujukan dg membuat ringkasan menggunakan:
Off-Classroom (Daring): Presentasi & diskusi tentang Rumusan Masalah & Kerangka Proposal Project |
Rancangan eksperimental sederhana: anatomi proposal rancangan project dan format penyusunannya |
0 |
|||
SUB-CPMK8: Mampu membuat implementasi sensor untuk industri/masyarakat dan makalah dengan sistematis |
11.1 Ketepatan is konten sistematika proposal; |
Kreteria: |
On-Classroom (Luring): Menyusun draf proposal penelitian, rujukan dg membuat ringkasan menggunakan:
Off-Classroom (Daring): Presentasi & diskusi tentang Rumusan Masalah & Kerangka Proposal Project |
Rancangan eksperimental sederhana: anatomi proposal rancangan project dan format penyusunannya |
0 |
||||
14,15 | SUB-CPMK8: Mampu membuat implementasi sensor untuk industri/masyarakat dan makalah dengan sistematis |
11.1 Ketepatan is konten sistematika proposal; |
Kreteria: |
On-Classroom (Luring):
Off-Classroom (Daring): |
Rancangan eksperimental sederhana: anatomi proposal rancangan project dan format penyusunannya |
0 |
|||
SUB-CPMK8: Mampu membuat implementasi sensor untuk industri/masyarakat dan makalah dengan sistematis |
11.1 Ketepatan is konten sistematika proposal; |
Kreteria: |
On-Classroom (Luring):
Off-Classroom (Daring): |
Rancangan eksperimental sederhana: anatomi proposal rancangan project dan format penyusunannya |
0 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
0 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Qory Hidayati lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|