.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:angga.wahyu@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:12 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Praktikum Teknik Tenaga Listrik |
TL-KU-5-47-5 |
0 |
2 |
2 |
84 |
5 |
23-10-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Angga Wahyu Aditya S.ST., M.T. |
Angga Wahyu Aditya S.ST., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199411012019031015 |
NIP/NIK. 199411012019031015 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-10) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-6) Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil danproses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. (KU-6) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menyelesaikan masalah instalasi listrik tegangan rendah serta operasi dan pemeliharaan sampai dengan tegangan menengah 20KV dengan menerapkan matematika terapan, kelistrikan dan kemagnetan, rekayasa jaringan tegangan rendah dan menengah (KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan pekerjaan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik, serta operasi dan pemeliharaan peralatan listrik menggunakan prosedur dengan acuan Standard SNI, IEC, dan standard lain yang terkait, dan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, dan lingkungan (KK-3) Mampu merancang instalasi listrik dalam bentuk gambar teknik secara manual dan/atau software aplikasi CAD (KK-4) Mampu melaksanakan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik sesuai dengan gambar rancangan (KK-5) Mampu mengoperasikan dan mengendalikan peralatan dan mesin listrik dengan menggunakan peralatan berbasis teknologi elektromagnetik dan VSD (Variable Speed Drive), kendali terprogram, SCADA, sistem terkomputerisasi dan teknologi IT. (KK-6) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran kelaikan instalasi berdasarkan prosedur dan standar (SNI, IEC, SPLN), dengan menyajikan hasil analisis berdasarkan metoda yang dipilih |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
mampu menjelaskan karakteristik komponen - komponen instalasi listrik mampu menjelaskan karakteristik, konstruksi dan prinsip transformator 1 fasa mampu menjelaskan karakteristik, konstruksi dan prinsip kerja transformator 3 fasa Mampu menghitung, menjelaskan, dan menganalisa beban simetri 3 fasa |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
mampu menjelaskan prinsip kerja dan karakteristik komponen MCB, TOLR dan ELCB Mampu mendemonstrasikan proses pengujian data sheet komponen MCB, TOLR dan ELCB mampu menjelaskan karakteristik, prinsip kerja, konstruksi transformator 1 fasa mampu mendesain kapasitas transformator sesuai dengan kebutuhan mampu menjelaskan karakteristik, prinsip kerja, konstruksi transformator 3 fasa mampu menghitung dan merencanakan beban simetri tiga fasa |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Praktikum Teknik Tenaga Listrik ini membahas tentang transformator 1 fasa dan 3 fasa yaitu pengujian tanpa beban, hubung singkat, dan berbeban, percobaan paralel, percobaan vektor jam dari hubungan kumparan primer sekunder, dan tentang Gawai Pengaman Arus Lebih (GPAL) dan Gawai Pengaman Arus Sisa (GPAS) yaitu pengujian karakteristik, serta tentang beban simetri yaitu pengukuran daya dan perbaikan faktor daya. Mata kuliah ini memberikan pembekalan keahlian / keterampilan (skill) kepada mahasiswa guna menunjang selama menempuh perkuliahan maupun nanti setelah lulus dan terjun di masyarakat. Proses perkuliahan tatap muka secara tutorial dilaksanakan dengan berbagai strategi pendekatan yang disesuaikan dengan konteks materi dan potensi mahasiswa, antara lain : kontekstual, kooperatif, dan problem based learning yang mengarah pada student center learning. Penilaian berkelanjutan dilakukan berbasis kompetensi dan diselaraskan dengan kegiatan perkuliahan | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Gawai Pengaman Arus Lebih (MCB dan TOLR) |
|||||||
Pustaka |
1. Zuhal, 1995, Teknik Tenaga Listrik, PT. Gramedia, Jakarta. 12. Siswoyo, 2008, Teknik Listrik Industri Jilid 1, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Jakarta. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Komputer |
|||||||
Dosen Pengampu |
Angga Wahyu Aditya, |
Mata Kuliah |
Praktikum Teknik Tenaga Listrik |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL-KU-5-47-5 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1,2,3 | mampu menjelaskan prinsip kerja dan karakteristik komponen MCB, TOLR dan ELCB |
mahasiswa mampu menjelaskan konstruksi, prinsip kerja, dan karakteristik MCB, TOLR dan ELCB mahasiswa mampu menentukan tipe MCB, TOLR dan ELCB mahasiswa mampu menghitung kebutuhan MCB, TOLR dan ELCB dalam suatu project |
Kriteria Bentuk Penilaian |
Metoda Pembelajaran Estimasi Waktu |
Materi ELCB MCB TOLR Pustaka 1 Pustaka 2 Pustaka 10 Pustaka 11 |
0 |
|||
mampu menjelaskan prinsip kerja dan karakteristik komponen MCB, TOLR dan ELCB |
mahasiswa mampu menentukan tipe MCB, TOLR dan ELCB mahasiswa mampu menghitung kebutuhan MCB, TOLR dan ELCB dalam suatu project |
Kriteria
Bentuk Penilaian Laporan
|
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu
|
MCB ELCB TOLR Pustaka 1 Pustaka 2 Pustaka 10 Pustaka 11 |
0 |
||||
Mampu mendemonstrasikan proses pengujian data sheet komponen MCB, TOLR dan ELCB |
mahasiswa mampu mendapatkan datasheet komponen MCB, TOLR dan ELCB |
Kriteria
Bentuk Penilaian
|
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu
|
Materi Pembelajaran Datasheet komponen Pustaka 1 Pustaka 2 Pustaka 10 Pustaka 11 |
3 |
||||
4,5,6,7 | mampu menjelaskan karakteristik, prinsip kerja, konstruksi transformator 1 fasa |
mahasiswa mampu |
Kriteria
Bentuk Penilaian
|
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu
|
Materi Pembelajaran Pustaka |
0 |
|||
mampu menjelaskan karakteristik, prinsip kerja, konstruksi transformator 1 fasa |
mahasiswa |
kriteria |
metoda pembelajaran estimasi waktu |
materi
pustaka 1
|
0 |
||||
mampu menjelaskan karakteristik, prinsip kerja, konstruksi transformator 1 fasa |
mahasiswa mampu |
kriteria bentuk penilaian |
metoda pembelajaran estimasi waktu |
materi pembelajaran
pustaka 2 |
0 |
||||
mampu mendesain kapasitas transformator sesuai dengan kebutuhan |
mahasiswa |
kriteria
bentuk penilaian
|
metoda pembelajaran
estimasi waktu
|
materi pembelajaran
pustaka
|
0 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
0 |
|||||||
9,10,11,12 | mampu menjelaskan karakteristik, prinsip kerja, konstruksi transformator 3 fasa |
mahasiswa mampu |
kriteria bentuk penilaian |
metoda pembelajaran estimasi waktu |
materi pembelajaran
pustaka
|
0 |
|||
mampu menjelaskan karakteristik, prinsip kerja, konstruksi transformator 3 fasa |
mahasiswa mampu |
kriteria bentuk penilaian |
metoda pembelajaran estimasi waktu |
materi pustaka
|
0 |
||||
mampu menjelaskan karakteristik, prinsip kerja, konstruksi transformator 3 fasa |
mahasiswa mampu |
kriteria bentuk penilaian |
metoda pembelajaran estimasi waktu |
materi pembelajaran
pustaka
|
0 |
||||
mampu menjelaskan karakteristik, prinsip kerja, konstruksi transformator 3 fasa |
mahasiswa mampu |
kriteria bentuk penilaian |
metoda pembelajaran estimasi waktu |
materi pembelajaran
pustaka
|
0 |
||||
13,14,15 | mampu menghitung dan merencanakan beban simetri tiga fasa |
mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan beban simetri tiga fasa |
kriteria bentuk penilaian |
metoda pembelajaran estimasi waktu |
materi
pustaka
|
0 |
|||
mampu menghitung dan merencanakan beban simetri tiga fasa |
mahasiswa mampu menghitung beban simetri tiga fasa |
kriteria bentuk penilaian |
metoda pembelajaran estimasi waktu |
materi pembelajaran
pustaka
|
0 |
||||
mampu menghitung dan merencanakan beban simetri tiga fasa |
mahasiswa mampu merencanakan beban simetri tiga fasa |
kriteria bentuk penilaian |
metoda pembelajaran estimasi waktu |
materi pembelajaran
pustaka
|
0 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
0 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Angga Wahyu Aditya lahir di Pacitan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|