.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:angga.wahyu@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:12 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Instalasi Listrik Tenaga |
TL-PP-1-8-3 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
06-02-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Angga Wahyu Aditya S.ST., M.T. |
Angga Wahyu Aditya S.ST., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199411012019031015 |
NIP/NIK. 199411012019031015 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-7) taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-7) Mampu mengikuti perkembangan teknik dan teknologi isu terkini yang terkait di bidang kelistrikan. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu memahami instalasi listrik tenaga Mahasiswa mampu memahami tentang metoda pengasutan motor Mahasiswa mampu memahami tentang pedoman penentuan rangkaian utama motor Mahasisawa mampu memahami penentuan arus hubung singkat Mahasiswa mampu memahami perbaikan faktor daya Mahasiswa mampu memahami tentang perhitungan dan pemilihan kapasitas catu daya Mahasiswa mampu memahami tentang pemasangan transformator daya |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Menyebutkan simbol-simbol, penandaan dan hubungan / konektor pada instalasi motor Menyebutkan jenis-jenis pengasutan motor Menyebutkan instalasi rangkaian motor Menyebutkan pengaman rangkaian motor Menyebutkan penghantar rangkaian motor Menyebutkan tinjauan umum, jenis - jenis gangguan, sumber dan karakteristik arus hubung singkat Menyebutkan penentuan kapasitas pemutusan (breaking capasity) peralatan proteksi Mendefinisikan tinjauan umum, dan manfaat perbaikan faktor daya Mendefinisikan perhitungan, pemilihan dan pendefinisian pemasangan kapasitor daya untuk perbaikan faktor daya Mendesinisikan kriteria dan formula perhitungan kapasitas catu daya Menyebutkan cara-cara pemasangan transformator outdoor dan peralatan pendukung Menyebutkan cara-cara pemasangan transformator indoor dan peralatan pendukung |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Instalasi Listrik Tenaga mempelajari mengenai instalasi motor, rangkaian pengaman motor, jenis - jenis gangguan, karakteristik arus hubung singkat, peralatan proteksi serta metode pemasangan transformator baik indoor maupun outdoor. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Jenis-jenis pengasutan motor |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. APEI, 2004. Materi Kursus Uji Keahlian Bidang Teknik Tenaga Listrik. Jakarta APEI, 2007. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop Proyektor Software Simulasi |
|||||||
Dosen Pengampu |
Angga Wahyu Aditya, |
Mata Kuliah |
Instalasi Listrik Tenaga |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL-PP-1-8-3 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Menyebutkan simbol-simbol, penandaan dan hubungan / konektor pada instalasi motor |
Pada akhir kuliah mahasiswa dapat : Menyebutkan garis-garis besar materi perkuliahan Menyebutkan simbol-simbol instalasi motor Menyebutkan penandaan dan hubungan / konektor motor |
Kriteria Ketepatan penguasaan materi Bentuk Penilaian UTS |
Metode Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi waktu 1 mg x 2 x 50' |
Garis-garis besar materi perkuliahan Simbol-simbol instalasi motor Penandaan dan hubungan / konektor motor Pustaka 1 Pustaka 2 Pustaka 3 |
0 |
|||
2,3 | Menyebutkan jenis-jenis pengasutan motor |
Pada akhir kuliah mahasiswa dapat :
|
Kriteria Ketepatan Penguasaan Materi Bentuk Penilaian Tugas & UTS |
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 2 mg x 2 x 50' |
Metoda pengasutan langsung pada jala-jala Metoda pengasutan bintang segitiga Metoda pengasutan auto transformer Metoda pengasutam lembut (soft start) Pustaka 3 Pustaka 4 Pustaka 5 Pustaka 6 |
10 |
|||
Menyebutkan jenis-jenis pengasutan motor |
Pada akhir kuliah mahasiswa dapat :
|
Kriteria Ketepatan penguasaan materi Bentuk Penilaian Tugas dan UTS |
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 2 mg x 2 x 50' |
Metoda pengasutan langsung pada jala-jala Metoda pengasutan bintang segitiga Metoda pengasutan auto transformer Metoda pengasutam lembut (soft start) Pustaka 3 Pustaka 4 Pustaka 5 Pustaka 6 |
10 |
||||
4,5,6,7 | Menyebutkan instalasi rangkaian motor |
Menyebutkan instalasi rangkaian motor |
Kriteria
Bentuk Penilaian
|
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 4 mg x 2 x 50' |
Instalasi rangkaian motor
Pustaka 5 Pustaka 6 Pustaka 7 Pustaka 8 |
0 |
|||
Menyebutkan pengaman rangkaian motor |
menyebutkan pengaman pada rangkaian motor |
Kriteria Ketepatan penguasaan materi Bentuk Penilaian UTS |
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 4 mg x 2 x 50' |
Materi Pembelajaran Pengaman pada rangkaian motor Pustaka 5 Pustaka 6 Pustaka 7 Pustaka 8 |
0 |
||||
Menyebutkan penghantar rangkaian motor |
Mampu menyebutkan penghantar pada rangkaian motor |
Kriteria Ketepatan Pengusaan Materi Bentuk Penilaian UTS |
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 4 mg x 2 x 50' |
Penghantar pada rangkaian motor Pustaka 6 Pustaka 7 Pustaka 8 |
0 |
||||
Menyebutkan instalasi rangkaian motor |
mampu membuat rangkaian pengujian komputer instalasi rangkaian motor |
Kriteria Ketepatan Penguasaan Materi Tugas dan UTS |
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi waktu 4 mg x 2 x 50' |
Pengujian komputer Pustaka 5,6,7,8 |
10 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9,10 | Menyebutkan tinjauan umum, jenis - jenis gangguan, sumber dan karakteristik arus hubung singkat |
Pada akhir kuliah mahasiswa dapat :
|
Kriteria Ketepatan pengusaan materi Bentuk Penilaian UAS |
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 2 mg x 2 x 50' |
Pustaka 6,7,8 |
0 |
|||
Menyebutkan penentuan kapasitas pemutusan (breaking capasity) peralatan proteksi |
Menyebutkan penentuan kapasitas pemutusan (breaking capasity) peralatan proteksi |
Kriteria Ketepatan pengusaan materi Bentuk Penilaian UAS |
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 2 mg x 2 x 50' |
Penentuan kapasitas pemutusan (breaking capasity) peralatan proteksi Pustaka 6,7,8 |
0 |
||||
11,12 | Mendefinisikan tinjauan umum, dan manfaat perbaikan faktor daya |
Mendefinisikan tinjauan umum Mendefinisikan manfaat perbaikan faktor daya |
Kriteria Ketepatan Penguasaan materi Bentuk Penilaian UAS |
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 2 mg x 2 x 50' |
Materi Pembelajaran
Pustaka 6,7,8 |
0 |
|||
Mendefinisikan perhitungan, pemilihan dan pendefinisian pemasangan kapasitor daya untuk perbaikan faktor daya |
Mendefinisikan perhitungan dan pemilihan kapasitor daya Mendefinisikan pemasangan kapasitor daya untuk perbaikan faktor daya |
Kriteria Ketepatan penguasaan materi Bentuk Penilaian UAS dan Tugas |
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 2 mg x 2 x 50' |
Pustaka 6,7,8 |
10 |
||||
13 | Mendesinisikan kriteria dan formula perhitungan kapasitas catu daya |
Pada akhir kuliah mahasiswa dapat :
|
Kriteria Ketepatan pengusaan materi Bentuk Penilaian UAS |
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 1 mg x 2 x 50' |
Pustaka 4,5 |
0 |
|||
14,15 | Menyebutkan cara-cara pemasangan transformator outdoor dan peralatan pendukung |
Menyebutkan cara-cara pemasangan transformator outdoor dan peralatan pendukung |
Kriteria Ketepatan Penguasaan Materi Bentuk Penilaian Tugas dan UAS |
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa 2 mg x 2 x 50' |
Pemasangan transformator outdoor dan peralatan pendukung Pustaka 7,8 |
5 |
|||
Menyebutkan cara-cara pemasangan transformator indoor dan peralatan pendukung |
Menyebutkan cara-cara pemasangan transformator indoor dan peralatan pendukung |
Kriteria Ketepatan Penguasaan Materi Bentuk Penilaian Tugas dan UAS |
Metoda Pembelajaran Berpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu 2 mg x 2 x 50' |
Pemasangan transformator indoor dan peralatan pendukung Pustaka 6,7,8 |
5 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Angga Wahyu Aditya lahir di Pacitan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|