.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:arwin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:19 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Rangkaian Pemindah Tenaga (Power Train) |
PAB2320 |
1 |
2 |
3 |
70 |
3 |
12-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Arwin S.Pd., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199001072022031005 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai konsep teroritis secara umum tentang tujuan dan metode perawatan, sumber daya, perangkat IT, dan teknologi modern yang sesuai untuk melaksanakan program perawatan alat berat (P-3) Mengusai konsep K3L |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) (KK-4) Mampu melakukan pengujian, penyetelan, dan menganalisa pada system-system alata berat berdasarkan service literature (KK-6) Mampu melakukan proses membongkar dan merakit komponen-komponen utama alat berat sesuai dengan service literature dan memperhatikan K3L |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK : Mampu memahami konsep dasar, melakukan perawatan, perbaikan serta troubleshooting pada rangkaian pemindah tenaga (Power Train) sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan(K3). |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan teori, prinsip dasar, fungsi, dan komponen-komponen utama rangkaian pemindah tenaga (Power Train). (C2, A1) Sub-CPMK 2 : Mampu menjelaskan tentang konsep dan prinsip dasar Penghubung antara Engine dengan transmisi (Clutch). (C2, A2) Sub-CPMK 3 : Mampu memahami prinsip kerja,komponen dan jenis-jenis transmisi (C2,A2) Sub-CPMK 4 : Mampu menjelaskan prinsip kerja, komponen dan jenis-jenis poros penghubung / propeller shaft dan Differensial/Final drive. (C2, A1 Sub-CPMK 5 : Mampu melakukan perawatan, perbaikan, dan troubleshooting pada clutch (friction clutch/torque converter) dan transmisi manual dan otomatis. (C4, P2, A2) Sub-CPMK 6 : Mampu melakukan perawatan, perbaikan, dan troubleshooting pada propeler shaft, steering clutch dan brake, differensial/final drive. (C4, P2, A2) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Rangkaian Pemindah Tenaga (Power Train) mempelajari tentang konsep dasar, perawatan, perbaikan dan troubleshooting rangkaian pemindah tenaga dari engine menuju roda-roda penggerak atau track, yang meliputi Friction Clutch, Fluid Clutch, Torque Converter, Variable Capacity Torque Converter, Torque Devider, Manual Transmission, Powershift Transmission, Automatic Transmission, Propeller shaft, Differential, Tandem Differential, Differential Steering, Steering Clutch and Brake, dan Final Drive sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan(K3). |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Teori Dasar Pemindah Tenaga (Power train), penghubung antara Engine dengan transmisi / clutch, transmission, transfer gear, propeller shaft, differential, differential steering, steering clutch and brake, dan final drive. |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop, proyektor, papan tulis, spidol, penghapus, kertas, pulpen, unit engine stand Nissan, torqueflow transmission, manual transmission, automatic transmission, differential dan tandem differential, serta unit truck Iveco. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Arwin, |
Mata Kuliah |
Rangkaian Pemindah Tenaga (Power Train) |
|||
Kode Mata Kuliah |
PAB2320 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan teori, prinsip dasar, fungsi, dan komponen-komponen utama rangkaian pemindah tenaga (Power Train). (C2, A1) |
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman penskoran) Bentuk Penilaian: Tes (Soal Essay)
|
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, diskusi. BT, 1x60 menit. Tugas 1 Membuat ringkasan tentang power train pada salah satu unit alat berat BM, 1x60 menit. Merangkum materi pertemuan ke-1 di BLP2. Praktikum 2 x 170 Menit
|
Materi Pembelajaran :
Bahan Pustaka : Automotive Engineering (Powertrain, Chasis System, and Vehicle Body), David A. Crolla, Elsevier Inc. 2009. |
2 |
|||
2 | Sub-CPMK 2 : Mampu menjelaskan tentang konsep dan prinsip dasar Penghubung antara Engine dengan transmisi (Clutch). (C2, A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay)
|
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok BT, 1 x 60 menit. Tugas 2 Membuat ringkasan tentang troubleshooting pada clutch BM, 5 x 60 menit. Merangkum materi pertemuan ke-2 di BLP2. Praktikum 2 x 170 Menit
|
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka : Automotive Engineering (Powertrain, Chasis System, and Vehicle Body), David A. Crolla, Elsevier Inc. 2009 |
3 |
|||
3 | Sub-CPMK 2 : Mampu menjelaskan tentang konsep dan prinsip dasar Penghubung antara Engine dengan transmisi (Clutch). (C2, A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok BT, 1 x 60 menit. Tugas 3 Membuat rangkuman tentang troubleshooting pada torque converter BM, 1 x 60 menit. Membaca materi pertemuan ke 3 di BLP3 Praktikum 2 x 170 Menit |
Materi Pelajaran:
Bahan Pustaka:
|
3 |
|||
4 | Sub-CPMK 3 : Mampu memahami prinsip kerja,komponen dan jenis-jenis transmisi (C2,A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay)
|
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, diskusi kelompok BT, 1x60 menit. Tugas 4 Membuat ringkasan tentang transmisi pada salah satu unit alat berat/kendaraan. BM, 1x60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-4 di BLP2. Praktikum 2 x 170 Menit
|
Materi Pembelajaran :
Bahan Pustaka :
|
3 |
|||
5 | Sub-CPMK 3 : Mampu memahami prinsip kerja,komponen dan jenis-jenis transmisi (C2,A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay)
|
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok BT, 1x60 menit. Tugas 5 Membuat ringkasan tentang prinsip kerja power shift dan torque flow transmission BM, 1x60 menit. Mempelajari materi pertemuan 5 di BLP2. Praktikum 2 x 170 Menit
|
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka :
|
3 |
|||
6 | Sub-CPMK 3 : Mampu memahami prinsip kerja,komponen dan jenis-jenis transmisi (C2,A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay)
|
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, diskusi kelompok BT, 1 x 60 menit. Tugas 6 Membuat ringkasan tentang prinsip kerja dan kerusakan yang sering terjadi pada Automatic Transmision BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-6 di BLP2. Praktikum 2 x 170 Menit
|
Materi pembelajaran :
Bahan Pustaka:
|
3 |
|||
7 | Sub-CPMK 4 : Mampu menjelaskan prinsip kerja, komponen dan jenis-jenis poros penghubung / propeller shaft dan Differensial/Final drive. (C2, A1 |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay)
|
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, diskusi kelompok BT, 1 x 60 menit. Tugas 7 Membuat ringkasan tentang fungsi, jenis, perawatan dan perbaikan propeler shaft dan differensial/final drive. BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-7 di BLP2. Praktikum 2 x 170 Menit
|
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka:
|
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 5 : Mampu melakukan perawatan, perbaikan, dan troubleshooting pada clutch (friction clutch/torque converter) dan transmisi manual dan otomatis. (C4, P2, A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Non Tes ( Observasi)
|
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, tanya jawab BT, 1 x 60 menit. Tugas 8 Membuat Laporan Praktikum BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-9 di BLP2. Praktikum 2 x 170 Menit
|
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka:
|
5 |
|||
10 | Sub-CPMK 5 : Mampu melakukan perawatan, perbaikan, dan troubleshooting pada clutch (friction clutch/torque converter) dan transmisi manual dan otomatis. (C4, P2, A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Non Tes ( Observasi) |
TM, 1 x 50 menit. Ceramah, tanya jawab BT, 1 x 60 menit. Tugas 9 Membuat Laporan Praktikum BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-10 di BLP2. Praktikum 2 x 170 Menit
|
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka: Shop manual Dozer Komatsu 5D375 |
5 |
|||
11 | Sub-CPMK 5 : Mampu melakukan perawatan, perbaikan, dan troubleshooting pada clutch (friction clutch/torque converter) dan transmisi manual dan otomatis. (C4, P2, A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Non Tes (Observasi)
|
TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, diskusi kelompok BT, 1 x 60 menit. Tugas 10 Membuat laporan praktikum BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke 11 di BLP2. Praktikum 2 x 170 Menit
|
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka: Shop Manual Manual Transmission |
5 |
|||
12 | Sub-CPMK 5 : Mampu melakukan perawatan, perbaikan, dan troubleshooting pada clutch (friction clutch/torque converter) dan transmisi manual dan otomatis. (C4, P2, A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Non Tes ( Observasi)
|
TM, 1 x 50 menit. Ceramah dan tanya jawab BT, 1 x 60 menit. Tugas 11 Membuat Laporan praktikum BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke 12 di BLP2.
Praktikum 2 x 170 Menit
|
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka: Shop Manual Automatic Transmission |
5 |
|||
13 | Sub-CPMK 6 : Mampu melakukan perawatan, perbaikan, dan troubleshooting pada propeler shaft, steering clutch dan brake, differensial/final drive. (C4, P2, A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Non Tes ( Observasi)
|
TM, 1 x 50 menit. Ceramah, tanya jawab BT, 1 x 60 menit. Tugas 12 Membuat Laporan Praktikum BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-13 di BLP2. Praktikum 2 x 170 Menit
|
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka :
|
5 |
|||
14 | Sub-CPMK 6 : Mampu melakukan perawatan, perbaikan, dan troubleshooting pada propeler shaft, steering clutch dan brake, differensial/final drive. (C4, P2, A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Non Tes (Observasi)
|
TM, 1 x 50 menit. Ceramah, tanya jawab BT, 1 x 60 menit. Tugas 13 Membuat Laporan Praktikum BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke 13 di BLP2. Praktikum 2 x 170 Menit
|
Materi Pembelajaran:
Sumber Pustaka:
|
5 |
|||
15 | Sub-CPMK 6 : Mampu melakukan perawatan, perbaikan, dan troubleshooting pada propeler shaft, steering clutch dan brake, differensial/final drive. (C4, P2, A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Non Tes ( Observasi)
|
TM, 1 x 50 menit. Ceramah, tanya jawab BT, 1 x 60 menit. Tugas 14 Membuat Laporan Praktikum BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-15 di BLP2.
|
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka: Shop manual IVECO Truck. |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Arwin lahir di Toli-toli pada tanggal 07 Januari 1990 Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|