.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:andi.yasir@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:03 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Sistem Informasi Hotel |
MP110221 |
1 |
1 |
2 |
42 |
1 |
07-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Andi Yasir Amsal S.Pd., M.Pd. |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199105052022031009 |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri Menguasai konsep teknis operasional front office, housekeeping dan laundry Menguasai konsep umum manajemen/pengelolaan dan aplikasinya untik bidang divisi kamar Menguasai konsep akuntansi dan keuangan untuk bidang divisi kamar Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang bekum maupun yang sudah baku Mampu menerapkan pekerjaaan teknis operasional bagian front office, housekeeping dan laundry Mampu menggunakan teknologi informasi bidang divisi kamar Mampu membuat dan menganalisis laporan bidang divisi kamar |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK 1: Pengantar sistem informasi hotel dan kontrak perkuliahan Sub CP-MK 1: Menguasai konsep umum manajemen/pengelolaan dan aplikasinya untik bidang divisi kamar dan Mampu menggunakan teknologi informasi bidang divisi kamar Sub CP-MK 2: Menguasai konsep teknis operasional front office, housekeeping dan laundry dan Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri Sub CP-MK 3: Mampu menggunakan teknologi informasi bidang divisi kamar Sub CP-MK 3: Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri dan Mampu menggunakan teknologi informasi bidang divisi kamar Sub CP-MK 3: 1. Mampu menerapkan pekerjaaan teknis operasional bagian front office, housekeeping dan laundry 2. Mampu menggunakan teknologi informasi bidang divisi kamar Sub CP-MK 4: Mampu menggunakan teknologi informasi bidang divisi kamar dan Mampu membuat dan menganalisis laporan bidang divisi kamar Sub CP-MK 4: Mampu menerapkan pekerjaaan teknis operasional bagian front office, housekeeping dan laundry Sub CP-MK 5: 1. Menguasai konsep umum manajemen/pengelolaan dan aplikasinya untik bidang divisi kamar 2. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang bekum maupun yang sudah baku Sub CP-MK 6 : 1. Menguasai konsep umum manajemen/pengelolaan dan aplikasinya untik bidang divisi kamar 2. Mampu membuat dan menganalisis laporan bidang divisi kamar Sub CP-MK 6: 1. Mampu menggunakan teknologi informasi bidang divisi kamar 2. Menguasai konsep akuntansi dan keuangan untuk bidang divisi kamar Sub CP-MK 7: Menguasai konsep umum manajemen/pengelolaan dan aplikasinya untik bidang divisi kamar Sub CP-MK 7: 1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri 2. Mampu menggunakan teknologi informasi bidang divisi kamar Sub CP-MK 8: Mampu membuat dan menganalisis laporan bidang divisi kamar |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Sistem Informasi Hotel mempelajari cara mengoperasikan sistem reservasi, pengelolaan kamar, tagihan serta housekeeping dengan menggunakan komputer, menggunakan alat bantu bisnis dan teknologi untuk mendukung pekerjaan, mencari dan mendapatkan data dalam komputer yang dibutuhkan dengan tepat, mendesain, menyiapkan dan menampilkan berbagai jenis laporan. Cara penyajian materi ini disesuaikan dengan pengaplikasian sistem informasi yang umumnya dipakai oleh industri perhotelan. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Mengoperasikan sistem pemesanan yang terkomputerisasi |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Bardi, James. (2003). Hotel Front Office Management. Canada; John Wiley & Sons,Inc. 2. Tutorials point. (2016). Front Office Management. Tutorials point (I) Pvt. Ltd. 3. Abduh dan Habibie. (2005). Sistem Informasi Perhotelan Jakarta; Universitas Trisakti. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. Media visual : grafik, diagram, chart 2. Buku teks, buku elektronik 3. Projected still media : slide, LCD projector 4. Laboratorium komputer dan komputer |
|||||||
Dosen Pengampu |
Andi Yasir Amsal, |
Mata Kuliah |
Sistem Informasi Hotel |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP110221 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK 1: Pengantar sistem informasi hotel dan kontrak perkuliahan |
1. Mampu memahami materi secara umum, aturan didalam kelas dan sistem penilaian matakuliah sistem informasi hotel |
Kriteria : Bentuk Penilaian : |
Metode Pembelajaran : Estimasi Waktu :
|
Pendahuluan dan Pengenalan Visual Hotel Program 1. Bardi, James. (2003). Hotel Front Office Management. Canada; John Wiley & Sons,Inc. |
3 |
|||
2 | Sub CP-MK 1: Menguasai konsep umum manajemen/pengelolaan dan aplikasinya untik bidang divisi kamar dan Mampu menggunakan teknologi informasi bidang divisi kamar |
1. Mahasiswa membuat Guest Card File |
Kriteria : Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran : |
Mengoperasikan sistem pemesanan yang terkomputerisasi 1. Bardi, James. (2003). Hotel Front Office Management. Canada; John Wiley & Sons,Inc. |
3 |
|||
3 | Sub CP-MK 2: Menguasai konsep teknis operasional front office, housekeeping dan laundry dan Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri |
1. Mahasiswa mampu membuat pesanan baru individual guest |
Kriteria : Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran : |
Mengoperasikan sistem pemesanan yang terkomputerisasi 1. Bardi, James. (2003). Hotel Front Office Management. Canada; John Wiley & Sons,Inc. |
3 |
|||
4 | Sub CP-MK 3: Mampu menggunakan teknologi informasi bidang divisi kamar |
1. Mahasiswa mampu mengelola Arrival and Depature Reservation List |
Kriteria : Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran : |
Mengoperasikan sistem pemesanan yang terkomputerisasi 1. Bardi, James. (2003). Hotel Front Office Management. Canada; John Wiley & Sons,Inc. |
3 |
|||
5 | Sub CP-MK 3: Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri dan Mampu menggunakan teknologi informasi bidang divisi kamar |
1. Mahasiswa mampu mengelola informasi ketersedian kamar |
Kriteria : Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran : |
Memproses pemesanan menggunakan sistem komputerisasi 1. Bardi, James. (2003). Hotel Front Office Management. Canada; John Wiley & Sons,Inc. |
3 |
|||
6 | Sub CP-MK 3: 1. Mampu menerapkan pekerjaaan teknis operasional bagian front office, housekeeping dan laundry 2. Mampu menggunakan teknologi informasi bidang divisi kamar |
1. Mahasiswa mampu mengelola data tamu yang sedang menginap di hotel |
Kriteria : Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran : |
Memelihara data tamu dan reservasi pada sistem pemesanan yang terkomputerisasi 1. Bardi, James. (2003). Hotel Front Office Management. Canada; John Wiley & Sons,Inc. |
3 |
|||
7 | Sub CP-MK 4: Mampu menggunakan teknologi informasi bidang divisi kamar dan Mampu membuat dan menganalisis laporan bidang divisi kamar |
1. Mampu mengelola status dan ketersediaan kamar pada sistem yang terkomputerisasi |
Kriteria : Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran : |
Pengorganisasian data kamar menggunakan sistem yang terkomputerisasi 1. Bardi, James. (2003). Hotel Front Office Management. Canada; John Wiley & Sons,Inc. |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub CP-MK 4: Mampu menerapkan pekerjaaan teknis operasional bagian front office, housekeeping dan laundry |
1. Mampu mengelola jadwal personil house keeping |
Kriteria : Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran : |
Mengelola dan mengkomunikasikan data house keeping pada sistem yang terkomputerisasi 1. Bardi, James. (2003). Hotel Front Office Management. Canada; John Wiley & Sons,Inc. |
4 |
|||
10 | Sub CP-MK 5: 1. Menguasai konsep umum manajemen/pengelolaan dan aplikasinya untik bidang divisi kamar 2. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang bekum maupun yang sudah baku |
1. Mampu menangani transaksi antara tamu dan hotel dengan akurat
|
Kriteria : Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran : |
Melakukan transaksi dengan akurat menggunakan sistem pemesanan yang terkomputerisasi 1. Bardi, James. (2003). Hotel Front Office Management. Canada; John Wiley & Sons,Inc. |
4 |
|||
11 | Sub CP-MK 6 : 1. Menguasai konsep umum manajemen/pengelolaan dan aplikasinya untik bidang divisi kamar 2. Mampu membuat dan menganalisis laporan bidang divisi kamar |
1. Mampu memahami prosedur yang diperlukan untuk melakukan chekout tamu |
Kriteria : Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran : |
Pengorganisasian dan prosedur chekout 1. Bardi, James. (2003). Hotel Front Office Management. Canada; John Wiley & Sons,Inc. |
4 |
|||
12 | Sub CP-MK 6: 1. Mampu menggunakan teknologi informasi bidang divisi kamar 2. Menguasai konsep akuntansi dan keuangan untuk bidang divisi kamar |
1. Mampu memahami prosedur pemesanan dari kamar, prosedur pemesanan menu secara langsung di restaurant |
Kriteria : Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran : |
Pengorganisasian dan prosedur pesanan restaurant tamu hotel 1. Bardi, James. (2003). Hotel Front Office Management. Canada; John Wiley & Sons,Inc.
|
4 |
|||
13 | Sub CP-MK 7: Menguasai konsep umum manajemen/pengelolaan dan aplikasinya untik bidang divisi kamar |
1. mampu melakukan posting pembelanjaan tamu, menu list minibar dan laundry |
Kriteria : Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran : |
Laporan rekapitulasi pembelanjaan tamu hotel menggunakan sistem yang terkomputerisasi 1. Bardi, James. (2003). Hotel Front Office Management. Canada; John Wiley & Sons,Inc. |
4 |
|||
14 | Sub CP-MK 7: 1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri 2. Mampu menggunakan teknologi informasi bidang divisi kamar |
1. Mampu mengelola informasi hotel yang ditampilkan secara online pada website |
Kriteria : Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran : |
Mengelola informasi paket hotel melalui website pengunjung
1. Bardi, James. (2003). Hotel Front Office Management. Canada; John Wiley & Sons,Inc. |
4 |
|||
15 | Sub CP-MK 8: Mampu membuat dan menganalisis laporan bidang divisi kamar |
1. Mampu merancang berbagai jenis laporan |
Kriteria : Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran : |
Merancang, menetapkan dan mengembangkan laporan sesuai kebutuhan internal 1. Bardi, James. (2003). Hotel Front Office Management. Canada; John Wiley & Sons,Inc. |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Andi Yasir Amsal lahir di Bulukumba pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|