.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:anis.aulia@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:31 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Mekanika Rekayasa III |
TS230416 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
02-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Anis Aulia Ulfa S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 199309032022032014 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia) dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menghitung gaya dalam pada model struktur portal tiga sendi dan portal bersendi banyak yang merupakan peralihan antara struktur statis tertentu ke struktur statis tak tentu |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mampu menganalisa gaya dalam portal statis tertentu sama kaki dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] Sub-CPMK2: Mampu menganalisa gaya dalam portal statis tertentu tidak sama kaki dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] Sub-CPMK3: Mampu menganalisa gaya dalam balok miring dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] Sub-CPMK4: Mampu menganalisa gaya dalam kombinasi portal dengan balok miring dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] Sub-CPMK5: Mampu menganalisa gaya dalam pada model struktur portal tiga sendi dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] Sub-CPMK6: Mampu menganalisa gaya dalam pada model struktur portal bersendi banyak dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] Sub-CPMK7: Mampu menganalisa gaya dalam pada struktur statis tak tentu menggunakan metode slope deflection dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Mekanika Rekayasa III mempelajari tentang struktur statis tertentu dengan model yang lebih kompleks yaitu portal statis tertentu sama kaki, portal statis tertentu tidak sama kaki, balok miring, kombinasi portal dengan balok miring. Selain itu materi mekanika rekayasa III berisi tentang perhitungan gaya dalam pada model struktur portal tiga sendi dan portal bersendi banyak yang merupakan peralihan antara struktur statis tertentu ke struktur statis tak tentu. Untuk penyelesaian struktur statis tak tentu menggunakan metode slope deflection dengan model berupa balok statis tak tentu dan portal statis tak tentu. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Portal Statis tertentu dan Statis tak tentu metode Sloof Deflection. |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Buku Ajar Mekanika Rekayasa III, Politeknik Negeri Balikpapan |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Buku Ajar, PowerPoint Alat : Papan Tulis, Spidol, Penghapus, Proyektor dan BLP2 |
|||||||
Dosen Pengampu |
Anis Aulia Ulfa, |
Mata Kuliah |
Mekanika Rekayasa III |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS230416 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1,2 | Sub-CPMK1: Mampu menganalisa gaya dalam portal statis tertentu sama kaki dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Ketepatan menjelaskan pengertian portal statis tertentu, jenis beban dan tumpuan |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
PORTAL STATIS TERTENTU
Pustaka #1 |
1 |
|||
Sub-CPMK1: Mampu menganalisa gaya dalam portal statis tertentu sama kaki dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Kemampuan menganalisa gaya dalam portal statis tertentu sama kaki |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
PORTAL STATIS TERTENTU Analisa gaya dalam portal statis tertentu sama kaki Pustaka #1 |
4 |
||||
3 | Sub-CPMK2: Mampu menganalisa gaya dalam portal statis tertentu tidak sama kaki dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Kemampuan menganalisa gaya dalam portal statis tertentu tidak sama kaki |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
PORTAL STATIS TERTENTU Analisa gaya dalam portal statis tertentu tidak sama kaki Pustaka #1 |
5 |
|||
4,5 | Sub-CPMK3: Mampu menganalisa gaya dalam balok miring dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Kemampuan menganalisa gaya dalam balok miring |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
BALOK MIRING Pustaka #1 |
1 |
|||
Sub-CPMK3: Mampu menganalisa gaya dalam balok miring dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Kemampuan menganalisa gaya dalam balok miring |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
BALOK MIRING Analisa gaya dalam balok miring Pustaka #1 |
9 |
||||
6,7 | Sub-CPMK4: Mampu menganalisa gaya dalam kombinasi portal dengan balok miring dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Ketepanan menjelaskan gaya dalam portal dengan balok miring |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
PORTAL DENGAN BALOK MIRING Pustaka #1 |
1 |
|||
Sub-CPMK4: Mampu menganalisa gaya dalam kombinasi portal dengan balok miring dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Kemampuan menganalisa gaya dalam portal dengan balok miring |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
PORTAL DENGAN BALOK MIRING Pustaka #1 |
9 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9,10 | Sub-CPMK5: Mampu menganalisa gaya dalam pada model struktur portal tiga sendi dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Ketepatan menjelaskan gaya dalam portal tiga sendi |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
PORTAL TIGA SENDI Pustaka #1 |
1 |
|||
Sub-CPMK5: Mampu menganalisa gaya dalam pada model struktur portal tiga sendi dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Kemampuan menganalisa gaya dalam portal tiga sendi |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
PORTAL TIGA SENDI Pustaka #1 |
9 |
||||
11,12 | Sub-CPMK6: Mampu menganalisa gaya dalam pada model struktur portal bersendi banyak dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Ketepatan menjelaskan |
- Sikap dan keaktifan |
BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
PORTAL BERSENDI BANYAK Pustaka #1 |
1 |
|||
Sub-CPMK6: Mampu menganalisa gaya dalam pada model struktur portal bersendi banyak dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Kemampuan menganalisa gaya dalam portal bersendi banyak |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
PORTAL BERSENDI BANYAK Pustaka #1 |
9 |
||||
13,14,15 | Sub-CPMK7: Mampu menganalisa gaya dalam pada struktur statis tak tentu menggunakan metode slope deflection dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Ketepatan menjelaskan pengertian struktur satis tak tentu |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
METODE SLOPE DEFLECTION Pustaka #1 |
1 |
|||
Sub-CPMK7: Mampu menganalisa gaya dalam pada struktur statis tak tentu menggunakan metode slope deflection dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
Kemampuan menganalisa gaya dalam balok statis tak tentu dengan metode slope deflection |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
METODE SLOPE DEFLECTION Pustaka #1 |
5 |
||||
Sub-CPMK7: Mampu menganalisa gaya dalam pada struktur statis tak tentu menggunakan metode slope deflection dan mengintegrasikan nilai tersebut pada struktur bangunan [C4,A4] |
- Sikap dan keaktifan |
Metode Ceramah dan Tanya Jawab BM, 2x60menit TM, 2 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
METODE SLOPE DEFLECTION Pustaka#1 |
4 |
|||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Anis Aulia Ulfa lahir di Balikpapan pada tanggal 03-09-1993 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|