.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:abdul.gafur@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:45 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TATA BOGA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
BAHASA INGGRIS PROFESI DASAR |
TB230515 |
1 |
1 |
2 |
56 |
3 |
04-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Abdul Gafur S.Pd., M.Pd. |
Dr. Tuatul Mahfud S.Pd., M.Pd. |
|||||||
NIP/NIK. 198902182015041001 |
NIP/NIK. 198609252012121001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-8) Mengiternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai prinsip dasar pengolahan dan penyajian makanan dan minuman (P-3) Menguasai konsep teoritis secara umum, prinsip, teknik, dan metoda teknologi pengolahan pangan (food processing technology), khususnya pengolahan makanan (P-7) Menguasai pengetahuan pengendalian biaya bagian dibagian pengolahan dan pelayanan makanan minuman (P-13) Menguasai minimal salah satu bahasa internasional (P-14) Menguasai prinsip dan teknik komunikasi efektif untuk bekerja dalam tim (P-17) Menguasai konsep umum antropologi budaya terkait dengan budaya makan dan menyajikan makanan (P-18) Menguasai prinsip dan teknik komunikasi persuasi dalam pemasaran produk-produk masakan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yangs esuai, baik yang belum maupun yang sudah baku (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan maslah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, berinovatif dalam pekerjaannya (KU-6) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang verada di bawah tanggungjawabnya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menyiapkan dan mengolah aneka makanan Indonesia, Kontinental, Oriental (KK-3) Mampu menyiapkan dan mengolah aneka kue Indonesia, Kontinental dan oriental (KK-4) Mampu menyediakan layanan makanan dan minuman di restoran, kamar dan bar (KK-5) Mampu menyiapkan dan mengolah aneka minuman beralkohol dan non alkohol (KK-6) Mampu menerapkan seni kuliner (KK-8) Mampu menggunakan teknologi informasi di bidang tata boga (KK-9) Mampu berkomunikasi dalam bahasa asing (KK-11) Mampu menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerjanya dan dapat bekerjasama dalam kerja kelompok (team work) (KK-12) Mampu menerapkan teknik-teknik berkomunikasi secara efektif (KK-13) Mampu menerapkan etika pergaulan dan praktik profesional dalam pekerjaan (KK-15) Mampu menyiapkan dan menyusun laporan tertulis tentang hasil pekerjaan baik yang menjadi tanggung jawabnya sendiri maupun menjadi tanggungjawab kelompok kerja (team work) secara komprehensif |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan mendengar kalimat-kalimat bahasa Inggris serta meningkatkan kemampuan tindak tutur dalam berkomunikasi bahasa Inggris. Mahasiswa mampu meningkatkan kemampuan komunikasi dalam melayani tamu-tamu di restaurant. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mahasiswa mampu mengenal dan memahami segala bentuk format Listening Comprehension sehingga dapat menganalisa dan menjawab pertanyaan dengan benar. Mahasiswa mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris serta menangani segala macam bentuk reservasi via telepon yang ada di restoran. Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan baik dalam system penyambutan tamu restoran Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan dalam system pencatatan menu makanan dan minuman yang dipesan oleh pelanggan restoran Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan jenis-jenis makanan di dalam menu, serta dapat berkomunikasi dengan baik kepada pelanggan Restoran dalam menyajikan makanan Mahasiswa mampu mengatasi komplen serta kritikan dari pelanggan restoran Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan pelanggan perihal penjelasan struk harga makanan. Mahasiswa mengetahui dasar-dasar mengerjakan soal-soal TOEIC Mahasiswa mampu mengenal dan memahami segala bentuk format Part of Speech sehingga dapat menganalisa dan menjawab pertanyaan dengan benar - Mahasiswa mampu mengenal dan memahami segala bentuk format sentence level grammar sehingga dapat menganalisa dan menjawab pertanyaan dengan benar. Mahasiswa mampu mengenal dan memahami segala bentuk format Direct and Indirect Object sehingga dapat menganalisa dan menjawab pertanyaan dengan benar - Mahasiswa mampu mengenal dan memahami segala bentuk format Tenses dalam Bahasa Inggris sehingga dapat menganalisa dan menjawab pertanyaan dengan benar Mahasiswa mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris serta memahami segala sudut Restaurant dan juga Kitchen Mahasiswa mampu memahami percakapan dalam menangani pesanan pelanggan restoran Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan baik dan sopan kepada pelanggan restoran via telepon |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan jenis-jenis makanan di dalam menu, serta dapat berkomunikasi dengan baik kepada pelanggan Restoran dalam menyajikan makanan - Mahasiswa mengetahui dasar-dasar mengerjakan soal-soal TOEIC |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Part of Speech |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: . 1. TOEFL test Strategies |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. LCD 2. Papan Tulis dan alat tulis 3. Speaker |
|||||||
Dosen Pengampu |
Abdul Gafur, |
Mata Kuliah |
BAHASA INGGRIS PROFESI DASAR |
|||
Kode Mata Kuliah |
TB230515 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mahasiswa mampu mengenal dan memahami segala bentuk format Part of Speech sehingga dapat menganalisa dan menjawab pertanyaan dengan benar |
Mahasiswa dapat menganalisa dan memahami percakapan serta menjawab pertanyaan dengan benar |
-Umpan balik, tindak lanjut/ pemberian tugas - Test Lisan |
Ceramah dan Diskusi (200 Menit) |
Part of Speech TOEFL test Strategies |
4 |
|||
2 | - Mahasiswa mampu mengenal dan memahami segala bentuk format Tenses dalam Bahasa Inggris sehingga dapat menganalisa dan menjawab pertanyaan dengan benar |
Mahasiswa mampu mengenal dan memahami segala bentuk format sentence level grammar sehingga dapat menganalisa dan menjawab pertanyaan dengan benar |
Umpan balik, tindak lanjut/ pemberian tugas, hasil pembelajaran berupa nilai
- Tes lisan dan tertulis |
-ceramah dan diskusi
- penjelasan dan latihan 200 menit |
Sentence Level Grammar 1. TOEFL test Strategies 2. Ang-zie, Kent. (2015). Preparation & Practice Exam TOEFL. Genta Group Production: Surabaya. 3. Buku Ajar Bahasa Inggris Profesi Dasar Semester 3 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
3 |
|||
3 | Mahasiswa mampu mengenal dan memahami segala bentuk format Direct and Indirect Object sehingga dapat menganalisa dan menjawab pertanyaan dengan benar |
Mahasiswa dapat menganalisa dan memahami percakapan serta menjawab pertanyaan dengan benar. |
- Umpan Balik, tindak lanjut/ pemberian tugas, hasil pembelajaran berupa nilai
- Test lisan dan tertulis |
- ceramah dan diskusi - penjelasan dan latihan (200 Menit) |
Direct and Indirect Object 1. TOEFL test Strategies 2. Ang-zie, Kent. (2015). Preparation & Practice Exam TOEFL. Genta Group Production: Surabaya. 3. Buku Ajar Bahasa Inggris Profesi Dasar Semester 3 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
4 |
|||
4 | - Mahasiswa mampu mengenal dan memahami segala bentuk format Tenses dalam Bahasa Inggris sehingga dapat menganalisa dan menjawab pertanyaan dengan benar |
Mahasiswa dapat menganalisa dan memahami percakapan serta menjawab pertanyaan dengan benar. |
Umpan Balik, tindak lanjut/ pemberian tugas, hasil pembelajaran berupa nilai
Test lisan dan tertulis |
- ceramah dan diskusi
- penjelasan dan latihan (200 Menit) |
Grammatical Tenses 1. TOEFL test Strategies 2. Ang-zie, Kent. (2015). Preparation & Practice Exam TOEFL. Genta Group Production: Surabaya. 3. Buku Ajar Bahasa Inggris Profesi Dasar Semester 3 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
4 |
|||
5 | Mahasiswa mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris serta memahami segala sudut Restaurant dan juga Kitchen |
Mahasiswa mampu memahami Restaurant dan Kitchen |
Umpan Balik, tindak lanjut/ pemberian tugas, hasil pembelajaran berupa nilai Test lisan dan tertulis |
- ceramah dan diskusi
- penjelasan dan latihan (200 Menit) |
Restaurant and Kitchen Overview 1. TOEFL test Strategies 2. Ang-zie, Kent. (2015). Preparation & Practice Exam TOEFL. Genta Group Production: Surabaya. 3. Buku Ajar Bahasa Inggris Profesi Dasar Semester 3 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
4 |
|||
6 | Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan baik dalam system penyambutan tamu restoran |
Mahasiswa mampu memperkaya kosakata dalam menyambut tamu di restoran |
Umpan Balik, tindak lanjut/ pemberian tugas, hasil pembelajaran berupa nilai Test lisan dan tertulis |
- ceramah dan diskusi
- penjelasan dan latihan (200 Menit) |
Seating Guests and Taking Orders 1 Buku Ajar Bahasa Inggris Profesi Dasar Semester 3 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
3 |
|||
7 | Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan dalam system pencatatan menu makanan dan minuman yang dipesan oleh pelanggan restoran |
Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan dalam system pencatatan menu makanan dan minuman yang dipesan oleh pelanggan restoran |
Umpan Balik, tindak lanjut/ pemberian tugas, hasil pembelajaran berupa nilai
Test lisan dan tertulis |
Umpan Balik, tindak lanjut/ pemberian tugas, hasil pembelajaran berupa nilai Test lisan dan tertulis |
Seating Guests and Taking Orders 2 Buku Ajar Bahasa Inggris Profesi Dasar Semester 3 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan jenis-jenis makanan di dalam menu, serta dapat berkomunikasi dengan baik kepada pelanggan Restoran dalam menyajikan makanan |
Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan pelanggan dalam penyajian makanan di restoran |
Umpan Balik, tindak lanjut/ pemberian tugas, hasil pembelajaran berupa nilai
Test lisan dan tertulis |
- ceramah dan diskusi - penjelasan dan latihan (200 Menit) |
Serving Foods 1 Buku Ajar Bahasa Inggris Profesi Dasar Semester 3 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
4 |
|||
10 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan jenis-jenis makanan di dalam menu, serta dapat berkomunikasi dengan baik kepada pelanggan Restoran dalam menyajikan makanan |
Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan pelanggan dalam penyajian makanan di restoran |
Umpan Balik, tindak lanjut/ pemberian tugas, hasil pembelajaran berupa nilai
Test lisan dan tertulis |
- ceramah dan diskusi - penjelasan dan latihan (200 Menit) |
Serving Foods 2 Buku Ajar Bahasa Inggris Profesi Dasar Semester 3 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
3 |
|||
11 | Mahasiswa mampu memahami percakapan dalam menangani pesanan pelanggan restoran |
Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan sopan dalam menangani reservasi pelanggan via telepon |
Umpan Balik, tindak lanjut/ pemberian tugas, hasil pembelajaran berupa nilai
Test lisan dan tertulis |
- ceramah dan diskusi - penjelasan dan latihan (200 Menit) |
Taking Restaurant Reservation over the Phone 2 Buku Ajar Bahasa Inggris Profesi Dasar Semester 3 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
4 |
|||
12 | Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan baik dan sopan kepada pelanggan restoran via telepon |
Mahasiswa mampu berkomunikasi dengan sopan dalam menanagani reservasi pelanggan restoran melalui telepon |
Umpan Balik, tindak lanjut/ pemberian tugas, hasil pembelajaran berupa nilai
Test lisan dan tertulis |
- ceramah dan diskusi - penjelasan dan latihan (200 Menit) |
Taking Restaurant Reservation over the Phone 2 Buku Ajar Bahasa Inggris Profesi Dasar Semester 3 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd
|
3 |
|||
13 | Mahasiswa mampu mengatasi komplen serta kritikan dari pelanggan restoran |
Mahasiswa mampu memahami percakapan dalam penanganan keluhan pelanggan di restoran dengan sopan sesuai standar Perhotelan |
Umpan Balik, tindak lanjut/ pemberian tugas, hasil pembelajaran berupa nilai
Test lisan dan tertulis |
- ceramah dan diskusi
- penjelasan dan latihan (200 Menit) |
Handling Complaints 1 Buku Ajar Bahasa Inggris Profesi Dasar Semester 3 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
4 |
|||
14 | Mahasiswa mampu mengatasi komplen serta kritikan dari pelanggan restoran |
Mahasiswa mampu memahami percakapan dalam penanganan keluhan pelanggan di restoran dengan sopan sesuai standar Perhotelan |
Umpan Balik, tindak lanjut/ pemberian tugas, hasil pembelajaran berupa nilai
Test lisan dan tertulis |
- ceramah dan diskusi - penjelasan dan latihan (200 Menit) |
Handling Complaints 2 Buku Ajar Bahasa Inggris Profesi Dasar Semester 3 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
3 |
|||
15 | Mahasiswa mengetahui dasar-dasar mengerjakan soal-soal TOEIC |
Mahasiswa Mampu mengerjakan Soal-Soal TOEIC |
Test tertulis |
Ceramah (200 Menit) |
TOEIC PREPARATION 1. TOEFL test Strategies 2. Ang-zie, Kent. (2015). Preparation & Practice Exam TOEFL. Genta Group Production: Surabaya. 3. Buku Ajar Bahasa Inggris Profesi Dasar Semester 3 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Abdul Gafur lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan PERHOTELAN Program Studi Tata Boga |
|