.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:karmila.achmad@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:09 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Mekanika Rekayasa II |
TS120622 |
3 |
0 |
3 |
42 |
2 |
17-10-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Karmila Achmad S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 197903172007012017 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia) dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mampu melakukan perhitungan gaya dalam pada rangka batang CPMK 2: Mampu melakukan analisa penampang CPMK 3: Mampu menganalisa gaya dalam struktur statis tak tentu |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1: Mampu menganalisa gaya batang dengan metode Titik Buhul [C4, A3] Sub CPMK 2 : Mampu menganalisa gaya batang dengan metode Cremona [C4, A3] Sub CPMK 3 : Mampu menganalisa gaya batang dengan metode Ritter [C4, A3] Sub CPMK 4 : Mampu menganalisa titik berat, momen inersia dan ellips inersia penampang [C4, A3] Sub CPMK 5 : Mampu menganalisa Struktur statis tak tentu metode Slope Deflection [C4, A3] Sub CPMK 6 : Mampu menganalisa Struktur statis tak tentu metode Cross [C4, A3] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Mekanika Rekayasa II mempelajari Rangka Batang, analisa penampang dan analisa struktur statis tak tentu baik untuk struktur balok maupun portal | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Metode Titik Buhul, Metode Cremona, Metode Ritter, Titik Berat, Momen Inersia, Ellips Inersia, Metode Slope CDeflection dan Metode Cross |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Buku Ajar Mekanika Rekayasa II, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik negeri Balikpapan, 2022 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Video Pembelajaran BLP Papan tulis dan spidol |
|||||||
Dosen Pengampu |
Karmila Achmad, |
Mata Kuliah |
Mekanika Rekayasa II |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS120622 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1: Mampu menganalisa gaya batang dengan metode Titik Buhul [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya tarik - Mahasiswa mampu menganalisa gaya tekan |
Tugas Proyek Rangka Batang
Tugas analisa Metode titik buhul |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (3 x 35 menit) Diskusi tugas (20 menit)
|
Penjelasan kontrak pembelajaran dan protokol kesehatan Metode Titik Buhul Buku Ajar Mekanika Rekayasa II, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2022 |
5 |
|||
2 | Sub CPMK 2 : Mampu menganalisa gaya batang dengan metode Cremona [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya tarik - Mahasiswa mampu menganalisa gaya tekan |
Tugas analisa Metode cremona |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (3 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (20 menit)
|
Metode cremona Buku Ajar Mekanika Rekayasa II, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2022 |
5 |
|||
3 | Sub CPMK 3 : Mampu menganalisa gaya batang dengan metode Ritter [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya tarik - Mahasiswa mampu menganalisa gaya tekan |
Tugas analisa Metode ritter |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (3 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (20 menit) |
Metode ritter Buku Ajar Mekanika Rekayasa II, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2022 |
5 |
|||
4 | Sub CPMK 3 : Mampu menganalisa gaya batang dengan metode Ritter [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya tarik - Mahasiswa mampu menganalisa gaya tekan |
Quis rangka batang |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (15 menit) Quis rangka batang (3 x 40 menit)
|
Rangka Batang (titik buhul, cremona dan ritter) Buku Ajar Mekanika Rekayasa II, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2022 |
5 |
|||
5 | Sub CPMK 4 : Mampu menganalisa titik berat, momen inersia dan ellips inersia penampang [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung titik berat penampang |
Tugas titik berat |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (3 x 35 menit) Diskusi dana sistensi tugas (20 menit) |
Titik Berat dan Momen Inersia Buku Ajar Mekanika Rekayasa II, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2022 |
2 |
|||
6 | Sub CPMK 4 : Mampu menganalisa titik berat, momen inersia dan ellips inersia penampang [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung titik berat penampang - Mahasiswa mampu menghitung momen inersia penampang |
Tugas momen inersia |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (3 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (20 menit) |
Titik Berat dan Momen Inersia Buku Ajar Mekanika Rekayasa II, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2022 |
3 |
|||
7 | Sub CPMK 4 : Mampu menganalisa titik berat, momen inersia dan ellips inersia penampang [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung titik berat penampang - Mahasiswa mampu menghitung momen inersia penampang - Mahasiswa mampu menghitung ellips inersia penampang |
Tugas ellips inersia |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (3 x 35 menit) Diskusi tugas (20 menit) |
Ellips inersia Buku Ajar Mekanika Rekayasa II, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2022 |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CPMK 5 : Mampu menganalisa Struktur statis tak tentu metode Slope Deflection [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya dalam (M, D dan N) |
Tugas Balok slope deflection |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (3 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (20 menit) |
Balok metode slope deflection Buku Ajar Mekanika Rekayasa II, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2022 |
2 |
|||
10 | Sub CPMK 5 : Mampu menganalisa Struktur statis tak tentu metode Slope Deflection [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya dalam (M, D dan N) |
Tugas portal tidak bergoyang metode slope deflection |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (3 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (20 menit) |
Portal metode slope deflection Buku Ajar Mekanika Rekayasa II, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2022 |
5 |
|||
11 | Sub CPMK 5 : Mampu menganalisa Struktur statis tak tentu metode Slope Deflection [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya dalam (M, D dan N) |
Tugas portal bergoyang slope deflection |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (3 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (20 menit) |
Portal metode slope deflection Buku Ajar Mekanika Rekayasa II, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2022 |
5 |
|||
12 | Sub CPMK 6 : Mampu menganalisa Struktur statis tak tentu metode Cross [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya dalam (M, D dan N) |
Tugas balok metode cross |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (3 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (20 menit) |
Balok metode cross Buku Ajar Mekanika Rekayasa II, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2022 |
3 |
|||
13 | Sub CPMK 6 : Mampu menganalisa Struktur statis tak tentu metode Cross [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya dalam (M, D dan N) |
Quis Balok statis tak tentu |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (15 menit) Quis (3 x 40 menit) |
Balok metode slope deflection Balok metode cross Buku Ajar Mekanika Rekayasa II, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2022 |
5 |
|||
14 | Sub CPMK 6 : Mampu menganalisa Struktur statis tak tentu metode Cross [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya dalam (M, D dan N) |
Tugas portal tidak bergoyang metode cross |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (3 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (20 menit) |
Portal metode cross Buku Ajar Mekanika Rekayasa II, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2022 |
5 |
|||
15 | Sub CPMK 6 : Mampu menganalisa Struktur statis tak tentu metode Cross [C4, A3] |
- Mahasiswa mampu menghitung reaksi perletakan - Mahasiswa mampu menganalisa gaya dalam (M, D dan N) |
Tugas portal bergoyang metode cross |
Karakteristik mata kuliah : interaktif, saintifik, kontekstual dan efektif Pendahuluan (10 menit) Ceramah (3 x 35 menit) Diskusi dan asistensi tugas (20 menit) |
Portal metode cross Buku Ajar Mekanika Rekayasa II, Karmila Achmad, ST., MT, Politeknik Negeri Balikpapan, 2022 |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Karmila Achmad lahir di Banjarmasin pada tanggal 17-03-1979 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|