.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mariatul.kiptiah@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 12, 2025, 3:41 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Hidrolika |
JJ110922 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
05-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Mariatul Kiptiah S.T., M.Eng. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199008172019032031 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai prinsip dan teknik perancangan rekayasa meliputi ilmu bahan, mekanika (mekanika teknik, mekanika tanah, mekanika fluida), sistem transportasi darat, hidrologi, rekayas geoteknik, rekayasa jalan, rekayasa struktur jembatan, rekayasa konstruksi, dan rekayas lingkungan jalan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU-8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-3) Mampu mengelola survey (merencanakan, mengimplementasikan, mengendalikan) dan interpretasi data (tata guna lahan, kontur, lalu lintas, hidrologi), uji dan analisa kelaikan tanah (geoteknik), uji dan analisa material, untuk menghasilkan perancangan teknik rinci sesuai dengan norma-standar-pedoman dan manual 3 |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu mendesain saluran terbuka dan saluran tertutup secara manual dan menggunakan software dengan sistematis, baik dan benar (CPLKK3) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu mengidentifikasi sifat-sifat fluida (CPMK1) Mampu menganalisis jenis - jenis aliran, karakteristik aliran dan parameter aliran pada saluran terbuka (CPMK1) Mampu menganalisis jenis aliran Berubah Beraturan Lambat Laun (ABLL) (CPMK1) Mampu menganalisis jenis aliran Berubah Beraturan Tiba - Tiba (ABTT) (CPMK1) Mampu mengukur metode pengukuran debit pada saluran terbuka dan saluran tertutup (CPMK1) Mampu merencanakan desain saluran dengan sofware EPANET 2.0 (CPMK1) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Hidrolika mempelajari saluran terbuka meliputi jenis dan karakteristik aliran, disain profil saluran terbuka, aliran seragam, aliran berubah lambat laun (ABLL)dan aliran berubah tiba-tiba (ABTT). Hidrolika saluran tertutup terdiri atas pengenalan software EPANET 2.0, perancangan jaringan perpipaan, simulasi model jaringan pipa, dan interpretasi simulasi model. Pada mata kuliah ini juga dibahas mengenai alat ukur yang digunakan untuk mengukur debit pada saluran terbuka dan saluran tertutup (pipa). | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Jenis dan karakteristik aliran di saluran terbuka |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
|
|||||||
Dosen Pengampu |
Mariatul Kiptiah, |
Mata Kuliah |
Hidrolika |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ110922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu mengidentifikasi sifat-sifat fluida (CPMK1) |
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
BM ( 2 x 60 menit) BT (2 x 60 menit)
|
Pengenalan Mekanika Fluida dan Hidrolika :
(Ven Te Chow “Open Channel Hydraulics”, McGraw Hill, 1982) |
2 |
|||
2 | Mampu menganalisis jenis - jenis aliran, karakteristik aliran dan parameter aliran pada saluran terbuka (CPMK1) |
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
BM (2 x 60 menit) TM ( 2 x 50 menit) BT (2 x 60 menit)
|
Kecepatan dan Tekanan dalam Aliran Air Saluran Terbuka :
( Ven Te Chow “Open Channel Hydraulics”, McGraw Hill, 1982 ) |
3 |
|||
3 | Mampu menganalisis jenis - jenis aliran, karakteristik aliran dan parameter aliran pada saluran terbuka (CPMK1) |
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
BM ( 2 x 60 menit) TM ( 2 x 50 menit) Bt ( 2 x 60 menit) |
Aliran Kritis :
(. Ven Te Chow “Open Channel Hydraulics”, McGraw Hill, 1982 ) |
3 |
|||
4 | Mampu menganalisis jenis - jenis aliran, karakteristik aliran dan parameter aliran pada saluran terbuka (CPMK1) |
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Ceramah diskusi BM ( 2 x 60 menit) BT ( 2 x 60 menit) |
Aliran Seragam I (Pengertian dan Persamaan) :
( Ven Te Chow “Open Channel Hydraulics”, McGraw Hill, 1982 ) |
3 |
|||
5 | Mampu menganalisis jenis - jenis aliran, karakteristik aliran dan parameter aliran pada saluran terbuka (CPMK1) |
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Ceramah diskusi BM ( 2 x 60 menit) BT ( 2 x 60 menit) |
Aliran Seragam II (Perhitungan dan Aplikasi) :
(Ven Te Chow “Open Channel Hydraulics”, McGraw Hill, 1982) |
3 |
|||
6 | Mampu menganalisis jenis aliran Berubah Beraturan Lambat Laun (ABLL) (CPMK1) |
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay
|
Metode pembelajaran:
BM ( 2 x 60 menit) BT ( 2 x 60 menit) |
(Ven Te Chow “Open Channel Hydraulics”, McGraw Hill, 1982) |
3 |
|||
7 | Mampu menganalisis jenis aliran Berubah Beraturan Lambat Laun (ABLL) (CPMK1) |
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
BM ( 2 x 60 menit) BT ( 2 x 60 menit) |
(Ven Te Chow “Open Channel Hydraulics”, McGraw Hill, 1982) |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | Mampu menganalisis jenis aliran Berubah Beraturan Tiba - Tiba (ABTT) (CPMK1) |
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Ceramah diskusi BM ( 2 x 60 menit) BT ( 2 x 60 menit) |
Aliran Berubah Tiba-Tiba I (Pengertian dan Persamaan) :
(Ven Te Chow “Open Channel Hydraulics”, McGraw Hill, 1982) |
2 |
|||
10 | Mampu mengukur metode pengukuran debit pada saluran terbuka dan saluran tertutup (CPMK1) |
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Ceramah diskusi BM ( 2 x 60 menit) BT ( 2 x 60 menit) |
Aliran Berubah Tiba-Tiba (ABTT) II (Permasalahan dan Pemecahan) :
(Ven Te Chow “Open Channel Hydraulics”, McGraw Hill, 1982) |
3 |
|||
11 | Mampu mengukur metode pengukuran debit pada saluran terbuka dan saluran tertutup (CPMK1) |
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Ceramah Diskusi BM ( 2 x 60 menit) BT ( 2 x 60 menit) |
(Ven Te Chow “Open Channel Hydraulics”, McGraw Hill, 1982) |
3 |
|||
12 | Mampu mengukur metode pengukuran debit pada saluran terbuka dan saluran tertutup (CPMK1) |
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
BM ( 2 x 60 menit) BT ( 2 x 60 menit) |
Ven Te Chow “Open Channel Hydraulics”, McGraw Hill, 1982 |
3 |
|||
13 | Mampu mengukur metode pengukuran debit pada saluran terbuka dan saluran tertutup (CPMK1) |
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
BM ( 2 x 60 menit) BT ( 2 x 60 menit) |
(Ven Te Chow “Open Channel Hydraulics”, McGraw Hill, 1982) |
3 |
|||
14 | Mampu merencanakan desain saluran dengan sofware EPANET 2.0 (CPMK1) |
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran:
BM ( 2 x 60 menit) BT ( 2 x 60 menit) |
(Ven Te Chow “Open Channel Hydraulics”, McGraw Hill, 1982) |
3 |
|||
15 | Mampu merencanakan desain saluran dengan sofware EPANET 2.0 (CPMK1) |
|
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Ceramah diskusi BM ( 2 x 60 menit) BT ( 2 x 60 menit) |
Ven Te Chow “Open Channel Hydraulics”, McGraw Hill, 1982 |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mariatul Kiptiah lahir di Palangka Raya pada tanggal 17-08-1990 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|