.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ali.abrar@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:56 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Mekatronika |
PAB2322 |
1 |
1 |
2 |
42 |
3 |
18-10-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ali Abrar S.Si., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 197702032015041003 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menginternalisasai nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen (P-5) Menguasai konsep aplikasi dasar alat berat |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-7) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-4) Mampu melakukan pengujian, penyetelan, dan menganalisa pada system-system alata berat berdasarkan service literature |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dan menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (CPL8)(CPL9) Mampu menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang mekatronika alat berat serta menguasai konsep aplikasi dasar alat berat (CPL 11)(CPL 15) Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang mekatronika dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika serta memecahkan masalah pekerjaan pada bidang mekatronika didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri, bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang mekatronika alat berat (CPL 19)(CPL 21) (CPL 23) Mampu melakukan pemeriksaan visual dengan menggunakan checklist dan service literature kebocoran, kerusakan struktur, kelainan suara, gas buang, sistem dengan memperhatikan K3L (CPL 33) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu menjelaskan definisi, istilah umum dan aplikasi mekatronika pada bidang alat berat (C2, A3) Mampu menjelaskan struktur dan fungsi input/sensor (C2, P1, A3) Mampu menjelaskan prinsip kerja dari kontroller (C2, P1, A4) Mampu menjelaskan cara kerja aktuator dan indikator (C2, P1, A4) Mampu melakukan PERCOBAAN DENGAN LED, INPUT PUSH BUTTON dan SENSOR(C4, P2, A4) Mampu melakukan PERCOBAAN MENAMPILKAN ANGKA DI SEVEN SEGMENT, LCD, MOTOR DC, LALU LINTAS DAN JAM DIGITAL (C2, P2, A5) Mampu melakukan PERCOBAAN MENJALANKAN MOTOR DC (C2,, P2, A5) Mampu melakukan PERCOBAAN MENJALANKAN LAMPU LALU LINTAS DAN JAM DIGITAL (C2, P2, A4) Mampu melakukan PERCOBAAN ITERFACING DATA PUSH dan APLIKASI BLINK (C5, P2, A5) Mampu merancang sistem untuk perawatan, perbaikan komponen dan sistem dalam mekatronika alat berat. (C5, P2, A5) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Dalam mata kuliah ini akan dibahas konsep mekatronika, prinsip kerja berbagai perangkat mekatronika, serta dapat mengaplikasikan dan merancang sistem mekatronika |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pendahuluan dan pengenalan mekatronika |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul Mikrokontroler, LCD, proyektor, laptop, whiteboard, spidol warna (hitam, merah dan biru),dan alat tulis, internet. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Ali Abrar, |
Mata Kuliah |
Mekatronika |
|||
Kode Mata Kuliah |
PAB2322 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu menjelaskan definisi, istilah umum dan aplikasi mekatronika pada bidang alat berat (C2, P1,A3) |
1.1 Ketepatan menjelaskan definsi, sejarah, perkembangan mekatronika 1.2 Ketepatan menjelaskan komponen dasar mekatronika 1.3 Ketepatan menjelasakan secara umum sistem mekatronika pada alat berat |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
|
[PB:1mgx(2sksx50"]
[PT:1mgx(2sksx60”)] [KM:1mgx(2sksx60”)] |
Pengenalan dasar mekatronika pada alat berat: Pengetahuan, ilmu dan sains terapan: pengertian mekatronika, dasar, jenis bagian, tugas ilmu dan penerapan di alat berat dan kasus terkini [6] hal: 1-15 |
3 |
|||
2 | Mampu menjelaskan struktur dan fungsi input/sensor (C2, P1, A3) |
1.1 Ketepatan menjelaskan definsi, sejarah, perkembangan sensor 1.2 Ketepatan menjelaskan komponen dasar sensor 1.3 Ketepatan menjelasakan secara umum sensor pada alat berat |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
Teknik non- test: Meringkas materi kuliah Kuis-1: Soal Pilihan Ganda |
[PB:1mgx(2sksx50"]
[PT:1mgx(2sksx60”)] [KM:1mgx(2sksx60”)]
|
Sistem Sensor: • Memahami pengertian sensor dan penggunaan dalam sistem kendali • Menjelaskan jenis sensor yang ada di industri. [6] hal: 43-54 |
3 |
|||
3 | Mampu menjelaskan prinsip kerja dari kontroller (C2, P1, A4) |
3.1 Ketepatan menjelaskan kontroller 3.2 Ketepatan memilih kontroller 3.3 Ketepatan menjelaskan prinsip kerja kontroller |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
|
[PB:1mgx(2sksx50"]
[PT:1mgx(2sksx60”)] [KM:1mgx(2sksx60”)]
|
Kontroller:
[9]hal: 104-119 |
3 |
|||
4 | Mampu menjelaskan cara kerja aktuator dan indikator (C2, P1, A4) |
4.1 Ketepatan menjelaskan apa itu aktuator dan indikator 4.2 Ketepatan menjelaskan jenis- aktuator dan indikator 4.3 Mampu enjelaskan aktuator dan indikator dalam alat berat |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme)
|
[PB:1mgx(2sksx50"]
[PT:1mgx(2sksx60”)] [KM:1mgx(2sksx60”)]
|
Aktuator dan indikator:
[9]hal:29-47 |
3 |
|||
5,6,7 | Mampu melakukan PERCOBAAN DENGAN LED, INPUT PUSH BUTTON dan SENSOR(C4, P2, A4) |
5.1 Ketepatan menggunakan membaca panduan percobaan 5.2 Ketepatan melakukan percobaan |
Kriteria Penilaian: Persiapan Kerja, Proses kerja, Hasil kerja, Sikap Kerja, Waktu Bentuk Penilaian: Lembar Penilaian Praktek |
Case Base Learning, Praktikum; [Pretes:3mgx(2sksx20")] [Persiapan:3mgx(2sksx20")] [Pelaksanaan:3mgx(2sksx110")] Tugas-5: Membuat laporan praktikum [Laporan:3mgx(2sksx20”)]
|
Sistem Input Push Button dan Sensor
[1] hal: 4-21 |
4 |
|||
Mampu melakukan PERCOBAAN MENAMPILKAN ANGKA DI SEVEN SEGMENT, LCD, MOTOR DC, LALU LINTAS DAN JAM DIGITAL (C2, P2, A5) |
6.1 Ketepatan membaca skema rangkaian 6.2 Ketepatan menginstalasi percobaan 6.3 Ketepatan membuat dan mengupload code program 6.4 Ketepatan pengujian program |
Kriteria Penilaian: Persiapan kerja, Proses kerja, Hasil Kerja, Sikap Kerja dan Waktu Bentuk Penilaian: Lembar Penilaian Praktek
|
Case Base Learning, Praktikum; [Pretes:1mgx(2sksx20")] [Persiapan:1mgx(2sksx20")] [Pelaksanaan:1mgx(2sksx110")] Tugas-6: Membuat laporan praktikum [Laporan:1mgx(2sksx20”)]
|
Prinsip Kerja dan Output mikrokontroler
[1] hal: 22-59 |
4 |
||||
Mampu melakukan PERCOBAAN ITERFACING DATA PUSH dan APLIKASI BLINK (C5, P2, A5) |
7.1 Ketepatan membaca skema rangkaian 7.2 Ketepatan menginstalasi percobaan 7.3 Ketepatan membuat dan mengupload code program 7.4 Ketepatan pengujian program |
Kriteria Penilaian: Persiapan Kerja, Proses kerja, Hasil kerja, Sikap Kerja, Waktu Bentuk Penilaian: Lembar Penilaian Praktek
|
Case Base Learning, Praktikum; [Pretes:3mgx(2sksx20")] [Persiapan:3mgx(2sksx20")] [Pelaksanaan:3mgx(2sksx110")] Tugas-7: Membuat laporan praktikum [Laporan:3mgx(2sksx20”)]
|
Internet of Things (IoT)
[1] hal: 60-82 |
4 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9,10 | Mampu memilih dan menetapkan sampel case dg sistematis, bermutu, dan terukur (C2, P2, A4) |
6.1 Ketepatan menjelaskan perbedaan populasi dan sampel; 6.2 Ketepatan menjelaskan berbagai teknik penentuan sampel; 6.3 Ketepatan menentukan jumlah sampel; 6.4 Ketepatan menjelaskan teknik mengolah data. |
Kreteri: Rubrik deskriptif Teknik non- test: Penilaian dokumen penentuan sampel rancangan
|
Project Base Learning (PjBL) [PB: 2mgx(1sksx50”)] Tugas-8: Studi kasus: memilih dan mendesain rancangan projek [PT:2mgx(1sksx60”)] [KM:2mgx(1sksx60”)]
|
Pemilihan dan Pencarian Studi Kasus: Terminologi yang sering digunakan, alasan pemilihan sampel, karakteristik sampel, metode penentuan sampel, desain sampel. |
5 |
|||
Mampu memilih dan menetapkan sampel case dg sistematis, bermutu, dan terukur (C2, P2, A4) |
6.1 Ketepatan menjelaskan perbedaan populasi dan sampel; 6.2 Ketepatan menjelaskan berbagai teknik penentuan sampel; 6.3 Ketepatan menentukan jumlah sampel; 6.4 Ketepatan menjelaskan teknik mengolah data. |
Kreteri: Rubrik deskriptif Teknik non- test: Penilaian dokumen penentuan sampel rancangan |
Projek Base Learning (PjBL) [PB: 2mgx(1sksx50”)] Tugas-8: Studi kasus: memilih dan mendesain rancangan projek [PT:2mgx(1sksx60”)] [KM:2mgx(1sksx60”)] |
Pemilihan dan Pencarian Studi Kasus: Terminologi yang sering digunakan, alasan pemilihan sampel, karakteristik sampel, metode penentuan sampel, desain sampel. |
5 |
||||
11,12,13 | Mampu merancang sistem untuk perawatan, perbaikan komponen dan sistem dalam mekatronika alat berat. (C5, P2, A5) |
7.1 Ketepatan isi konten sistematika presentasi; 7.2 Ketepatan mendesain sistem; 7.3 Kerapian gambar rangkaian; 7.4 keterkinian kasus yang diambil; 7.5 Kompleksitas berfikir; 7.6 Tepat waktu & kesesuaian dg rencana tugas 7.7 Efektifitas presentasi; |
Kreteri: Rubrik Presentasi dan analitik Teknik non- test:
Presentasi mandiri; |
Project Base Learning (PjBL) [PB:1mgx(2sksx50”)] Tugas 9 & Belajar mandiri Menyusun draf presentasi, Melakukan literasi jurnal sebagai rujukan dg membuat ringkasan menggunakan: [PT:1mgx(2sksx60”)] [KM:1mgx(2sksx60”)]
|
Rancangan desain sederhana: Anatomi proposal rancangan desain dari kasus yang diangkat |
5 |
|||
Mampu merancang sistem untuk perawatan, perbaikan komponen dan sistem dalam mekatronika alat berat. (C5, P2, A5) |
7.1 Ketepatan isi konten sistematika presentasi; 7.2 Ketepatan mendesain sistem; 7.3 Kerapian gambar rangkaian; 7.4 keterkinian kasus yang diambil; 7.5 Kompleksitas berfikir; 7.6 Tepat waktu & kesesuaian dg rencana tugas 7.7 Efektifitas presentasi; |
Kreteri: Rubrik Presentasi dan analitik Teknik non- test:
Presentasi mandiri;
|
Project Base Learning (PjBL) [PB:3mgx(2sksx50”)] Tugas 9 & Belajar mandiri Menyusun draf presentasi, Melakukan literasi jurnal sebagai rujukan dg membuat ringkasan menggunakan: [PT:3mgx(2sksx60”)] [KM:3mgx(2sksx60”)] |
Rancangan desain sederhana: Anatomi proposal rancangan desain dari kasus yang diangkat |
5 |
||||
Mampu merancang sistem untuk perawatan, perbaikan komponen dan sistem dalam mekatronika alat berat. (C5, P2, A5) |
7.1 Ketepatan isi konten sistematika presentasi; 7.2 Ketepatan mendesain sistem; 7.3 Kerapian gambar rangkaian; 7.4 keterkinian kasus yang diambil; 7.5 Kompleksitas berfikir; 7.6 Tepat waktu & kesesuaian dg rencana tugas 7.7 Efektifitas presentasi; |
Kreteri: Rubrik Presentasi dan analitik Teknik non- test:
Presentasi mandiri;
|
Project Base Learning (PjBL) [PB:3mgx(2sksx50”)] Tugas 9 & Belajar mandiri Menyusun draf presentasi, Melakukan literasi jurnal sebagai rujukan dg membuat ringkasan menggunakan: [PT:3mgx(2sksx60”)] [KM:3mgx(2sksx60”)]
|
Rancangan desain sederhana: Anatomi proposal rancangan desain dari kasus yang diangkat |
5 |
||||
14,15 | Mampu merancang sistem untuk perawatan, perbaikan komponen dan sistem dalam mekatronika alat berat. (C5, P2, A5) |
7.1 Ketepatan isi konten sistematika presentasi; 7.2 Ketepatan mendesain sistem; 7.3 Kerapian gambar rangkaian; 7.4 keterkinian kasus yang diambil; 7.5 Kompleksitas berfikir; 7.6 Tepat waktu & kesesuaian dg rencana tugas 7.7 Efektifitas presentasi;
|
Kreteri: Rubrik Presentasi dan analitik Teknik non- test:
Presentasi mandiri;
|
Project Base Learning (PjBL) [PB:3mgx(2sksx50”)] Tugas 10 & Belajar mandiri Menyusun draf presentasi, Melakukan literasi jurnal sebagai rujukan dg membuat ringkasan menggunakan: [PT:3mgx(2sksx60”)] [KM:3mgx(2sksx60”)]
|
Rancangan desain sederhana: Anatomi proposal rancangan desain dari kasus yang diangkat |
5 |
|||
Mampu merancang sistem untuk perawatan, perbaikan komponen dan sistem dalam mekatronika alat berat. (C5, P2, A5) |
7.1 Ketepatan isi konten sistematika presentasi; 7.2 Ketepatan mendesain sistem; 7.3 Kerapian gambar rangkaian; 7.4 keterkinian kasus yang diambil; 7.5 Kompleksitas berfikir; 7.6 Tepat waktu & kesesuaian dg rencana tugas 7.7 Efektifitas presentasi; |
Kreteri: Rubrik Presentasi dan analitik Teknik non- test:
Presentasi mandiri; |
Project Base Learning (PjBL) [PB:3mgx(2sksx50”)] Tugas 10 & Belajar mandiri Melakukan presentasi project. [PT:3mgx(2sksx60”)] [KM:3mgx(2sksx60”)] |
Presentasi dan Demo Rancangan Project: Presentasi rancangan desain dari kasus yang diangkat |
6 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ali Abrar lahir di Curup pada tanggal 3 Februari 1977 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|