.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:fatmawati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:18 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Manajemen Proyek |
TS230216 |
3 |
0 |
3 |
42 |
3 |
13-11-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Fatmawati S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198402152019032009 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (P-3) Menguasai metode konstruksi untuk melaksanakan dan mengawasi pelaksanaan bangunan gedung (P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU-6) Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya (KU-7) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia) dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi (KK-8) Mampu merealisasikan perancangan teknik rinci4 (detail engineering design) bangunan sipil sesuai metoda konstruksi yang dipilih dan mampu mengawasi proses konstruksi, hingga memenuhi kelaikan struktur, Rencana Kerja dan Syarat, dan nilai kontrak, dengan memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) (KK-9) Mampu membuat dokumen kontrak dan syarat-syarat administrasi untuk tahap perencanaan, pelaksanaan dan pasca konstruksi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
1. Mampu menunjukkan sikap jujur, disiplin, bertanggung dan bekerjasama 2. Menyebutkan konsep dasar administrasi & manajemen proyek. 3. Menjelaskan kegiatan proyek konstruksi. 4. Menjelaskan kedudukan Bestek dan RAB pada proyek konstruksi. 5. Menjelaskan macam-macam organisasi proyek konstruksi. 6. Menjelaskan proses pengadaan barang dan jasa 7. Menjelaskan mutu proyek konstruksi 8. Membuat siklus proyek konstruksi. 9. Membuat jadwal proyek konstruksi. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu menjelaskan konsep manajemen proyek Mampu menguasai melalui penjelasan tentang aspek-aspek yang mempengaruhi manajemen mutu proyek, disertai dengan contoh RKS (Rencana Kerja Syarat) sebagai salah satu komponen dalam pengendalian mutu proyek Mampu menjelaskan dan faham membedakan pihak-pihak yang terlibat dalam manajemen proyek Mampu menjelaskan tentang biaya langsung dan tidak langsung Mampu membedakan dan memberikan contoh item pekerjaan yang termasuk dalam biaya langsung dan biaya tidak langsung dalam suatu proyek Mampu menjelaskan hubungan antara waktu, biaya, sumber daya dalam suatu proyek Mampu membuat penjadwalan proyek dengan barchart dan kurva S Mampu membuat laporan kemajuan proyek dan administrasi proyek lainnya Mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan SDM Mampu menghitung produktivitas tenaga kerja Mampu menjelaskan metode pengendalian proyek Mampu menjelaskan proses pengadaan barang dan jasa Mampu menjelaskan tentang evaluasi proyek |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Manajemen Proyek mempelajari tentang bertujuan untuk mempelajari defenisi tentang proyek, serta proses-prpses yang terlibat dalam pengaturan sebuah proyek, termasuk perencanaan, penyusunan, motivasi dan pengendalian sumber dayanya disertai prosedur pemenuhan tujuannya. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengantar Manajemen Proyek |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: a. M. Sukoadji, B.Sc & Drs. Suratman, 1979, Pengetahuan Industri dan Rencana Anggaran, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
b. Iman Soeharto, 1995, Manajemen Proyek, Erlangga, Jakarta.
c. Harold, K., 1998, Project Management, A System Approach to planning, Scheduling, and Controlling.
d. Drs.H. Malayu S.P. Hasibuan, 2001, Manajemen, Bumi Aksara.
e. Wulfram L Ervianto, 2004, Teori Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi, Andi Yogyakarta. |
|||||||
Media Pembelajaran |
White board, Powerpoint Presentation (ppt), handout (dokumen proyek) |
|||||||
Dosen Pengampu |
Fatmawati, Wahyu Yusuf Rio, |
Mata Kuliah |
Manajemen Proyek |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS230216 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu menjelaskan konsep manajemen proyek |
Ketepatan dalam menjelaskan Konsep Manajemen Proyek |
Keaktifan dan Portofolio |
Ceramah 50 menit Tanya Jawab 50 menit Tugas Mandiri/review materi 50 menit Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Pendahuluan, Pengantar Manajemen Proyek Iman Soeharto, 1995, Manajemen Proyek, Erlangga, Jakarta. |
2 |
|||
2 | Mampu menguasai melalui penjelasan tentang aspek-aspek yang mempengaruhi manajemen mutu proyek, disertai dengan contoh RKS (Rencana Kerja Syarat) sebagai salah satu komponen dalam pengendalian mutu proyek |
Ketepatan menjelasakan konsep manajemen mutu proyek |
Keaktifan dan Tugas Mandiri |
Pemaparan Materi 50 menit Tanya Jawab 50 menit Evaluasi Materi 50 Menit Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Manajemen Mutu Proyek Iman Soeharto, 1995, Manajemen Proyek, Erlangga, Jakarta. Wulfram L Ervianto, 2004, Teori Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi, Andi Yogyakarta. |
4 |
|||
3 | Mampu menjelaskan dan faham membedakan pihak-pihak yang terlibat dalam manajemen proyek |
Ketepatan dalam menjelaskan pihak yang terlibat dalam manajemen proyek, mampu menjelaskan defenisi prinsipal, perencana, dan kontraktor. |
Keaktifan, interaktif dan perhatian terhadap materi |
Pemaparan materi 90 menit Tanya jawab 60 menit Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
1. Defenisi Prinsipal, Perencana dan Kontraktor 2. Hubungan Kerja antara prinsipal, Perencana dan Kontraktor 3. Kewajiban dan syarat prinsipal Iman Soeharto, 1995, Manajemen Proyek, Erlangga, Jakarta. |
4 |
|||
4 | Mampu menguasai melalui penjelasan tentang aspek-aspek yang mempengaruhi manajemen mutu proyek, disertai dengan contoh RKS (Rencana Kerja Syarat) sebagai salah satu komponen dalam pengendalian mutu proyek |
Mampu menjelaskan contoh RKS |
Pemaparan tentang RKS melalui Presentasi Kelompok |
Review Materi sebelumnya 30 menit Tanya Jawab 30 menit Evaluasi Materi 90 Menit Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Rencana Kerja dan Spesifikasi
Wulfram L Ervianto, 2004, Teori Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi, Andi Yogyakarta. Dokumen Kontrak Proyek |
4 |
|||
5 | Mampu menjelaskan dan faham membedakan pihak-pihak yang terlibat dalam manajemen proyek |
Ketepatan dalam menjelaskan prosedur pelaksanaan pekerjaan |
Keaktifan, interaktif dan fokus terhadap materi |
Pemaparan materi 60 menit Tanya jawab 90 menit Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Prosedur pelaksanaan pekerjaan |
4 |
|||
6 | Mampu menjelaskan tentang biaya langsung dan tidak langsung |
Ketepatan dalam memberikan contoh-contoh ítem pekerjaan yang termasuk dalam biaya langsung dan biaya tidak langsung yang mempengaruhi anggaran proyek |
Keaktifan, interaktif, Portofolio (evaluasi materi) |
Pemaparan Materi 50 Menit Tanya Jawab (diskusi) 50 Menit Evaluasi Materi 50 Menit Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Biaya langsung dan biaya tidak langsung Wulfram L Ervianto, 2004, Teori Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi, Andi Yogyakarta. Dokumen Kontrak Proyek |
3 |
|||
7 | Mampu membedakan dan memberikan contoh item pekerjaan yang termasuk dalam biaya langsung dan biaya tidak langsung dalam suatu proyek |
Ketepatan dalam memberikan contoh-contoh ítem pekerjaan yang termasuk dalam biaya langsung dan biaya tidak langsung yang mempengaruhi anggaran proyek |
Keaktifan di kelas Portofolio (evaluasi materi) |
Pemaparan Materi 60 menit Tanya Jawab 50 menit Evaluasi Materi 40 menit Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa
|
Contoh Kasus Biaya langsung dan biaya tidak langsung |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Mampu menjelaskan hubungan antara waktu, biaya, sumber daya dalam suatu proyek |
Ketepatan menjelaskan korelasi antara jadwal (waktu pelaksanaan proyek) dan sumber daya dengan biaya proyek |
Portofolio (evaluasi materi) |
Pemaparan Materi 90 menit Evaluasi Materi 60 menit Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa
|
Penjadwalan Proyek Wulfram L Ervianto, 2004, Teori Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi, Andi Yogyakarta. Contoh Dokumen RAB |
4 |
|||
10 | Mampu membuat penjadwalan proyek dengan barchart dan kurva S |
Ketepatan dalam membuat jadwal menggunakan Bagan balok (barchart) dan Kurva S |
Portofolio (Tugas Mandiri) |
Pemaparan materi 90 menit Tanya jawab 60 menit Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Penjadwalan metode barchart dan Kurva S Iman Soeharto, 1995, Manajemen Proyek, Erlangga, Jakarta. Wulfram L Ervianto, 2004, Teori Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi, Andi Yogyakarta. |
4 |
|||
11 | Mampu membuat laporan kemajuan proyek dan administrasi proyek lainnya |
Ketepatan dalam membuat menyusun administrasi proyek dan laporan kemajuan proyek |
Keaktifan dan Tugas Mandiri |
Pemaparan materi 90 menit Tanya jawab 60 menit Karakteristik proses pembelajaran yang terdiri atas sifat: 1) interaktif, 2) holistik, 3) integratif, 4) saintifik, 5) kontekstual, 6) tematik, 7) efektif, 8) kolaboratif, dan 9) berpusat pada mahasiswa |
Administrasi Proyek dan Laporan Kemajuan proyek Iman Soeharto, 1995, Manajemen Proyek, Erlangga, Jakarta. Wulfram L Ervianto, 2004, Teori Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi, Andi Yogyakarta. |
4 |
|||
12 | Mampu menghitung produktivitas tenaga kerja |
1. Ketepatan dalam menjelaskan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan untuk merencanakan tenaga kerja yang realistis 2. Ketepatan dalam menjelaskan variabel-variabel yang mempengaruhi produktivitas kerja di lapangan |
|
|
1. Perencanaan Sumber Daya Manusia 2. Produktivitas Kerja |
4 |
|||
13 | Mampu menjelaskan metode pengendalian proyek |
Ketepatan dalam menjelaskan dan memahami perbedaan antara metode CPM dan metode PERT |
Keaktifan, interaktif, Portofolio (evaluasi materi) |
Pemaparan Materi 50 Menit Tanya Jawab (diskusi) 50 Menit Evaluasi Materi 50 Menit |
Pengendalian proyek metode CPM dan metode PERT |
4 |
|||
14 | Mampu menjelaskan proses pengadaan barang dan jasa |
Mampu menjelaskan Proses pengadaan barang & jasa |
Sikap dan Keaktifan Tugas Mandiri |
Pemaparan Materi 50 Menit Tanya Jawab (diskusi) 50 Menit Evaluasi Materi 50 Menit |
Proses pengadaan barang dan jasa |
3 |
|||
15 | Mampu menjelaskan tentang evaluasi proyek |
Ketepatan dalam menjelaskan: 1. Maksud & tujuan monev proyek konstruksi 2. Langkah-langkah melakukan monev proyek konstruksi |
Sikap dan Keaktifan Tugas Mandiri |
Pemaparan Materi 50 Menit Tanya Jawab (diskusi) 50 Menit Evaluasi Materi 50 Menit |
1. Maksud & tujuan monev proyek konstruksi 2. Langkah-langkah melakukan monev proyek konstruksi |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Fatmawati lahir di Pare-Pare pada tanggal 15-02-1984 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|