.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:fatmawati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:17 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pendidikan Kewarganegaraan |
JJ110122 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
10-01-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Fatmawati S.T., M.T. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 198402152019032009 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S-3) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga perdamaian dunia (S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-6) Menguasai referensi teknisyang berlaku di Indonesia dan minimal satu standar yang berlaku internasional (misalnya AASHTO, ACI, ASCI) bidang konstruksi jalan dan jembatan (P-7) Menguasai issue terkini di bidang transportasi, teknologi jalan dan jembatan, ekonomi, sosial, budaya, kesehatan dan keselamatan publik, lingkungan dan analisa dampak lingkungan akibat lalu lintas (andalalin) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menganalisis Integrasi Nasional Indonesia |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 : Mampu menganalisis pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Sub-CPMK 2 : Mampu menganalisis Konstitusi Indonesia Sub-CPMK 3 : Mampu menganalisis Identitas Nasional Indoensia Sub-CPMK 4 : Mampu menganalisis Integrasi Nasional Indonesia Sub-CPMK 5 : Mampu menganalisis Dinamika Demokrasi Indonesia Sub-CPMK 6 : Mampu menganalisis Hak dan Kewajiban Warga Negara Sub-CPMK 7 : Mampu menganalisis peran Pajak dalam Pembangunan Indoensia Sub-CPMK 8 : Mampu menganalisis Multikulturalisme dan ragam suku di Indonesia Sub-CPMK 9 : Mampu menganalisis bentuk keadilan dan ketidakadilan di Indonesia Sub-CPMK 10 : Mampu Menganalisis kasus-kasus kekerasan seksual di Indonesia Sub-CPMK 11 : Mampu Menganalisis bahaya Radikalisme dan Terorisme Sub-CPMK 12 : Mampu menganalisis budaya populer dan Gaya Hidup Warga negara di Indonesia Sub-CPMK 13 : Mampu menganalisis Kasus Tindak pidana Korupsi di Indonesia Sub-CPMK 14 : Mampu menganalisis Praktek Hak Asasi Manusia di Indonesia Sub-CPMK 15 : Mampu menganalisis wawasan nusantara |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Pada mata kuliah Kewarganegaraan mahasiswa akan mempelajari Penngnya pendidikan kewarganegaraan, Identas nasional, Integrasi nasional, konstusi di Indonesia, kewajiban dan hak negara dan warga negara, Dinamika demokrasi di Indonesia, penegakan hukum di Indonesia, wawasan nusantara, Pertahanan nasional, Korupsi, dan Kesadaran Pajak. Materi ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan analis berkaitan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika serta mahasiswa mengimplementasikan prakk warga negara yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pendidikan kewarganegaraan |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul Kewarganegaraan, Laptop, PC, dan LCD Proyektor |
|||||||
Dosen Pengampu |
Fatmawati, |
Mata Kuliah |
Pendidikan Kewarganegaraan |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ110122 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 : Mampu menganalisis penngnya Pendidikan Kewarganegaraan |
1. Mampu menganalisis konsep kewarganegaraan |
Ketepatan dalam menganalisis: |
CBL (2x 50 Menit) |
1. Pendidikan Kewarganegaraan Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk perguruan Tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
4 |
|||
2 | Sub-CPMK 2 : Mampu menganalisis Konstusi Indonesia |
1. Mampu menganalisis Teori Konstitusi |
Kriteria: Portofolio Makalah hasil analisis konstitusi di Indonesia |
CBL (2 x 50 menit) |
1. Teori Konstitusi |
4 |
|||
3 | Sub-CPMK 3 : Mampu menganalisis Identas Nasional Indoensia |
1. Mampu menganalisis Konsep identitas nasional 2. Mampu menganalisis Faktor-faktor pembentuk identitas nasional |
Kriteria: Portofolio |
CBL (2x50 Menit) |
1. Konsep identitas nasional |
4 |
|||
4 | Sub-CPMK 4 : Mampu menganalisis Integrasi Nasional Indonesia |
Ketepatan dalam menganalisis: |
Kriteria: Portofolio |
CBL (2 x 50 menit) |
1. Konsep Integrasi dan Disintegrasi Nasional |
4 |
|||
5 | Sub-CPMK 5 : Mampu menganalisis Dinamika Demokrasi Indonesia |
Ketepatan dalam menganalisis: |
Kriteria: Portofolio |
CBL (2 x 50 menit) |
1. Hak warga negara dan negara Indonesia |
4 |
|||
6 | Sub-CPMK 6 : Mampu menganalisis Hak dan Kewajiban Warga Negara |
Ketepatan dalam |
Kriteria: Portofolio |
CBL (2 x 50 menit) |
1. Hak warga negara dan negara Indonesia Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 |
4 |
|||
7 | Sub-CPMK 7 : Mampu menganalisis peran Pajak dalam Pembangunan Indoensia |
Ketepatan dalam menganlisis: |
Kriteria: Portofolio |
CBL (2 x 50 menit) |
1. Peran dan fungsi pajak bagi Indonesia Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk perguruan Tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 8 : Mampu menganalisis Mulkulturalisme dan ragam suku di Indonesia |
Ketepatan dalam menganlisis dan mendemosntrasikan |
Kriteria: Portofolio |
CBL (2 x 50 menit) |
1. Keragaman budaya Indonesia Sarbani, & Akhyar, Z. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi: Membina Karakter Warga Yang Baik. Aswaja Pressindo Yogyakarta. |
5 |
|||
10 | Sub-CPMK 9 : Mampu menganalisis bentuk keadilan dan kedakadilan di Indonesia |
Ketepatan dalam menganlisis: |
Kriteria: Portofolio |
CBL (2 x 50 menit) |
1. Konsep keadilan |
4 |
|||
11 | Sub-CPMK 10 : Mampu Menganalisis kasus-kasus kekerasan seksual di Indonesia |
1. Mampu menganalisis konsep dan regulasi tentang kekerasan seksual di Indonesia 2. Mampu menganalisis kasus kekerasan seksual di Indonesia
|
Ketepatan dalam menganalisis 1. Konsep dan regulasi tentang kekerasan seksual di Indonesia 2. Kasus kekerasan seksual di Indonesia |
CBL 2x50 menit |
1. Konsep dan regulasi tentang kekerasan seksual di Indonesia 2. Kasus kekerasan seksual di Indonesia Tim Kemendikbudristek 2016. Pendidikan kewaganegaraan untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan |
4 |
|||
12 | Sub-CPMK 11 : Mampu Menganalisis bahaya Radikalisme dan Terorisme |
1. Mampu menganalisis konsep radikalisme dan terorisme 2. Mampu menganalisis penyebab radikalisme dan terorisme |
Ketepatan dalam menganalisis: 1. Mampu menganalisis konsep radikalisme dan terorisme 2. Mampu menganalisis penyebab radikalisme dan terorisme |
CBL 2x50 menit |
1. Konsep radikalisme dan terorisme 2. Penyebab radikalisme dan terorisme |
4 |
|||
13 | Sub-CPMK 14 : Mampu menganalisis Praktek Hak Asasi Manusia di Indonesia |
1. Mampu menganalisis sejarah dan konsep HAM 2. Mampu menganalisis kasus HAM di Indonesia |
Ketepatan dalam menganalisis: 1. Mampu menganalisis sejarah dan konsep HAM 2. Mampu menganalisis kasus HAM di Indonesia |
CBL 2x50 Menit |
1. Sejarah dan konsep HAM 2. Kasus HAM di Indonesia Tim Kemenristek (2016). Pendidikan kewarganegaraan untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
14 | Sub-CPMK 12 : Mampu menganalisis budaya populer dan Gaya Hidup Warga negara di Indonesia |
1. Mampu menganlisis konsep gaya hidup dan budaya populer 2. Mampu menganalisis budaya populer dan gaya hidup warganegara modern di Indonesia |
Ketepatan dalam menganlisis 2. Budaya populer dan gaya hidup warganegara modern di Indonesia |
CBL (2x50 Menit) |
1. Konsep gaya hidup dan budaya populer 2. Budaya populer dan gaya hidup warganegara modern di Indonesia Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk perguruan nggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
15 | Sub-CPMK 13 : Mampu menganalisis Kasus Tindak pidana Korupsi di Indonesia |
1. Mampu menganalisis Konsep dan regulasi Korupsi di Indonesia 2. Mampu menganlisis penyebab dan dampak korupsi di Indonesia |
Ketepatan dalam menganalisis 2. Penyebab dan dampak korupsi di Indonesia |
CBL (2x50 Menit) |
1. Konsep dan regulasi Korupsi di Indonesia Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk perguruan nggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Fatmawati lahir di Pare-Pare pada tanggal 15-02-1984 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|