.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:zulkarnain@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:15 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Kewarganegaraan |
TS110216 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
04-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Zulkarnain M.Pd. |
Angga Wahyu Aditya S.ST., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199301042020121005 |
NIP/NIK. 199411012019031015 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika, (S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, peradaban berdasarkan Pancasila (S-4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air (S-5) memiliki tanggungjawab pada negara dan bangsa |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-7) Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menganalisis konsep dan Realita Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika serta implementasinya dalam membentuk mahasiswa menjadi warga negara yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1. Mampu menganalisis pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan 2. Mampu menganalisis Konstitusi Indonesia 3. Mampu menganalisis Identitas Nasional Indoensia 4. Mampu menganalisis Integrasi Nasional Indonesia 5. Mampu menganalisis Dinamika Demokrasi Indonesia 6. Mampu menganalisis Hak dan Kewajiban Warga Negara 7. Mampu menganalisis peran Pajak dalam Pembangunan Indoensia 8. Mampu menganalisis Multikulturalisme dan ragam suku di Indonesia 9. Mampu menganalisis bentuk keadilan dan ketidakadilan di Indonesia 10. Mampu Menganalisis kasus-kasus kekerasan seksual di Indonesia 11. Mampu Menganalisis bahaya Radikalisme dan Terorisme 12. Mampu menganalisis budaya populer dan Gaya Hidup Warga negara di Indonesia 13. Mampu menganalisis Kasus Tindak pidana Korupsi di Indonesia 14. Mampu menganalisis Praktek Hak Asasi Manusia di Indonesia 15. Mampu menganlisis wawasan nusantara |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Pada mata kuliah Kewarganegaraan mahasiswa akan mempelajari Pentingnya pendidikan kewarganegaraan, Identitas nasional, Integrasi nasional, konstitusi di Indonesia, kewajiban dan hak negara dan warga negara, Dinamika demokrasi di Indonesia, penegakan hukum di Indonesia, wawasan nusantara, Pertahanan nasional, Korupsi, dan Kesadaran Pajak. Materi ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan analitis berkaitan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika serta mahasiswa mengimplementasikan praktik warga negara yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pendidikan kewarganegaraan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul Kewarganegaraan, Laptop, PC, dan LCD Proyektor |
|||||||
Dosen Pengampu |
Zulkarnain, |
Mata Kuliah |
Kewarganegaraan |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS110216 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu menganalisis Pentingnya Pendidikan Pancasila |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Tes Ujian lisan tentang konsep Pancasila
|
Pembelajaran Berbasis Masalah (2x50 Menit) |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
2 | Mampu menganalisis Konsep Ideologi |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Makalah Teori Ideologi |
Pembelajaran Berbasis Masalah (2x50 Menit) |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
3 | Mampu menganalisis Konsep Ketuhanan yang Maha Esa |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Makalah Konsep Ketuhanan Yang Maha Esa |
Pembelajaran Berbasis Masalah (2x50 Menit) |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
4 | Mampu menganalisis konsep Kemanusiaan yang adil dan beradab |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Makalah Teori Kemanusiaan |
Pembelajaran Berbasis Masalah (2x50 Menit) |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
5 | Mampu menganalisis konsep persatuan Indonesia |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Makalah Teori Negara Persatuan |
Pembelajaran Berbasis Masalah (2x50 Menit) |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
6 | Mampu menganalisis konsep Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Makalah Teori Demokrasi |
Pembelajaran Berbasis Masalah (2x50 Menit) |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
7 | Mampu menganalisis konsep keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Makalah Teori Keadilan |
Pembelajaran Berbasis Masalah (2x50 Menit) |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia. |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
15 |
|||||||
9 | Mampu menganalisis perbandingan Ideologi dunia dengan Pancasila |
|
Ketepatan dalam Menganalisis
Non-Tes Artikel Perbandingan ideologi Pancasial dengan Ideologi Lainnya
|
Pembelajaran Berbasis Masalah (2x50 Menit) |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia |
5 |
|||
10 | Mampu menganalisis Konsep Nilai, Etika, Norma dan Moral Pancasila |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Artikel Teori Nilai, Etika, Norma dan Moral |
Pembelajaran Berbasis Masalah (2x50 Menit) |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia |
5 |
|||
11 | Mampu menganalisis Pancasila sebagai Sumber hukum positif di Indonesia |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-tes Artikel Pancasila sebagai sumber Hukum di Indonesia |
Pembelajaran Berbasis Masalah (2x50 Menit) |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia |
5 |
|||
12 | Mampu menganalisis Pancasila sebagai ideologi partai politik di Indonesia |
|
Ketepatan dalam Menganalisis
Non-tes Artikel Teori Politik |
Pembelajaran Berbasis Masalah(2x50 Menit) |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia |
5 |
|||
13 | Mampu menganalisis Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Artikel Pancasila sebagai paradigam pembangunan Nasional |
Pembelajaran Berbasis Masalah (2x50 Menit) |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia |
5 |
|||
14 | Mampu menganalisis pancasila sebagai Paradigma pengembangan teknologi |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Artikel Pancasila dan perkembangan teknologi |
Pembelajaran Berbasis Masalah (2x50 Menit) |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia |
5 |
|||
15 | Mampu menganalisis Ekonomi Pancasila |
|
Ketepatan dalam menganalisis
Non-Tes Artikel Ekonomi Pancasila |
Pembelajaran Berbasis Masalah (2x50 Menit) |
Tim Kemendikbudristek. (2016). Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi Republik Indonesia |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
15 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Zulkarnain lahir di Pringgasela pada tanggal 04-01-1993 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan Program Studi |
|