.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:chardina.dianovita@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 11:26 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TATA BOGA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2022/2023 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
ILMU GIZI DASAR |
TB110915 |
2 |
1 |
3 |
70 |
1 |
04-09-2022 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Chardina Dianovita S.Gz., M.Gz. |
Dr. Tuatul Mahfud S.Pd., M.Pd. |
|||||||
NIP/NIK. 198703162019032007 |
NIP/NIK. 198609252012121001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-5) Menguasai penentuan kandungan gizi makanan dan minuman |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-3) Mampu memecahkan maslah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, berinovatif dalam pekerjaannya (KU-7) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang verada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-11) Mampu menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerjanya dan dapat bekerjasama dalam kerja kelompok (team work) (KK-15) Mampu menyiapkan dan menyusun laporan tertulis tentang hasil pekerjaan baik yang menjadi tanggung jawabnya sendiri maupun menjadi tanggungjawab kelompok kerja (team work) secara komprehensif |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu memproses dan menciptakan menu makanan bergizi sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu menjelaskan pengertian ilmu gizi Mampu menjelaskan proses pencernaan makanan Mampu menjelaskan jenis-jenis Bahan Tambahan Makanan (BTM) Mampu menjelaskan tentang zat makronutrien Mampu menjelaskan tentang zat mikronutrien Mampu menghitung Indeks Masa Tubuh (IMT) dan kebutuhan gizi individu Mampu menyusun menu menggunakan DKBM dan golongan bahan penukar Mampu menyusun menu untuk bayi, balita, remaja, dewasa, dan lansia Mampu menyusun menu dengan keadaan khusus Mampu membuat atau mengolah menu untuk bayi, balita, dan remaja Mampu membuat atau mengolah menu untuk orang dewasa dan lansia Mampu membuat atau mengolah menu untuk ibu hamil dan menyusui Mampu membuat atau mengolah menu untuk vegetarian Mampu membuat atau mengolah menu untuk anak penderita autisme |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah ILMU GIZI DASAR mempelajari kandungan gizi, proses pengolahan hingga makanan tersaji dengan baik untuk menunjang kesehatan dan terhindar dari penyakit | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pengertian Ilmu Gizi |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Sunita Almatsier. 2017. Ilmu Gizi Dasar 2. Gibson. 2014. Principle of Nutrition Assessment |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : LDC, proyektor, laptop |
|||||||
Dosen Pengampu |
Chardina Dianovita, |
Mata Kuliah |
ILMU GIZI DASAR |
|||
Kode Mata Kuliah |
TB110915 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu menjelaskan pengertian ilmu gizi |
Ketepatan menjelaskan pengertian ilmu gizi (interaktif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Teknik non-test : merangkum materi |
TM : 2 x 50' TT : 2 x 60' (menyusun ringkasan materi terkait pengertian ilmu gizi) BM : 2 x 60' |
1. Pengertian ilmu gizi 2. Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) 3. Piramida makanan |
2 |
|||
2 | Mampu menjelaskan proses pencernaan makanan |
Mampu menjelaskan proses pencernaan makanan (interaktif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Teknik non-test : merangkum materi |
TM : 2 x 50' TT : 2 x 60' (menyusun ringkasan materi terkait proses pencernaan makanan) BM : 2 x 60' |
1. Saluran cerna 2. Proses pencernaan makanan |
2 |
|||
3 | Mampu menjelaskan jenis-jenis Bahan Tambahan Makanan (BTM) |
Mampu menjelaskan jenis-jenis Bahan Tambahan Makanan (BTM) (interaktif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Teknik non-test : merangkum materi |
TM : 2 x 50' TT : 2 x 60' (merangkum materi tentang bahan tambahan makanan) BM : 2 x 60' |
1. Jenis-jenis bahan tambahan makanan 2. Manfaat bahan tambahan makanan 3. Bahaya bahan tambahan makanan |
2 |
|||
4 | Mampu menjelaskan tentang zat makronutrien |
Mampu menjelaskan tentang zat makronutrien (interaktif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Teknik non-test : merangkum dan presentasi materi |
TM : 2 x 50' TT : 2 x 60' (merangkum dan mempresentasikan materi tentang zat makronutrien) BM : 2 x 60' |
1. Karbohidrat 2. Protein 3. Lemak 4. Manfaat zat makronutrien 5. Akibat kelebihan dan kekurangan zat makronutrien |
3 |
|||
5 | Mampu menjelaskan tentang zat mikronutrien |
Mampu menjelaskan tentang zat mikronutrien (interaktif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Teknik non-test : merangkum dan presentasi materi |
TM : 2 x 50' TT : 2 x 60' (merangkum dan mempresentasikan materi tentang zat mikronutrien) BM : 2 x 60' |
1. Vitamin larut lemak 2. Vitamin larut air 3. Mineral makro 4. Mineral mikro 5. Akibat kelebihan dan kekurangan zat mikronutrien |
3 |
|||
6 | Mampu menghitung Indeks Masa Tubuh (IMT) dan kebutuhan gizi individu |
Ketepatan menghitung Indeks Masa Tubuh (IMT) dan kebutuhan gizi individu (interaktif, efektif, dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Bentuk test : menghitung IMT dan kebutuhan gizi individu |
TM : 2 x 50' TT : 2 x 60' (menghitung IMT dan kebutuhan gizi individu) BM : 2 x 60' |
1. Perhitungan Indeks Masa Tubuh (IMT) 2. Perhitungan kebutuhan gizi individu |
4 |
|||
7 | Mampu menyusun menu menggunakan DKBM dan golongan bahan penukar |
Ketepatan menyusun menu menggunakan DKBM dan golongan bahan penukar (interaktif, efektif, dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Bentuk test : menyusun menu menggunakan DKBM dan golongan bahan penukar |
TM : 2 x 50' TT : 2 x 60' (menyusun menu menggunakan DKBM dan golongan bahan penukar) BM : 2 x 60' |
1. Tabel Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM) 2. Golongan bahan penukar |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Mampu menyusun menu untuk bayi, balita, remaja, dewasa, dan lansia |
Ketepatan menyusun menu untuk bayi, balita, remaja, dewasa, dan lansia (interaktif, efektif, dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Bentuk test : menyusun menu untuk bayi, balita, remaja, dewasa, dan lansia |
TM : 2 x 50' TT : 2 x 60' (menyusun menu untuk bayi, balita, remaja, dewasa, dan lansia) BM : 2 x 60' |
1. Kebutuhan gizi bayi 2. Kebutuhan gizi balita 3. Kebutuhan gizi remaja 4. Kebutuhan gizi dewasa 5. Kebutuhan gizi lansia |
5 |
|||
10 | Mampu menyusun menu dengan keadaan khusus |
Ketepatan menyusun menu dengan keadaan khusus (interaktif, efektif, dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Bentuk test : menyusun menu dengan keadaan khusus |
TM : 2 x 50' TT : 2 x 60' (menyusun menu dengan keadaan khusus) BM : 2 x 60' |
1. Kebutuhan gizi ibu hamil 2. Kebutuhan gizi ibu menyusui 3. Kebutuhan gizi olahragawan 4. Kebutuhan gizi vegetarian 5. Kebutuhan gizi penderita autisme |
5 |
|||
11 | Mampu membuat atau mengolah menu untuk bayi, balita, dan remaja |
Ketepatan membuat atau mengolah menu untuk bayi, balita, dan remaja (interaktif, efektif, dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Bentuk penilaian : jobsheet praktikum Praktek : Membuat menu untuk bayi, balita, dan remaja |
Praktek: 1 x 170' (membuat menu) TT : 1 x 60' (menyusun laporan hasil praktikum) BM : 1 x 60 |
1. Praktek membuat menu untuk bayi 2. Praktek membuat menu untuk balita 3. Praktek membuat menu untuk remaja |
6 |
|||
12 | Mampu membuat atau mengolah menu untuk orang dewasa dan lansia |
Ketepatan membuat atau mengolah mebu untuk orang dewasa dan lansia (interaktif, efektif, dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Bentuk penilaian : jobsheet praktikum Praktek : Membuat menu untuk orang dewasa dan lansia |
Praktek: 1 x 170' (membuat menu) TT : 1 x 60' (menyusun laporan hasil praktikum) BM : 1 x 60 |
1. Praktek membuat menu untuk orang dewasa 2. Praktek membuat menu untuk lansia |
6 |
|||
13 | Mampu membuat atau mengolah menu untuk ibu hamil dan menyusui |
Ketepatan mebuat atau mengolah menu untuk ibu hamil dan menyusui (interaktif, efektif, dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Bentuk penilaian : jobsheet praktikum Praktek : Membuat menu untuk ibu hamil dan menyusui |
Praktek: 1 x 170' (membuat menu) TT : 1 x 60' (menyusun laporan hasil praktikum) BM : 1 x 60 |
1. Praktek membuat menu untuk ibu hamil 2. Praktek membuat menu untuk ibu menyusui
|
6 |
|||
14 | Mampu membuat atau mengolah menu untuk vegetarian |
Ketepatan membuat atau mengolah menu untuk vegetarian (interaktif, efektif, dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Bentuk penilaian : jobsheet praktikum Praktek : Membuat menu untuk vegetarian |
Praktek: 1 x 170' (membuat menu) TT : 1 x 60' (menyusun laporan hasil praktikum) BM : 1 x 60 |
Praktek membuat menu untuk vegetarian |
6 |
|||
15 | Mampu membuat atau mengolah menu untuk anak penderita autisme |
Ketepatan membuat atau mengolah menu untuk anak penderita autisme (interaktif, efektif, dan kolaboratif) |
Kriteria: rubrik skala persepsi Bentuk penilaian : jobsheet praktikum Praktek : Membuat menu untuk anak penderita autisme |
Praktek: 1 x 170' (membuat menu) TT : 1 x 60' (menyusun laporan hasil praktikum) BM : 1 x 60 |
1. Praktek membuat menu bebas gluten untuk penderita autisme 2. Praktek membuat menu bebas kasein untuk penderita autisme |
6 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Chardina Dianovita lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Tata Boga |
|